in: HSF - Cooling Devices | January 29, 2016 | by: Hendra Wijaya

Review HSF: Raijintek Aidos

Melihat perkembangan pasar PC rakitan Indonesia, Raijintek merupakan salah satu produsen yang cukup dikenal melalui jajaran produknya seperti watercooling AIO. Beberapa produk milik Raijintek bisa dikatakan cukup banyak diminati oleh para PC gamer dan PC Enthusiast. Akan tetapi, produsen ini tentunya tidak hanya memiliki jajaran produk watercooling saja. Raijintek juga memiliki lini produk heatsink fan (HSF) yang sebelumnya pernah kami uji, seperti Raijintek Tisis, Raijintek Themis Evo dan Raijintek Pallas.

Raijintek Aidos 1a

Kali ini kami berkesempatan untuk menguji performa sistem pendingin HSF terbaru dari Raijintek dengan nama seri Aidos. HSF terbaru ini merupakan salah satu produk yang dirancang khusus untuk pasar kelas low-end/entry-level. Raijintek menghadirkan desain pada HSF barunya ini dengan mengusung desain single tower yang dilengkapi dengan 4 unit heatpipe ber-diameter 6mm dan dilengkapi dengan sebuah fan pendingin berukuran 92mm. Soal harga, HSF Raijintek Aidos ini dibanderol dengan harga cukup menarik yaitu di kisaran Rp 300 ribuan. Sudah penasaran dengan performa Raijintek Aidos ini? Berikut kami persembahkan hasil pengujiannya ke hadapan Anda!

Spesifikasi

Sebelum kita membahas hasil performanya, berikut kami sajikan terlebih dahulu spesifikasi singkat dari produk ini:

Spesifikasi Raijintek Aidos

Galeri

Raijintek Aidos 1aKemasan Raijintek Aidos hadir dengan desain standar Raijintek. Kemasan ini terasa sangat mirip dengan kemasan Raijintek Themis Evo.

Raijintek Aidos 2Paket penjualan Themis Evo ini diisi dengan unit pendingin heatsink, 1 unit fan berukuran 92 mm, mounting kit Intel, mounting kit AMD, thermal paste dan buku manual.

Raijintek Aidos 6
HSF Raijintek Aidos
Raijintek Aidos 7
Bagian samping Raijintek Aidos

Raijintek Aidos ini hadir dengan desain single tower dengan sirip yang dibentuk mengikuti pola tertentu. HSF ini memiliki 4 unit heatpipe berukuran 6mm yang terhubung ke bagian dasar.

Raijintek Aidos 8
Bagian depan / belakang Raijintek Aidos

Berbeda dengan seri HSF Raijintek lain yang biasanya sudah di-coating dengan bahan nickel, HSF Raijintek Aidos ini hadir tanpa coating nickel. Hal ini dapat dimaklumi untuk sebuah HSF yang dirancang untuk pasar kelas entry level.

Raijintek Aidos 9Desain unik aluminium fin dipercaya oleh Raijintek untuk mengoptimalkan aliran udara di HSF ini. Terdapat ukiran logo Raijintek di aluminium fin di bagian atas.

Raijintek Aidos 10Raijintek Aidos dilengkapi dengan 4 unit heatpipe ber-diameter 6mm.

Raijintek Aidos 11Raijintek juga tidak lupa memberikan plastik pelindung pada bagian dasar HSF. Ini bertujuan agar bagian dasar terlindungi selama berada di dalam kemasan.

Raijintek Aidos 12

Sama dengan Raijintek Themis Evo, Raijintek Aidos ini juga menggunakan desain base “Direct Contact Heatpipe”, dimana seluruh heatpipe HSF ini terhubung langsung pada dasar HSF dan bersentuhan langsung dengan permukaan prosesor.

Raijintek Aidos 5

Raijintek Aidos dilengkapi dengan sebuah fan berukuran 92mm yang memiliki kecepatan putar maksimum yang mencapai 2200 RPM

Raijintek Tisis 14
Backplate

Raijintek Aidos ini disertai kelengkapan backplate dan mounting sama persis dengan yang dimiliki oleh HSF Themis Evo.

Raijintek Tisis 15
Mounting Intel
Raijintek Tisis 16
Mounting AMD
Raijintek Tisis 17
Bracket pengunci HSF Raijintek Themis Evo
Raijintek Tisis 20b
Baut mounting untuk sistem Intel Dan AMD
Raijintek Tisis 23
Baut mounting LGA 2011
Raijintek Tisis 22
Pengunci baut mounting
Raijintek Themis EVO 4
Baut pengunci mounting Intel dan AMD
Raijintek Tisis 21
Baut pengunci bracket HSF Raijintek Themis Evo

 

Raijintek Themis EVO 5
Anti-vibration mounting untuk fan
Raijintek Tisis 24
Thermalpaste

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: