in: Gadget | February 2, 2016 | by: Friska Suryawinata

Review Smartphone Android: Lenovo Vibe P1m

Benchmark

Untuk menguji performa dari Lenovo Vibe P1m, kami melakukan serangkaian performace test dengan beberapa aplikasi benchmark. Bechmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, Geekbench, 3DMark, dan PCMark. Dan berikut adalah hasil benchmark yang kami lakukan menggunakan empat jenis aplikasi tersebut.

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

antutu

Geekbench 3.3.2

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

geekbench

3DMark Ice Storm Extreme

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

3dmark

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

pcmark

Kamera

Untuk sebuah smartphone yang memiliki kamera utama beresolusi 8 megapixel, Lenovo Vibe P1m tergolong cukup baik dalam memberikan ketajaman gambar. Dalam kondisi cahaya yang cukup terang, hasil foto memberikan detil warna dan white balance yang lumayan. Menghasilkan foto macro pun juga tidak menjadi masalah pada smartphone ini karena hasilnya bisa memberikan detil yang cukup baik. Dalam kondisi gelap, kamera masih mampu memberikan kecerahan foto, tetapi memang dengan kompensasi noise reduction yang cukup tinggi terutama jika tidak menggunakan flash, sehingga hasil foto malah telihat blur.

Berikut beberapa foto yang diambil menggunakan kamera utama dari Lenovo Vibe P1m:

IMG_20160125_093706

IMG_20151219_084626

IMG_20151219_084639

IMG_20160101_082255

Baterai

Lenovo Vibe P1m memiliki besar kapasitas yang cukup luar biasa, dengan kapasitas 4000mAh (besar kapasitas sesungguhnya sebesar 3900mAh). Dengan penggunaan standar di dalam kondisi konektivitas 4G, perangkat ini diklaim mampu bertahan hingga 16 jam lamanya. Ketika digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas multimedia, dari browsing standar hingga memutar video, Lenovo P1m mampu bertahan hingga 10 jam lamanya. Hal lain yang menjadi keunggulan perangkat ini adalah fitur OTG-nya yang mampu mengubah smartphone ini menjadi “power bank” dadakan untuk mengisi ulang perangkat lainnya. Untuk bisa menghemat baterai lebih lama, Lenovo P1m juga disematkan fitur Energy Saving yang tinggal diaktifkan melalui tombol samping pada smartphone, guna memberikan waktu hidup smartphone menjadi jauh lebih lama.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES