in: Notebook / Laptop | January 30, 2016 | by: Bimanto

Review Notebook: Lenovo Yoga 500

The Notebook

Lenovo Yoga 500_1

 

Soal desain, Lenovo kembali menghadirkan desain notebook model 2-in-1 pada Yoga 500 ini. Notebook ini menggunakan desain casing yang sama persis dengan adiknya seri Yoga 300, tetapi dengan layar yang berbeda. Lenovo Yoga 500 ini menggunakan ukuran layar berukuran 14″ dengan resolusi Full HD 1920×1080. Lenovo melengkapi layarnya tersebut dengan fitur touchscreen yang cukup responsif dan telah dilapisi dengan anti glare untuk memberikan kenyamanan saat digunakan di luar ruangan karena mengurangi bayangan di sekitarnya. Lenovo Yoga 500 mempunyai dimensi ukuran 340×235 mm dengan ketebalan hanya 21.5 mm dan berat keseluruhan mencapai 1.8 Kg, sehingga cukup nyaman saat Anda ajak mobile sehari-hari dan tidak menghabiskan tempat saat disimpan di dalam tas Anda.

 

 

 

 

 

Lenovo Yoga 500_10 Lenovo Yoga 500_11 Lenovo Yoga 500_9

 

Pada gambar di atas, selain mode notebook, perangkat masih mempunyai 3 mode lainnya yang dapat Anda sesuaikan dengan keadaan sekitar atau luasnya meja yang sedang Anda gunakan. Bahkan Anda dapat menggunakan perangkat hybrid ini di tempat tidur dengan santai dalam mode tablet dan akan lebih mudah dioperasikan dengan layar sentuh dengan memutar layarnya 360 derajat. Pada ruangan yang minim, Anda dapat beralih ke mode tent, seperti ketika Anda sedang berada di pesawat. Mode stand sangat cocok sekali bila Anda sedang melakukan presentasi.

 

Lenovo Yoga 500_2

 

Keseluruhan body dari Lenovo Yoga 500 dibalut dengan warna merah pada bagian penutup layar dan bagian bawah berbahan plastik berkualitas. Meskipun menggunakan bahan plastik di sekujur tubuhnya, perangkat ini masih terasa cukup solid ketika digenggam, terutama saat digunakan dalam mode tablet. Anda tidak perlu takut dan ragu untuk mengubah perangkat ini ke beberapa bentuk mode yang ditawarkan karena Lenovo melengkapi perangkat ini dengan engsel yang solid dan kuat berbahan alumunium. Lenovo Yoga 500 ditawarkan dengan berbagai pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda, mulai dari warna hitam, putih dan merah yang saat ini ditawarkan kepada Anda.

Kelengkapan

Lenovo Yoga 500_3
Tampak depan
Lenovo Yoga 500_4
Tampak belakang
Lenovo Yoga 500_5
Power slot, USB2.0, card reader, audio in/out, one key recovery, Audio up/down
Lenovo Yoga 500_6
Tombol Windows Home, 2x USB3.0, Ethernet, HDMI
Lenovo Yoga 500_7
Tampak bawah dengan desain casing unibody

 

Lenovo Yoga 500 menggunakan desain unibody, dimana baterai yang terpasang tidak dapat dilepas seperti kebanyakan notebook klasik. Namun Anda tidak perlu khawatir untuk selalu memasang adaptor charging karena notebook 2-in-1 ini sudah dilengkapi dengan pemutus arus jika indikator baterai menunjukan telah terisi penuh. Walaupun mempunyai dimensi yang sedang, Lenovo tetap memberikan berbagai kelengkapan port pada notebook barunya ini seperti USB2.0. USB3.0, HDMI, card reader dan port LAN.

 

Lenovo Yoga 500_13

 

Pada bagian dalamnya, Lenovo melebur perangkat barunya ini dengan warna hitam dengan corak alumunium pada bagian handrest. Keyboard yang digunakan berupa tuts berdesain chiklet yang mereka sebut acupad dan cukup nyaman digunakan untuk mengetik cepat karena mempunyai ukuran yang cukup luas dan besar. Pada bagian trackpad, Lenovo menghiasinya dengan diamond cut sehingga memiliki kesan terlihat jelas dan luas. Anda pun dapat melakukan berbagai gerakan multi touch dengan baik dengan fungsi tombol klik kiri dan kanan yang menyatu. Tentunya tidak akan lengkap rasanya bila perangkat ini tidak disertai dengan speaker. Lenovo Yoga 500 menggunakan speaker yang dipasok oleh JBL dan diletakkan di bagian bawah dari casing tersebut. JBL yang digunakan diklaim mampu menyajikan suara yang berkualitas. Sehingga Lenovo Yoga 500 bisa dijadikan sebagai perangkat hiburan Anda di saat senggang baik di perjalanan maupun ketika Anda sedang bersantai di rumah untuk menonton film.

 

Lenovo Yoga 500_12

Pada gambar di atas dan di bawah, Anda dapat melihat bahwa Lenovo Yoga 500 mempunyai jalur pembuangan yang cukup baik. Pada bagian bawah terdapat kisi-kisi arus di kanan dan kiri untuk jalur masuk udara yang nantinya akan dihembuskan ke HSF yang dilengkapi dengan heatpipe untuk mendinginkan prosesor dan GPU dan udara panas langsung dihembuskan ke luar dengan lubang pembuangan yang cukup besar pada bagian kiri dan kanannya.

Lenovo Yoga 500_16

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES