in: Awards | February 1, 2016 | by: Hendra Wijaya

JR Award 2015 untuk 2016: Casing

Award casing 2015

Tahun 2015 belum lama berlalu, dan sepanjang tahun 2015 lalu berbagai casing PC terbaru dari ukuran Mini-ITX hingga full tower untuk kelas entry-level hingga high-end telah dirilis oleh berbagai produsen. Setelah memilah-milah beberapa casing menarik yang dirilis pada tahun 2015 lalu, akhirnya kami mendapatkan beberapa produk yang layak untuk mendapatkan penghargaan. Dikarenakan minimnya pilihan casing PC tahun 2015 yang berhak mendapatkan penghargaan, kami memutuskan untuk menyajikan artikel pemberian award ini tanpa pembagian kelas harga ataupun ukuran. Berikut beberapa casing PC keluaran tahun 2015 yang patut dilirik pada tahun 2016 ini, berdasarkan pilihan kami!

Gold: Thermaltake Core P5

Award casing Thermaltake Core P5

Pada kuartal akhir tahun 2015 lalu, Thermaltake merilis casing Thermaltake Core P5 dengan konsep casing open-air yang terinspirasi tren pengguna PC yang merakit PC tanpa mengguna casing, tetapi menggunakan sebuah papan wall-mount untuk meletakan komponen-komponen PC kesayangan mereka. Hal itu membuat mereka bisa memamerkan jerohan PC mereka langsung kepada orang lain.

Casing Thermaltake Core P5 ini hadir dengan kerangka wall-mount yang dapat merangkap sebagai casing berdesain open air/open frame. Selain dengan desain yang unik, casing ini dapat menampung komponen-komponen PC kelas atas dengan mudah, bahkan mampu menampung sistem watercooling custom yang menggunakan radiator berukuran 480mm sekalipun. Selain itu, casing Thermaltake ini juga telah dilengkapi dengan fitur sitem cable management yang baik.

Thermaltake tidak hanya membuat Core P5 ini sebagai casing yang terinspirasi dengan konsep “Wall-Mount PC”, tetapi juga benar-benar telah mempersiapkan casing ini agar dapat dipasang di dinding rumah/kantor dengan menggunakan wall-mount yang biasanya digunakan untuk LCD TV yang tentunya harus dibeli secara terpisah.

 Silver: Corsair Carbide 600C/600Q

Award casing Corsair Carbide 600C

Di penghujung tahun 2015 lalu, Corsair secara resmi merilis casing Corsair Carbide 600C/600Q yang merupakan casing pertama milik Corsair yang menggunakan desain “Inverted-ATX”, di mana posisi peletakan motherboard menjadi terbalik. Sedangkan untuk desain eksternal, casing ini masih menggunakan desain casing premium khas Corsair yang sederhana dan simpel. Casing ini hadir dengan 2 varian, yakni dengan menggunakan penutup side panel Acrilyc (600C) dan penutup side panel yang dilengkapi peredam suara kebutuhan silent-PC (600Q).

Menariknya, casing Corsair Carbide 600C/600Q ini sudah dilengkapi dengan PSU Cover yang akan membuat isi dalaman casing ini semakin rapi, ditambah lagi dengan fitur sistem cable-management yang mumpuni, dimana ruangan pergerakan cable-management dibelakang tray motherboard casing ini tergolong cukup lega. Agar casing ini terlihat lebih rapi lagi, Corsair meletakan tempat penyimpanan storage SSD dan harddisk pada bagian dalam PSU Cover dan bagian belakang Tray-Motherboard. Alhasil semua komponen yang dirakit kedalam PC ini dapat terlihat sangat rapi dari luar dan airflow yang mengalir pada komponen motherboard, VGA Card dan RAM dapat menjadi lebih optimal.

Silver: Phanteks ENTHOO EVOLV ITX

Award casing phantek Evolv ITX

Casing Phanteks Enthoo Evolv ITX ini bisa dibilang menjadi salah satu casing mini-ITX yang menarik pada tahun 2015. Phanteks Enthoo Evolv ITX yang diperuntukan untuk sistem motherboard berukuran mini-ITX ini dilengkapi dengan banyak fitur-fitur, seperti fitur cable-management, storage screwless, filter penyaring debu dan kemampuan memuat komponen VGA card kelas high-end berukuran besar yang memiliki panjang hingga 330 mm.

Tidak hanya mampu memuat VGA card berukuran besar saja, Casing ini juga termasuk salah satu casing mini-ITX yang ramah terhadap penggunaan cooling watercooling. Secara casing Phanteks Enthoo Evolv ITX ini mampu memuat radiator berukuran 280 mm pada bagian atas casing ini yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah menggunakan slider. Bahkan pada bagian dalam casing ini masih berpotensi untuk dipasangkan reservoir watercooling custom dengan menggunakan part mounting yang dijual secara terpisah oleh Phanteks.

Dari segala segudan fitur-fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh casing Phanteks Enthoo Evolv ITX ini, ternyata pihak phanteks masih cukup berbaik hati untuk membanderol casing mini-ITX ini dengan harga dibawah US$100.

Silver: Armaggeddon Hectotron T3X

Award casing Armageddon Hectotron T3X

Pada tahun 2015 PowerLogic Armageddon kembali menjadi perhatian yang menarik, dimana sebuah casing Armaggeddon Hectotron T3X memasuki dan meramaikan pasar casing PC Indonesia. Untuk sebuah casing PC yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, di harga Rp 400 ribuan, Armaggeddon Hectotron T3X ini mampu menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap, seperti: cable-management, acylic window, front-panel USB 3.0, tempat penyimpanan storage SSD/Harddisk yang dilengkapi sistem screwless seperti layaknya casing premium.

Selain itu, casing Armaggeddon Hectotron T3X ini juga tentunya sudah mampu menampung komponen PC kelas mid-end hingga high-end, tertutama kemampuan menampung VGA card High-end yang memiliki fisik yang besar dan memiliki panjang hingga 290 mm.Sedangkan untuk desain ekstrior, Casing ini memiliki desain yang cukup menarik untuk di kelas-nya, tertutama untuk desain pada bagian front-panel casing ini yang unik dan sangat berbeda dengan para pesaingnya di kelas yang sama.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES