in: News | February 13, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Akurasi GPS Bisa Capai Tingkat “Centimeter”

Riset yang dilakukan oleh tim dari University of California disebut telah berhasil melahirkan algoritma baru untuk GPS (Global Positioning System) yang membuat akurasi dari sistem ini menjadi semakin baik. Bila sebelumnya akurasi GPS hanya mencapai tingkat sekitar 10 meter (30 feet), kini akurasinya bisa ditingkatkan lebih jauh lagi. Bahkan, disebutkan akurasi GPS dengan algoritma ini bisa mencapai hanya beberapa cm saja!

Using-a-GPS1

Algoritma GPS akurasi tinggi dari University of California ini disusun dengan memanfaatkan berbagai sensor tambahan yang kini ada di berbagai perangkat dengan GPS, seperti smartphone masa kini. Sensor seperti accelerometer, gyroscope, dan berbagai sensor lain di dalam smartphone bisa menghasilkan data yang bisa dimanfaatkan untuk GPS. Data-data tersebutlah yang digabungkan dengan data mentah dari GPS untuk mendapatkan akurasi tinggi.

Apa yang ditawarkan oleh algoritma baru ini tentu saja berbeda dengan upaya peningkatan akurasi GPS sebelumnya, di mana akurasi yang didapatkan mengorbankan daya baterai dari perangkat. Akurasi yang lebih baik dari GPS memang mungkin saja didapatkan dengan meningkatkan kalkulasi, tetapi itu akan berdampak pada proses yang lebih panjang dan pada akhirnya membuat baterai menjadi lebih boros.

Sayangnya, belum disebutkan kapan algoritma baru dari University of California ini akan mulai dicoba diterapkan. Tentunya, akurasi yang makin tinggi akan membawa keuntungan di era saat ini, terutama untuk berbagai aplikasi yang memanfaatkan data dari GPS untuk beroperasi. Mari kita lihat saja bagaimana algoritma baru ini bisa meningkatkan kemampuan dari GPS.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES