in: News | January 14, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Seagate Tampilkan HDD Helium Berkapasitas 10 TB

Salah satu perusahaan ternama di dunia storage, Seagate, mengumumkan produk baru mereka, berupa harddisk dengan kapasitas yang sangat besar, mencapai 10 TB. Harddisk ini menggunakan basis sealed-drive dengan gas Helium, sehingga memungkinkan penggunaan lebih banyak piringan magnetik di dalamnya. Untuk saat ini, HDD 10 TB ini hanya akan tersedia dalam versi enterprise saja.

Seagate Helium HDD 10 TB

Seagate menyebutkan bahwa mereka menggunakan 7 piringan magnetik dengan 14 head di dalam HDD baru ini. Penggunaan gas Helium di dalamnya menurunkan resiko gesekan antara head dengan piringan magnetik, sehingga memungkinkan Seagate memasukkan lebih banyak piringan magnetik ke wadah HDD 3.5 inci standar. Selain itu, Helium juga mendukung terciptanya HDD dengan suara yang lebih sunyi.

Hadirnya produk ini sendiri disebut akan membawa perubahan di dunia storage rack karena dengan ruangan yang sama, data center kini bisa mendapatkan kapasitas hingga 25% lebih besar. HDD 10 TB dari Seagate ini tersedia dalam 2 pilihan interface, yaitu SATA 6 Gbps dan SAS 12 Gbps. Seagate menyebutkan bahwa HDD ini akan segera dikirimkan ke beberapa perusahaan yang berminat dalam waktu dekat ini.

Selain HDD Helium 10 TB untuk Enterprise, Seagate juga merilis HDD NAS baru dengan kapasitas hingga 8 TB. HDD NAS baru ini memungkinkan peningkatan kapasitas penyimpanan data di NAS yang umum digunakan di rumah atau kantor. Kapasitas hingga 8 TB per HDD ini memungkinkan NAS 4-bay kini menampung data hingga 32 GB dengan penggunaan 4 HDD baru ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES