in: Gadget | January 14, 2016 | by: Irham

Review Smartphone Android: ASUS Zenfone Selfie

Aktivitas Selfie menggunakan smartphone masih tetap digemari banyak orang. Bahkan beberapa brand smartphone sengaja menjadikan fitur selfie sebagai senjata pamungkas mereka. Termasuk handset yang datang di meja pengujian kami kali ini.

Zenfone 2 Selfie atau Zenfone Selfie merupakan seri terbaru dari ASUS Zenfone 2 yang diluncurkan pada event besar ASUS, Zenfest yang digelar pada bulan November lalu. Sesuai dengan namanya, smartphone yang satu ini membawa perubahan terutama untuk fitur kamera depannya yang dikhususkan untuk aktivitas selfie. Zenfone Selfie dibekali dengan kamera depan 13 MP lengkap dengan LED Flash dual-tone color.

Kami mencoba memberikan hasil review dari produk yang cukup populer di akhir 2015 ini. Berikut hasil review kami untuk ASUS Zenfone Selfie.

Desain & Spesifikasi

Secara desain, Zenfone Selfie tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari ASUS Zenfone 2. Yaitu dengan material body plastik yang membungkus produk dan menggunakan casing penutup di bagian belakang. Untuk unit yang kami terima adalah varian berwarna Silver dengan tekstur metal brush. Yang tampak dari depan hanyalah bezel tebal  berwarna hitam mengelilingi layar. Tak ada lagi logo ASUS seperti yang ada pada Zenfone 2, karena posisinya juga telah digantikan oleh sensor kamera dan lampu flash.

1

Perbedaan yang mencolok jelas terlihat pada sensor kamera depan tersebut. Smartphone ini memiliki sensor kamera depan 13 MP juga dilengkapi dengan lampu flash dual-tone LED. Sensor kamera yang besar nampak mencolok, sama besarnya seperti sensor kamera yang terpasang dibagian belakang.

6

Kamera depan 13 MP

Ukuran dimensi presisi yaitu 156.5 x 77.2 x 10.8 ~ 3.9 mm, dengan bobot perangkat sebesar 170g. Memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 dengan kepadatan piksel 403ppi. Layar besar Zenfone Selfie dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 4 yang membuatnya cukup tahan akan benturan maupun goresan. Sama seperti Zenfone 2, tombol kapasitif navigasi terletak di bezel bagian bawah layar dengan susunan navigasi khas milik ASUS, tombol back di kiri, home ditengah dan recent app di bagian kanan.

8

Sensor Kamera,Tombol Volume

Tombol volume terletak dibagian belakang, yaitu dibawah sensor kamera belakang. Serta tombol power/lock-screen berada dibagian atas. Satu hal yang sering yang menjadi pertanyaan saya secara pribadi yaitu mengapa ASUS meletakan tombol power dibagian atas, karena secara ergonomis ini membuat pengguna sedikit repot untuk menjangkaunya. Disisi lain nampaknya ASUS ingin memberikan ciri khas yang sedikit berbeda dari desain smartphone kebanyakan. Namun untuk lock-screen, pengguna bisa lebih banyak memanfaatkan double-tap pada layar untuk mengatasi hal tersebut.

7

Tombol Power & Jack 3,5 mm

Adapun slot microUSB terletak dibagian bawah, sedangkan lubang jack 3,5 mm untuk headset terletak di bagian atas. Speaker diletakan di bagian belakang smartphone. Berhubung permukaan bagian belakang memiliki kontur melengkung, sehingga suara dari sepaker tidak akan terhalang saat ponsel diletakan di bidang datar. Kontur melengkung ini juga membuat perangkat lebih kokoh dalam genggaman.

9

Slot MicroUSB

——–

Adapun spesifikasi yang ditawarkan oleh ASUS Zenfone Selfie antara lain SoC Snapdragon 615 Octa-Core 64 bit (4x ARM Cortex 1,5 GHz + 4x ARM Cortex 1,1 GHz) dengan GPU Adreno 405 @550MHz dan RAM 3GB. Pilihan internal memori tersedia yaitu 16 GB dan 32 GB. Untuk produk yang kami terima menggunakan internal memori 32 GB. Namun sepertinya Zenfone Selfie memakan cukup banyak storage terutama pada RAM. Seperti yang terlihat pada CPU-Z, hampir 40% dari 3GB  RAM yang tersedia telah dipakai oleh sistem. Namun sepertinya hal tersebut tidaklah mempengaruhi performa karena sisa kapasitas RAM masih cukup besar untuk menjalankan beragam aplikasi. Media penyimpanan bisa ditambahkan melalui microSD yang tersedia. Kapasitas baterai yang digunakan yaitu sebesar 3000mAh. Sensor yang tersedia pun lengkap,seperti Acceleration, Proximity, Ambience Light, Compass hingga Gyroscope.

CPU-Z

CPU-Z

Fitur kamera tentunya menjadi keunggulan tersendiri yang ditawarkan oleh Zenfone Selfie, terutama kamera depan. Tak tanggung-tanggung, ASUS menyematkan sensor berukuran 13 MP dibagian depan. Menjadikan Zenfone Selfie sebagai salah satu smartphone dengan sensor kamera depan terbesar yang ada saat ini. Bukan hanya sensor kamera yang besar, kamera depan Zenfone Selfie juga dilengkapi dengan lampu flash dual-tone untuk memberikan warna yang optimal terutama pada objek kulit.

Sedangkan kamera belakang yang juga menggunakan sensor kamera 13 MP, telah dilengkapi dengan sistem laser auto-fokus. Pengambilan fokus gambar bisa dilakukan dengan kecepatan hingga 0,03 detik.

5

Untuk konektivitas, Zenfone Selfie juga telah mendukung 4G LTE dan tersedia dual slot SIM tipe micro. Selain itu perangkat ini juga telah mendukung fitur USB OTG. Zenfone Selfie berjalan menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0.2 dilengkapi dengan UI native dari ASUS yaitu Zen UI 2.0. UI ini memberikan keleluasaan yang cukup nyaman bagi pengguna untuk mengkustom tampilan layar mereka. Beberapa aplikasi penting, bawaan dari ASUS juga telah tersedia seperti Asus Moblie Manager, Battery Saver, Splendid, PC Link dan lain-lain. Namun beberapa aplikasi yang tersedia nampaknya juga tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna dan hanya menguras memori.

Paket Penjualan

Di dalam paket penjualannya, ASUS Zenfone Selfie dilengkapi dengan aksesoris charger dan kabel USB, buku panduan, serta kartu garansi. Adaptor charger memiliki tegangan 5V dengan output 2A. Meskipun bukan fast charging, namun ini cukup memberikan waktu pengisian yang lebih cepat. Sayangnya ASUS tidak memberikan earphone pada paket penjualannya.

3

Paket Penjualan

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES