in: News | January 20, 2016 | by: Dian Syarifuddin

NutriRay3D, Mampu Hitung Jumlah Kalori Pada Makanan

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh tidak hanya cukup dari berolahraga yang teratur. Memilih makanan yang sehat dan bergizi pun juga sama pentingnya dalam menjalankan program pola hidup sehat. Namun biasanya, beberapa orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat, sangat mudah tergoda dengan berbagai makanan yang ternyata memiliki jumlah kalori yang tinggi serta nutrisi yang ternyata tidak mencukupi.

nutriray3D

Seiring kemajuan teknologi smartphone seperti sekarang ini, sejumlah peneliti asal Universitas Washington, Amerika Serikat, telah berhasil membuat aksesoris bernama NutriRay3D. Perangkat ini berfungsi untuk menghitung jumlah kalori dan nutrisi pada makanan.

Cara kerja dari NutriRay3D dengan menembakkan mapping laser yang memiliki kemampuan menghitung jumlah kalori dan nutrisi pada makanan. NutriRay3D dirancang dengan memiliki data sekitar 9000 jenis makanan dengan perkiraan angka kandungan nutrisi yang ternyata cukup akurat sekitar 87,5 dan 91 persen selama pengujian.

“Bagi Anda yang memiliki program ingin menurunkan berat badan, berbagai aplikasi smartphone mudah ditemukan namun belum ada yang mampu menghitung jumlah kalori dan nutrisi yang tepat pada makanan”, ujar Sep Makhsous, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam proyek pembuatan NutriRay3D.

Pada awalnya, proyek ini dikembangkan untuk kepentingan ilmu epidemiologi yang diperuntukkan untuk Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson. Namun salah satu startup asal San Fransisco, Indiegogo mencoba membawa perangkat ini untuk dijadikan sebagai produk konsumen dan dapat digunakan sehari-hari.

Rencananya, dukungan aplikasi NutriRay3D akan dihadirkan untuk tiga platform berbeda di antaranya Android, iOS dan Windows Phone. Aksesoris NutriRay3D kabarnya akan dibanderol dengan harga sekitar USD 199, dimana harga ini sebagai bentuk donasi agar terkumpul dana yang cukup untuk pengembangan selanjutnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES