in: Awards - News | February 16, 2016 | by: Friska Suryawinata

JR Awards 2015 untuk 2016: Best Smartphone Harga Rp 3 – 4 Juta

Feat.-Image-Smartphone-Rp-3-4-Juta

Setelah menghadirkan penghargaan tahunan Jagat Review untuk kategori Smartphone di rentang harga Rp 2-3,9 juta, kini saatnya kita beralih ke penghargaan di rentang harga berikutnya yaitu Rp 3 – 4 juta!

Dengan rentang harga kali ini, smartphone-smartphone yang masuk dalam jajaran penghargaan ini pun mungkin termasuk sebagai smartphone yang lebih mampu merepresentasikan seperti apakah sebuah smartphone level middle sesungguhnya, baik secara spesifikasi maupun fitur yang diusungnya. Beberapa jenis smartphone bahkan memiliki spesifikasi yang umumnya akan lebih sering terlihat pada smartphone kelas premium. Rentang harga ini mungkin cocok bagi mereka yang ingin mencicipi seperti apa memiliki smartphone “rasa premium” dengan harga yang pastinya lebih terjangkau.

Siapa saja yang masuk dalam jajaran Jagat Review Annual Awards 2016 untuk kategori Best Smartphone Harga Rp 3 – 4 Juta kali ini?

Gold Award: Asus PadFone S Plus

Asus-Padfone-S-Plus

PadFone S Plus merupakan paket kombinasi antara dua buah gadget yang cukup unik. Pasalnya, tidak hanya mendapatkan sebuah smartphone berukuran 5 inch saja, tetapi Anda juga akan mendapatkan perangkat berbentuk tablet berukuran 9 inch sebagai docking station-nya. PadFone S Plus ini didukung dengan prosesor Snapdragon 801 dengan RAM 3GB, memiliki kapasitas internal 64GB yang bisa ditambahkan dengan microSD hingga 128GB, dengan OS Android KitKat. Dengan memiliki tab docking station tersebut, PadFone S Plus pun memiliki tiga jenis kamera, yaitu kamera utama smartphone beresolusi 13 MP dengan autofocus dan LED flash, kamera depan smartphone beresolusi 2 MP, serta kamera pada docking station-nya beresolusi 1 MP. Dengan dilengkapi tab docking tersebut, Asus PadFone S Plus pun pastinya telah memiliki kapasitas baterai yang juga tinggi, yaitu 4990 mAh (kapasitas baterai docking station). Dengan spesifikasi, kemampuannya yang sangat portable (bisa jadi smartphone atau tablet) serta harga yang cukup terjangkau (sekitar Rp 3,599-3,999 juta), rasanya sulit untuk tidak bisa tertarik memiliki Asus PadFone S Plus yang satu ini.

Kelebihan:
+ RAM 3GB
+ 4G LTE
+ Storage internal lega
+ Bisa jadi tablet PC dengan dukungan docking station
+ Kapasitas baterai docking station 4990 mAh

Silver Award: Xiaomi Mi4c

Xiaomi-Mi4c

Untuk mereka yang selalu mengikuti perkembangan smartphone dari tahun ke tahun, rasanya tidak mungkin jika tak pernah dengan brand “Xiaomi”. Smartphone asal Tiongkok tersebut berhasil menyita sebagian pengguna smartphone, juga di Indonesia karena spesifikasi tinggi namun masih dengan harga yang cukup terjangkau. Salah satu produknya, Xiaomi Mi4c, hadir dengan mengusung prosesor Snapdragon 808, RAM 2GB/3GB, dan kapasitas internalnya 16GB/32GB. Kamera utama beresolusi 13 MP sudah dilengkapi dengan autofocus dan LED flash, di mana kamera ini merupakan kamera 13 MP terbaik di kelasnya; dengan kamera depan 5 MP dan memiliki kemampuan merekam video hingga kualitas 1080p di 30fps. Kelebihan lain yang dimiliki oleh smartphone ini adalah dukungan terhadap konektivitas 4G sekaligus kapasitas baterai besar 3080 mAh. Agak disayangkan Xiaomi Mi4c yang hadir di Indonesia saat ini belum masuk secara resmi, tetapi Anda bisa menemukannya melalui penjual di beberapa toko online.

Kelebihan:
+ 4G LTE & Dual SIM card
+ SoC kelas premium
+ Pilihan RAM 3GB dan storage 32GB
+ Kamera 13 MP-nya termasuk yang terbaik di kelasnya
+ Baterai 3080 mAh

Silver Award: Asus Zenfone 2 (ZE551ML)

Asus-Zenfone-2

Asus sempat menggebrak dunia smartphone dengan menghadirkan smartphone berprosesor Intel di dalamnya, di mana kemudian generasi keduanya hadir di tahun 2015 kemarin dengan Asus Zenfone 2. Berlayar 5.5 inch dengan resolusi 1080p dan proteksi Gorilla Glass 3, Zenfone 2 yang akan kami bahas untuk kategori ini adalah yang mengusung prosesor Intel Atom Z3580 dengan RAM 4GB serta kapasitas internal 32GB. Dengan memiliki spesifikasi dasar itu, dapat dipastikan Zenfone 2 ini mampu melakukan pekerjaan multi-tasking dan gaming yang lancar. Walau agak disayangkan karena baterainya tergolong lebih kecil dibandingkan dengan pesaingnya dalam kategori ini, yaitu 3000 mAh, namun terdapat juga fitur Quick Charging yang akan membantu untuk bisa mengisi daya dengan lebih cepat.

Kelebihan:
+ Prosesor Intel yang cukup kencang
+ 4G LTE & Dual Sim Card
+ Pilihan tipe RAM 4GB & storage 32GB
+ Layar 5.5 inch dengan Gorilla Glass 3

Honorable Mention: Lenovo VIBE S1

Lenovo-VIBE-S1

Lenovo VIBE S1 hadir dengan salah satu fitur yang tergolong cukup unik, yaitu fitur Dual Selfie Camera yang lantas pun menjadikannya sebagai smartphone dengan fitur dual selfie camera pertama di dunia. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 8 MP dengan sensor BSI yang tergabung bersama kamera selfie 2 MP, sementara kamera belakangnya beresolusi 13 MP dengan sensor BSI, PDAF sekaligus dual-color flash. Sayangnya kamera depan yang menarik tersebut tidak didukung dengan flash, sehingga pengguna perlu memakai extension flash terpisah. Lenovo VIBE S1 menggunakan prosesor MT6752 octa-core, dengan RAM 3GB serta storage 32GB yang bisa diekspansi hingga 128GB menggunakan microSD card. Walau kapasitas baterai serta fitur sensornya mungkin tak sebanyak smartphone lain yang masuk dalam kategori kali ini, Lenovo VIBE S1 tetap memiliki dukungan 4G LTE dan Dual SIM card, di mana pastinya masih tetap tergolong menarik untuk sebuah smartphone berharga di bawah 4 juta.

Kelebihan:
+ Dual selfie camera (8MP + 2MP) yang unik
+ RAM 3GB & storage 32GB
+ 4G LTE & Dual SIM card

 

Baca juga: 

JR Award 2015 untuk 2016: Best Smartphone di Bawah 1,5 Juta

JR Awards 2015: Best Smartphone Rp 1,5 – 2 Juta

JR Award 2015: Best Smartphone  2 – 3 juta

JR Awards 2015: Best Smartphone Rp 6 – 8 Juta

JR Award 2015 untuk 2016: Smartphone di Atas Rp 8 Juta

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES