in: News | January 17, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Prosesor Masa Depan Hanya Didukung Oleh Windows 10?

Windows 10 Logo

Windows 10 tampaknya akan menjadi sistem operasi wajib untuk PC (Personal Computer) masa depan berbasiskan platform AMD, Intel, ataupun Qualcomm. Berdasarkan “Support Policy Updates” dari Microsoft, prosesor Intel Kaby Lake, AMD Bristol Ridge, ataupun SoC Qualcomm 8996 tidak akan lagi mendukung sistem operasi lawas seperti Windows 8.1 dan Windows 7. Untuk saat ini memang belum diketahui apakah penggunaan sistem operasi selain Windows 10 pada platform PC tersebut hanya menyebabkan sejumlah fitur tidak berfungsi ataukah juga memiliki efek samping pada performa atau sampai sistem operasi sama sekali tidak mengenali prosesor tersebut.

Intel Skylake Windows Feature

Pada platform Intel Skylake sendiri mulai dijumpai jika sejumlah fitur tidak lagi didukung jika menggunakan sistem operasi Windows 7. Penggunaan sistem operasi Windows 8.1 atau Windows 10 sangat disarankan. Bahkan platform Intel Skylake memiliki fitur eksklusif dimana hanya dapat diaktifkan jika menggunakan Windows 10 seperti Intel Speed Shift Technology. Tidak sampai disitu saja, menurut Microsoft, kombinasi platform Intel Skylake dan Windows 10 bahkan mampu menawarkan performa grafis 30x lebih baik, daya tahan baterai 3x lebih baik, beserta fitur keamanan lebih baik dibandingkan menggunakan Windows 7.

Microsoft sendiri masih akan memberikan dukungan penuh pada sistem operasi Windows 7 hingga tahun 2020 dan Windows 8.1 hingga tahun 2023. Akan tetapi tampaknya update tersebut akan lebih dioptimalkan untuk platform generasi terdahulu. Jadi untuk pengguna platform Intel Skylake dengan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.1, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan upgrade gratis ke Windows 10 atau segera gunakan sistem operasi paling canggih dari Microsoft tersebut.

Sumber

Tags:

Share This: