in: Awards | February 1, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

JR Award 2015 untuk 2016: Notebook Gaming Harga 15-19,99 Juta

Feat.-Image-Gaming-Notebook-Rp-15---19.99-Juta

Penghargaan produk notebook/laptop gaming oleh JagatReview berlanjut ke rentang harga 15 juta hingga 19,99 juta rupiah. Dengan anggaran pembelian seperti itu, calon pembeli masih akan mendapatkan produk notebook/laptop gaming dengan prosesor Intel Core i7 mobile quad core di dalamnya. Sementara itu untuk komponen graphics card, GeForce GTX 960M sudah menjadi konfigurasi paling rendah untuk rentang harga pembelian tersebut. Bermain game di resolusi gambar Full HD dengan setting kualitas grafis Medium hingga High seharusnya bukan menjadi masalah berarti. Tentu saja notebook/laptop gaming tersebut juga siap menangani proses komputasi kelas “berat” seperti untuk melakukan editing video/gambar kelas profesional, rendering objek 3D pada aplikasi 3D-creator, dan masih banyak lagi.

Di tahun 2015, sejumlah produsen ternama meramainkan pasar notebook/laptop gaming di rentang harga 15 juta hingga 19,99 juta rupiah. Kami menemukan pilihan cukup beragam untuk komponen prosesor, memori/RAM, storage, dan juga layar. Tidak ketinggalan sejumlah fitur gaming juga ikut dibenamkan untuk memastikan gamer mendapatkan pengalaman gaming terbaik. Dari sejumlah produk notebook/laptop gaming di rentang harga tersebut pada tahun 2015, inilah pilihan terbaik kami untuk kategori tersebut.

Gold: MSI GE62 2QE Apache Pro

MSI-GE62-2QE-APACHE-PRO

MSI GE62 2QE Apache Pro memiliki ukuran bodi sebesar 38,3 x 26 x 2,7~2,9 cm dan bobot sekitar 2,4 kg. Menariknya notebook/laptop gaming ini telah menggunakan bahan alumunium bercampur magnesium-lithium sehingga membuat bodi lebih kokoh. MSI GE62 2QE Apache Pro mengandalkan “otak pintar” buatan Intel dengan tipe Core i7 5700HQ berbasiskan arsitektur CPU Broadwell dengan kemampuan menangani delapan proses komputasi sekaligus. Walaupun komponen prosesor tidak se-modern produk lain yang telah menggunakan Intel Skylake, notebook/laptop gaming ini hadir dengan graphics card GeForce GTX 965M 2 GB GDDR5 dengan performa gaming lebih kuat dibandingkan produk lain yang masih mengandalkan GeForce GTX 960M. MSI memadukan prosesor dan graphics card tersebut dengan memori/RAM DDR3L dengan kapasitas 8 GB. Tersedia dua slot memori/RAM yang dapat di upgrade hingga kapasitas 16 GB. Sedangkan untuk komponen storage, MSI GE2 2QE Apache Pro dilengkapi HDD 2,5 inci 7200 RPM dengan kapasitas 1000 GB. Pengguna dapat melakukan upgrade komponen HDD menjadi SSD untuk responsivitas dan performa sistem lebih optimal. Atau tetap menggunakan HDD dan menambahkan SSD pada konektor M.2 yang tersedia. Untuk menjamin temperatur kerja komponen tetap terjaga pada batas normal, MSI mengandalkan sistem pendingin kreasi mereka sendiri, Cooler Boost 3, dengan pendingin terpisah untuk prosesor dan graphics card.

Layar LCD LED 15,6 inci dengan resolusi gambar 1920 x 1080 piksel siap memanjakan mata gamer saat menikmati game kesayangan mereka. Notebook/laptop gaming ini juga mendukung penggunaan dua perangkat display tambahan dengan tersedianya konektor HDMI dan mini Display Port. Tidak ketinggalan empat speaker buatan Dynaudio dengan konfigurasi 2.0-channel dengan Nahimic Sound Technology dan Audio Boost siap memanjakan telinga pengguna notebook/laptop ini. Produsen perangkat input gaming SteelSeries tidak ketinggalan menanamkan teknologi mereka pada perangkat keyboard MSI GE62 2QE Apache Pro yang dilengkapi lampu backlight.

Dengan kemampuan menghadirkan notebook/laptop gaming dengan spesifikasi beserta fitur seperti itu pada kisaran harga 18 jutaan rupiah, lengkap dengan sistem operasi Windows 10, MSI GE62 2QE Apache Pro layak mendapatkan Gold Award untuk kategori ini.

Silver: ASUS ROG GL552VW-CN461D

ASUS-ROG-GL552VW

Produk notebook/laptop ini sebenarnya memiliki harga jual di bawah 15 juta rupiah. Akan tetapi karena absennya sistem operasi Windows, ASUS ROG GL552VW-CN461D pun kami masukkan kandidat di kategori ini dan ternyata berhasil meraih Silver Award.

ASUS ROG GL552VW menggunakan chassis serupa dengan ROG GL552VX pada penghargaan di bawah 15 juta lalu. Oleh karena itu tidak aneh jika keduanya memiliki ukuran bodi sama yaitu sebesar 38,5 x 25,5 x 3,24 cm dan bobot sekitar 2,5 kg. ASUS kembali membenamkan prosesor mobile quad core Intel Core i7 6700HQ berbasiskan arsitektur CPU Skylake sehingga sanggup menghadapi aplikasi modern dengan kebutuhan performa komputasi tinggi. Unit komputasi grafis kini mengandalkan GeForce GTX 960M. Graphics card tersebut memang tidak sekuat milik MSI tetapi tetap sanggup menghadirkan performa gaming memuaskan pada setting kualitas grafis Medium hingga High pada resolusi Full HD. Kapasitas memori graphics card adalah sebesar 4 GB, sangat lega untuk menghadapi game modern yang semakin “rakus” memakan tempat di dalam memori. ASUS ROG GL552VW datang dengan kapasitas memori/RAM DDR4 sebesar 8 GB dan dapat ditingkatkan hingga 32 GB jika memang diperlukan. Sedangkan untuk komponen penyimpanan data, tersedia HDD dengan kapasitas 1000 GB. Menariknya, ASUS menyediakan sebuah slot M.2 pada notebook/laptop ini sehingga pengguna dapat menambahkan komponen SSD untuk membuat performa dan responsivitas sistem lebih optimal (SSD untuk OS, data pada HDD).

ASUS melengkapi perangkat komputasi mobile ini dengan layar LCD LED 15,6 inci resolusi gambar 1920 x 1080 piksel. Tersedia konektor display HDMI jika pengguna membutuhkan display tambahan atau kurang puas dengan kualitas tampilan layar bawaan notebook/laptop. ASUS tidak ketinggalan menanamkan komponen keyboard lengkap dengan tombol numeric pad dan lampu backlight yang menambah keren penampilan dan membantu melihat pada kondisi gelap. Setiap tombol pada keyboard tersebut juga dirancang memiliki jarak penekanan hanya sebesar 1,8 mm sehingga mampu memberikan responsivitas terbaik saat bermain game. Notebook/laptop ini juga menghadirkan standar konektivitas terbaru pada platform Intel Sylake yaitu USB 3.1 dengan konektor Type-C.

Silver: Dell Inspiron 15 7559

Dell-Inspiron-7559

Dell Inspiron 15 7559 hadir dengan ukuran bodi 38,3 x 26,5 x 2,53 cm, paling tipis di antara pilihan kami kali ini. Prosesor Core i7 6700HQ berbasiskan arsitektur CPU Skylake tampaknya menjadi pilihan populer produsen notebook/laptop gaming belakangan ini tidak terkecuali Dell. Dengan kemampuan menangani hingga delapan proses komputasi sekaligus, prosesor tersebut tidak hanya siap menangani game 3D modern tetapi juga aplikasi harian kelas berat sekalipun. Dell Inspiron 15 7559 juga menghadirkan GeForce GTX 960M sebagai unit komputasi grafis sehingga sanggup menghadirkan performa gaming memuaskan pada setting kualitas grafis Medium hingga High pada resolusi Full HD. Kapasitas memori graphics card adalah sebesar 4 GB, sangat lega untuk menghadapi game modern yang semakin “rakus” akan kapasitas memori. Dell Inspiron 15 7559 datang dengan kapasitas memori/RAM DDR3L sebesar 8 GB dan dapat ditingkatkan hingga 16 GB jika memang diperlukan. Sedangkan untuk komponen penyimpanan data, tersedia HDD dengan kapasitas 1000 GB. Menariknya, Dell tetap menyediakan sebuah slot M.2 pada notebook/laptop ini sehingga pengguna dapat menambahkan komponen SSD untuk membuat performa dan responsivitas sistem lebih optimal (SSD untuk OS, data pada HDD). Untuk menjamin temperatur kerja komponen tetap terjaga pada batas normal dan performa pendinginan optimal, Dell mengimplementasikan sistem pendingin dengan dua kipas.

Salah satu daya tarik dari Dell Inspiron 15 7559 terletak pada komponen layar. Noteboook/laptop gaming ini dilengkapi layar 15 inci dengan resolusi Ultra HD alias 4K alias 3840 x 2160 piksel dengan kemampuan touchscreen. GeForce GTX 960M sendiri tidak dirancang untuk menghadirkan performa gaming maksimal di layar 4K dan diperlukan penyesuaian setting resolusi untuk mendapatkan kenyamanan bermain terbaik. Tentu saja layar 4K tersebut juga membuat pengguna notebook/laptop ini siap menangani konten 4K ke depannya. Tersedia konektor display HDMI jika pengguna membutuhkan display tambahan atau kurang puas dengan kualitas tampilan layar bawaan notebook/laptop. Konfigurasi speaker 2.1-channel dengan teknolog Waves MaxxAudio Pro siap memanjakan telinga pengguna notebook/laptop ini. Dell tidak ketinggalan menanamkan komponen keyboard lengkap dengan tombol numeric pad dan lampu backlight yang menambah keren penampilan dan membantu melihat pada kondisi gelap. Dell Inspiron 15 7559 sendiri ditawarkan pada kisaran harga 19,85 juta rupiah

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES