in: News | February 3, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Marshmallow Baru Digunakan di 1.2% Perangkat Android

Versi terbaru sistem operasi Android, Android 6.0 atau yang biasa disebut dengan kode Marshmallow, ternyata masih baru digunakan oleh 1.2% perangkat Android di seluruh dunia. Tingkat adopsi hanya 1.2% ini menunjukkan bahwa sistem operasi tersebut cukup lambat disebarkan ke perangkat Android yang ada saat ini. Angka 1.2% tersebut baru dicapai setelah sekitar empat bulan berlalu dari rilis sistem operasi tersebut.

Android Marshmallow

Masih rendahnya adopsi Marshmallow tampaknya disebabkan karena banyak perangkat Android populer yang belum atau baru saja mendapatkan update ke versi Android terbaru tersebut. Memang, beberapa produsen perangkat ternama baru menghadirkan update ke Android 6.0 di awal tahun 2016 ini. Tampaknya, peningkatan pesat tingkat adopsi Marshmallow baru akan terjadi dalam 1-2 bulan lagi.

Untuk versi sistem operasi Android sebelumnya, KitKat (Android 4.4) masih memegang tingkat adopsi tertinggi, 35.5%. Berikutnya, terdapat Lollipop (Android 5.0 dan Android 5.1) yang memegang tingkat adopsi 34.1%. Terkait kedua versi Android ini, Lollipop tampaknya akan segera menyalip KitKat untuk merebut posisi tertinggi, dan bisa jadi akan memegang posisi tersebut hingga beberapa bulan ke depan sebelum nantinya digantikan oleh Marshmallow.

Dashboards - Android Developers

Sementara untuk versi Android yang sudah cukup lawas, yaitu Froyo, Gingerbread, dan Ice Cream Sandwich, tingkat adopsi ketiganya sudah berada di bawah 3%. Hal ini wajar mengingat perangkat-perangkat dengan sistem operasi tersebut tentu sudah mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Sedangkan untuk Jelly Bean, tingkat adopsinya ternyata masih berada di atas 20%, yang menandakan bahwa pengguna perangkat Android berusia sekitar 2-3 tahun ternyata masih banyak yang bertahan menggunakan perangkat kesayangan mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES