in: Direct Release | February 3, 2016 | by: Jagat Review

Direct Release: Fujitsu Sempurnakan Teknologi Retensi Data di atas Media Tape dengan Jangka Durasi yang Panjang

fujitsulogo

Munich, 3 Februari 2016 – Fujitsu mempertegas komitmennya dalam menyuguhkan solusi-solusi bertumpu bisnis yang mendukung proses-proses backup dan pengarsipan yang kian sederhana melalui kehadiran Linear Tape Open (LTO) mutakhir pada sistem tape yang terdapat pada FUJITSU Storage ETERNUS LT. Sistem tersebut mampu menghadirkan teknologi retensi data di atas permukaan tape berdurasi panjang yang makin optimal, berskalabilitas tinggi nan andal, bersamaan dengan peluncuran FUJITSU Storage ETERNUS CS200c S2 / CS800 S6 Data Protection Appliance1 baru-baru ini. Berkat dukungan teknologi LTO-7 tape drive mutakhir, waktu backup kini bisa dipangkas sedemikian rupa, bahkan dalam skala terabyte (2,7TB per jam per LTO-7 tape drive), sehingga kapasitas sistem secara keseluruhan dapat meningkat secara tajam, dengan faktor peningkatan mencapai 2,4 kali.2

Jajaran keluarga ETERNUS LT terbaru ini menyuguhkan enkripsi data berbasis hardware, mendukung terpenuhinya standar keamanan dan compliance. Seluruh sistem ETERNUS LT mampu melakukan enkripsi data backup secara autonomos serta enkripsi hardware melalui teknologi LTO tape drive. Lain halnya dengan kemampuan ETERNUS LT tersebut, ETERNUS LT260 mampu melakukan dan mengelola kunci-kunci enkripsi data yang terdapat dalam library tanpa memerlukan tambahan backup software dan server tambahan.3 Selain itu, guna memenuhi seluruh regulasi compliance terbaru yang makin diperketat, seluruh sistem ETERNUS LT kini juga telah WORM-ready (Write Once, Read Many).4

W-DK29525_tcm21-2070419

Fujitsu Storage ETERNUS LT tape systems dengan teknologi LTO-7 mampu memenuhi seluruh persyaratan dan kebutuhan industri dalam hal penyimpanan data, seperti pengarsipan jangka panjang, disaster recovery, serta yang mampu mendukung perusahaan dalam mengelola kebutuhan-kebutuhan yang terus berkembang di tengah maraknya Big Data. Sistem ETERNUS LT sendiri juga telah tersertifikasi dan mendukung bagi software-software backup dan pengarsipan terkemuka di industri. Dengan operasional yang terotomatisasikan, simpel dan dapat dilakukan dari jarak jauh, sistem ETERNUS LT memungkinkan penggunaan tanpa memerlukan dukungan dari ahli dengan kepiawaian-kepiawaian tertentu. Konsep layanan pay-as-you-grow menghindarkan munculnya biaya-biaya investasi tak penting bagi pelanggan, dan tentunya lebih fleksibel bagi mereka.

 

Harga dan Ketersediaan

Fujitsu Storage ETERNUS LT tape systems dengan teknologi LTO-7 tersedia secara global melalui Fujitsu beserta mitra-mitranya (simak http://www.ts.fujitsu.com/resellerlocator). Harga bervariasi di tiap wilayah.

 

Catatan kaki

1 ETERNUS LT tape storage systems menyuguhkan penyempurnaan dan peningkatan backend tape storage dan second-tier storage pada FUJITSU Storage ETERNUS CS Data Protection Appliances dengan harga yang kian terjangkau. ETERNUS LT tape storage systems dapat disematkan pada ETERNUS CS dengan persyaratan-persyaratan sebagai berikut:

  • ETERNUS CS200c with option: tape attachment
  • ETERNUS CS800 with Veritas OST interface
  • ETERNUS CS8000

 

2 Perbandingan dengan generasi LTO sebelumnya

Contoh: Kapasitas terkompresi maksimum pada jajaran keluarga ETERNUS LT
LTO-6 LTO-7
ETERNUS LT20 S2 50 TB 120 TB
ETERNUS LT40 S2 150 TB 360 TB
ETERNUS LT60 S2 300 TB 720 TB
ETERNUS LT260 3.5 PB 8.4 PB

Teknologi LTO-7 mampu memangkas waktu backup hingga 79% resp. 47% dibandingkan menggunakan LTO-4 / LTO-6 tape technology

Sumber: http://www.lto.org/technology/what-is-lto-technology/

3 Seluruh ETERNUS LT systems dapat melakukan enkripsi data backup secara autonomos serta enkripsi hardware melalui teknologi LTO tape drive, mendukung terpenuhinya standar keamanan dan kelaikan yang tinggi. Umumnya software backup akan membuat dan mengelola kunci-kunci enkripsi untuk tape libraries, meski demikian opsi pengelolaan kunci enkripsi melalui ETERNUS LT260 tape library juga memungkinkan dibuatnya sebuah ‘master key’ untuk masing-masing tape library. Begitu ada order untuk backup data oleh backup server, tape library akan secara otomatis membuat sebuah kunci enkripsi dan menyediakannya untuk kartrid tape yang menjadi targetnya. Master keys tersedia untuk masing-masing logical library. Pengguna dapat memilih setingan encrypted/unencrypted untuk masing-masing kartrid tape dan masing-masing logical library melalui tampilan antarmuka pusat yang tersedia pada ETERNUS LT260. Fitur tersebut membutuhkan lisensi pengelolaan key tersendiri untuk ETERNUS LT260.

4 Guna memenuhi seluruh persyaratan dan regulasi kelaikan terkini untuk penyimpanan data ke tape, digunakanlah metode storage Write Once, Read Many (WORM) dalam menyimpan data dalam format non-erasable, non-rewritable. Hal ini dimaksudkan agar dapat mendukung retensi data dalam jangka durasi yang panjang serta memenuhi seluruh persyaratan dari lembaga-lembaga regulator di seluruh dunia. LTO tape drives yang digunakan pada jajaran keluarga ETERNUS LT telah WORM-ready. Dibutuhkan pula kartrid WORM tape yang telah diformat secara khusus.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES