in: News | January 22, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Windows 10 Mobile Bisa Berjalan di Prosesor x86

Smartphone dengan sistem operasi Windows 10 Mobile, varian terbaru dari keluarga Windows Phone, bisa jadi hadir dengan prosesor x86 dari Intel dalam waktu dekat ini. Berdasarkan informasi yang ada di halaman Hardware Dev. Center MSDN, Windows 10 Mobile akan bisa menggunakan prosesor ARM 32-bit dan x86. Hal ini disebut juga dikonfirmasi oleh perwakilan dari Microsoft sendiri.

windows-10-mobile-06_story

Microsoft memang masih belum mencantumkan SoC dengan prosesor x86 di daftar prosesor yang didukung oleh Windows 10 Mobile di halaman tersebut. Namun, bisa dipastikan bahwa sistem operasi mobile baru tersebut nantinya akan disandingkan bersama dengan prosesor mobile x86 dari Intel. Beberapa waktu lalu, Microsoft dan Intel memang disebut tengah merencanakan smartphone Windows 10 Mobile dengan harga terjangkau yang menggunakan SoC Atom X3.

Satu hal yang tampaknya menghambat adopsi Atom X3 untuk smartphone Windows 10 Mobile adalah belum adanya dukungan untuk 4G LTE di chip Intel tersebut. Bisa jadi, Microsoft dan Intel baru akan mendorong Atom X3 ke perangkat smartphone saat varian Atom X3 dengan 4G LTE hadir nanti. Intel sempat menyebutkan bahwa varian tersebut akan hadir tahun 2016 ini.

SoC Atom dari Intel sendiri sejauh ini baru digunakan oleh beberapa smartphone yang semuanya menggunakan sistem operasi Android. Intel pernah mengatakan bahwa mereka berharap SoC mereka akan digunakan tidak hanya di smartphone Android saja, tetapi juga di berbagai smartphone dengan berbagai sistem operasi yang ada, termasuk keluarga Windows Phone. Mari kita lihat saja apakah smartphone Windows 10 Mobile nantinya benar-benar hadir dengan SoC dari Intel atau tidak.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES