in: HSF - Cooling Devices | January 25, 2016 | by: Hendra Wijaya

Review Enermax ETS-T40fit White Cluster: Lebih Unggul dari Seri Pendahulu

HSF Enermax ETS-T40fit hadir dengan bentuk fisik yang lebih slim dengan memadukan dua warna pada coating-nya yaitu hitam dan putih. Pihak Enermax mengklaim bahwa HSF barunya ini tidak akan mengalami permasalahan kompatibilitas terhadap penggunaan RAM yang menggunakan heat-spreader berukuran besar. Selain itu, Enermax ETS-T40fit dilengkapi dengan 4 buat heatpipe ber-diameter 6mm. Sedangkan untuk fan pendingin yang disediakan, ETS-T40Fit telah dilengkapi dengan fan LED yang akan menyala menerangi bagian dalam casing penggunanya pada saat komputer dinyalakan.

ETS-T40 Fit Black 1

Performa yang ditawarkan oleh HSF Enermax ETS-T40fit ini tergolong cukup baik untuk versi Black Twister yang belum lama kami review sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, kami kembali menguji HSF Enermax ETS-T40fit versi White Cluster yang dilengkapi dengan cat thermal coating berwarna putih. Tidak hanya warnanya saja, HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini dilengkapi dengan 2 unit fan LED putih dengan desain yang berbeda jauh dengan yang ada di dalam paket penjualan ETS-T40fit Black Twister.

Selain itu, fan bawaan HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini memiliki spesifikasi kecepatan mencapai 2200 RPM atau lebih cepat 400 RPM dibandingkan dengan fan bawaan versi Black Twister. Berikut kami sajikan pembahasan lengkapnya mengenai performa dari HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari Enermax ETS-T40fit White Cluster :

ETS-T40fit White 2

Galeri dan Kelengkapan

ETS-T40fit White 1Kemasan HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini memiliki desain kemasan yang sama dengan versi Black Twister. Hanya warna utama saja yang membedakan kemasan dari kedua varian ini.

ETS-T40fit White 3Pada paket penjualan HSF Enermax ETS-T40fit versi White Cluster, terdiri dari unit HSF, backplate, mounting Intel, mounting AMD, thermal-paste, fan-clip, 2 unit fan pendingin LED putih ber-diameter 120mm, fan-clip dan manual book.

ETS-T40fit White 8Pada bagian depannya, HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini telah dilengkapi dengan sebuah fan bawaan yang memiliki kecepatan putaran mencapai 2200 RPM dan dilengkapi dengan lampu LED berwarna putih.

ETS-T40fit White 10
Bagian belakang Enermax ETS-T40fit White Cluster
ETS-T40fit White 9
Bagian samping Enermax ETS-T40fit White Cluster

 

Di bagian sampingnya dapat terlihat jelas bahwa HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini memiliki desain yang lebih slim atau lebih tipis dibandingkan seri pendahulunya.

ETS-T40fit White 11
Bagian atas HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster

ETS-T40fit White 12Enermax memberikan plastik pelindung pada bagian dasar HSF ini agar tetap terlindung pada saat berada di dalam kemasan.

ETS-T40fit White 14Enermax melengkapi HSF barunya ini dengan 4 unit heatpipe yang masing-masing memiliki ketebalan 6 mm.

ETS-T40fit White 13

Bagian dasar HSF Enermax ETS-T40fit Black Twister ini menggunakan desain HDT (Heat-Pipe Direct Touch), dimana ke-empat heatpipe yang terpasang akan bersentuhan langsung dengan prosesor untuk menyerap panas dengan baik.

Kelengkapan Mounting Heatsink (HSF)

 

Berikut kelengkapan mounting HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster :

ETS-T40 Fit Black 11
Backplate sisi Intel
Backplate sisi AMD
Backplate sisi AMD

 

HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster menggunakan unit backplate yang sama untuk mounting Intel dan AMD, cukup tinggal dibolak-balik saja sesuai dengan kebutuhan.

ETS-T40 Fit Black 14
Mounting Intel
ETS-T40 Fit Black 13
Mounting AMD
ETS-T40 Fit Black 15
Bracket pengunci HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster
ETS-T40 Fit Black 17
Baut mounting untuk sistem Intel dan AMD
ETS-T40 Fit Black 16
Ring Hitam
ETS-T40 Fit Black 19
Baut mounting untuk sistem Intel LGA 2011
ETS-T40 Fit Black 18
Baut pengunci mounting Intel dan AMD
ETS-T40 Fit Black 20
Baut mounting AMD

 

ETS-T40fit White 6

Pada paket penjualannya, Enermax ETS-T40fit White Cluster ini telah dilengkapi dengan fan bawaan kedua yang masih belum terpasang pada heatsink. Fan bawaan ini dilengkapi dengan lampu LED putih dan memiliki spesifikasi kecepatan putar yang mencapai 2200 RPM atau lebih cepat 400 RPM dibandingkan dengan versi fan bawaan Black Twister.

ETS-T40fit White 5

Pada bagian tengah fan bawaan Enermax ETS-T40fit White Cluster ini terdapat switch untuk mengatur kecepatan maksimum fan ini. Pada pengujian ini, kami mengatur switch ini pada pilihan 800~2200 RPM untuk menguji kemampuan maksimal HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster dalam mendinginkan prosesor.

ETS-T40fit White 7

Fan bawaan HSF Enermax ETS-T40fit White Cluster ini dilengkapi dengan switch yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu LED yang ada di fan ini.

ETS-T40fit White 4

Terdapat fan-clip tambahan untuk memasang fan pendingin 120mm tambahan untuk konfigurasi push-pull.
ETS-T40 Fit Black 22

Karet peredam getaran untuk fan pendingin tambahan

ETS-T40fit White 15
Baut pengunci fan pendingin tambahan
ETS-T40 Fit Black 24
Thermal paste Enermax
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES