in: Movies | February 27, 2016 | by: Irham

Review Neerja: Kisah Nyata Pramugari Heroik

Beberapa tahun terakhir perfilman India rupanya sudah mulai beradaptasi dengan gaya film internasional HollyWood. Terutama dari segi cerita dan dialog pada film, tak lagi menghabiskan waktu hingga tiga jam seperti pada film bollywood dahulu. Dan terutama, tak lagi banyak tarian dan nyanyian yang selalu dilantunkan secara lip-sync oleh para pemerannya.

Bukan cuma itu, untuk pemilihan cerita yang diangkat juga jauh lebih kompleks. Film yang kami review satu ini bahkan mengangkat sebuah kisah nyata heroik dari kejadian sejarah yang terjadi di tahun 80-an. Seorang pramugari bernama Neerja Bhanot. Neerja Bhanot adalah seorang pramugari yang bekerja di Pan Am Airlines India.

1

Pesawat Pan Am 73 terbang dari India menuju Amerika, kemudian di bajak oleh sekolompok teroris di wilayah Pakistan saat pesawat singgah untuk transit. Pesawat yang berisi 361 penumpang dan 19 crew pesawat tersebut di bajak oleh para teroris yang menginginkan pesawat untuk diterbangkan ke Cyprus untuk melepaskan kawanannya yang tertangkap. Namun aksi mereka di gagalkan oleh pramugari cantik bernama Neerja Bhanot. Neerja Bhanot dinobatkan sebagai pahlawan kemanusiaan dari berbagai negara termasuk Amerika dan India, karena keberaniannya dalam menyelamatkan para penumpang dan crew yang ada di pesawat tersebut.

Tak Kalah Keren dari ‘Flight Plan’-nya Jodie Foster

Berhubung film ini diangkat dari kisah nyata, tentunya memiliki ekspektasi akan menghadirkan drama yang benar-benar hidup. Baik dari segi penggarapan cerita dan juga setting adegan. Diperankan oleh Shonam Kapoor sebagai Neerja Bhanot, tampaknya film yang disutradarai Ram Madhvani ini cukup menjawab ekspektasi dari para penonton.

 

4Pengenalan karakter Neerja dibahas dari hubungan sang tokoh dengan keluarga. Neerja adalah seorang wanita yang periang dan tangguh namun memiliki kehidupan yang cukup kelam di masa lalu. Neerja pernah menikah namun pernikahannya mengalami kegagalan bahkan hingga kasus kekerasan. Bagian ini ditampilkan secara flashback saat ketegangan Neerja berhadapan dengan teroris di dalam pesawat, membuat cara pengenalan karakter menjadi lebih menarik.

Sementara pemeran komplotan teroris juga terlihat begitu mendalami karakter mereka. Terutama Jim Sarbh yang bermain sebagai Khalil, tokoh terorist yang paling bengis di dalam film. Aktor yang satu ini memainkan peran jahatnya dengan sangat baik, sampai kita bisa lupa jika kebengisannya hanya sebuah peran dalam film.

Mungkin kita akan underestimate karena ini adalah film produksi Bollywood. Namun jika membandingkan dengan film yang mengangkat tema pembajakan pesawat lain seperti Flight Plan atau pun Non Stop, film ini memang tidak banyak menawarkan plot-twist yang membingungkan. Namun karena film ini diangkat berdasarkan kisah nyata, adegan yang ditampilkan juga jadi lebih natural. Tidak ada adegan yang berlebihan semisal Neerja sebagai seorang wanita kemudian bertarung dengan para teroris, Neerja hanya memanfaatkan kecerdikannya untuk mengelabui para teroris. Akting Shonam Kapoor sebagai pemeran Neerja sudah begitu maksimal.

3

Untuk setting lokasi yang hanya berkutat di dalam pesawat tentunya juga lebih memudahkan dalam proses penggarapan film. Hanya saja film ini masih kurang merepresentasikan waktu dari kejadian di masa lampau. Sinematografi terasa modern, tidak terasa vintage untuk menggambarkan kejadian yang terjadi di era 80an. Begitu pula dengan busana dan gaya yang digunakan para pemain kurang terlihat menggambarkan kesan lawas. Rasanya memang cukup sulit untuk membawa unsur tersebut dengan ratusan pemeran figuran yang berada di dalam pesawat sebagai penumpang.

2

Tapi film ini justru bisa lebih dinikmati sebelum penonton mengetahui kisah Neerja Bhanot dari sejarah. Akan ada bagian-bagian yang justru memberikan kejutan saat menyaksikan film tersebut, Terutama di bagian akhir film. Jadi jika anda memutuskan akan menyaksikan film yang satu ini, sebaiknya anda tidak perlu mencari informasi tentang Neerja terlebih dahulu. Film ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di IMDB yaitu 8,6.

Pada akhirnya film ini akan lebih banyak membawa pesan moral dan pelajaran tentang keberanian Neerja Bhanot dalam menghadapi sebuah masalah. Tak elak pula jika film ini membawa penonton hanyut dalam kesedihan karena cerita yang dikisahkan juga cukup menyentuh. Film ini layak ditonton untuk semua usia, meskipun tentunya perlu bimbingan orang tua bagi penonton di bawah umur.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 20 Februari 2016

Durasi: 2 Jam 2 Menit

Genre: Drama. Thriller, Bioghraphy

Sutradara: Ram Madhvani

Pemain: Sonam Kapoor, Abrar Zahoor, Jim Sarbh, Shekhar Ravjiani

Studio: FOX Stars

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES