in: News | January 7, 2016 | by: Yufianto Gunawan

WiFi Alliance Umumkan Standar 802.11ah “HaLow”

Standar baru untuk koneksi wireless network baru saja diumumkan oleh WiFi Alliance. Standar ini menggunakan kode 802.11ah, dan lebih ditujukan untuk penggunaan di perangkat-perangkat Internet of Things (IoT). Fokus utama dari standar ini adalah wireless network dengan daya rendah, tetapi memiliki jangkauan yang luas.

WiFi_HaLow

WiFi Alliance memberikan sebutan “HaLow” untuk standar 802.11ah ini. HaLow akan menggunakan frekuensi radio 900 MHz, berbeda dengan WiFi yang kita kenal selama ini yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Penggunaan frekuensi tersebut memungkinkan jangkauan yang lebih luas, disebut mencapai 1 kilometer, sembari mempertahankan penggunaan daya yang rendah.

HaLow sendiri disebut bisa digunakan untuk transmisi data minimum 150 Kbps dengan menggunakan channel 1 MHz atau 2 MHz. Hal ini tentu saja disesuaikan untuk kebutuhan transfer data berukuran tidak terlalu besar untuk perangkat-perangkat IoT. Standar ini sendiri diharapkan bisa menjadi pesaing dari Bluetooth yang memiliki karakteristik serupa.

Sertifikasi untuk WiFi HaLow ini akan dimulai di tahun 2018 mendatang. Mengingat adanya kebutuhan transmisi data ke arah itu, mungkin saja beberapa produsen sudah mulai melirik standar baru ini. Walaupun begitu, WiFi HaLow ini tampaknya masih membutuhkan cukup banyak waktu sebelum diadopsi oleh produsen perangkat gadget, terutama untuk IoT

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES