in: News | February 6, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Dukungan Firefox OS Resmi Dihentikan Pada Mei 2016

firefox-os-2502131

Pada awal Desember lalu, Mozilla secara mengejutkan mengumumkan bahwa mereka bakal menghentikan dukungan terhadap OS mobile pengembangan mereka yang bernama Firefox OS. Pihak Mozilla pun tidak mengatakan secara rinci alasan penghentian dukungan terhadap Firefox OS yang secara resmi diluncurkan pada tahun 2013 lalu.

Kini, Firefox OS secara resmi tidak akan didukung lagi oleh Mozilla. Sang produsen pun kembali mengumumkan bahwa dukungan terhadap sistem operasi mobile besutannya itu akan berakhir pada Mei 2016 mendatang. Berbagai isu mengenai penghentian dukungan tersebut pun mulai bermunculan.

Firefox OS dianggap tidak mampu bersaing di tengah kuatnya dominasi antara Android dan iOS di kancah persaingan perangkat mobile, khususnya smartphone dan tablet. Selain itu, Mozilla juga tidak mampu menyediakan ekosistem mobile yang diinginkan dikarenakan keterbatasan sumber daya yang dimilikinya.

Mungkin tidak terlalu banyak yang mengetahui bahwa Mozilla sempat menghadirkan ponsel berbasis Firefox OS. Produsen ponsel pertama yang dilengkapi OS tersebut di antaranya dari ZTE dan Alcatel. Mozilla pun menargetkan bahwa ponselnya tersebut ditargetkan untuk segmen entry-level.

Kini, setelah dukungan tersebut dihentikan, Mozilla dilaporkan akan mulai mengalihkan perhatiannya untuk mengikuti perkembangan IoT (Internet of Things) yang saat ini sedang marak terjadi.

Sumber: Phonearena

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES