in: Storage Devices | February 26, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review USB Flash Drive: Kingston DataTraveler 2000 32GB

USB flash drive bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat penyimpanan yang paling praktis. Desainnya yang hampir rata-rata berukuran cukup mini serta mulai tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas yang besar, membuat para penggunanya selalu memanfaatkan perangkat penyimpanan portabel tersebut sebagai media penyimpanan sementara. Bahkan beberapa pengguna di antaranya memanfaatkan USB flash drive sebagai media penyimpanan beragam data sensitif atau sangat penting yang tidak boleh diketahui oleh siapapun.

IMG_0270

Untuk memenuhi kebutuhan di atas, beberapa produsen USB flash drive terkemuka di antaranya sudah menghadirkan media penyimpanan mungil tersebut dengan beragam model serta sistem keamanan. Dan beberapa di antaranya menggunakan sistem keamanan terenkripsi berbasis software dengan menggunakan software.

Kingston yang merupakan salah satu perusahaan terkemuka sebagai penyedia modul memory dan beragam storage berbasis NAND flash, kali ini mencoba menawarkan sebuah perangkat media penyimpanan USB flash drive terbaru bernama Kingston DataTraveler 2000. Perangkat penyimpanan berkapasitas 32GB yang mampir ke JagatReview ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas di antaranya 16GB dan 32GB.

Keunggulan dari Kingston DataTraveler 2000 ini terletak dari fitur keamanan paling tinggi karena mengusung sistem enkpripsi AES 256-bit berbasis hardware dalam mode XTS untuk mendukung sistem keamanan menggunakan keypad alfanumerik yang telah disediakan. Sehingga penggunaan PIN sebagai password USB flash drive disimpan di dalam flash drive, bukan pada sistem.

IMG_0245

Mengenai desain yang diusungnya, Kingston DataTraveler 2000 dirancang menggunakan bahan yang terpilih dan tentunya solid karena menggunakan bahan metal, baik body maupun penutupnya. Sebagai USB flash drive yang memiliki tingkat keamanan tinggi, Kingston DataTraveler 2000 ternyata mengusung rancangan yang tangguh dan sudah mengantongi sertifikasi IP57 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Pada bagian dasar dekat logo bertuliskan “32GB”, terdapat karet seal untuk merekatkan penutupnya dengan sangat kuat dan tidak mudah lepas.

Soal performa, Kingston DataTraveler 2000 dilengkapi dengan interface USB 3.1 Gen 1 (USB 3.0). Pihak Kingston pun mengklaim bahwa media penyimpanan terbaru miliknya ini mampu menawarkan kecepatan Read/Write mencapai 135/40 MB/s. Ingin tahu lebih jauh soal performa yang ditampilkan Kingston DataTraveler 2000 berkapasitas 32GB ini? Sebelum kita membahas segmen tersebut, terlebih dahulu kami sajikan pake penjualan dari USB flash drive ini.

Paket Penjualan & Fitur Keamanan

IMG_0266

IMG_0264

Kingston DataTraveler 2000 32GB tersaji dengan paket penjualan yang tergolong sangat sederhana. Namun jika dilihat dari kemasannya, Anda akan memperoleh beragam informasi penting seputar USB flash drive ini. Di bagian depannya, Anda akan mendapatkan informasi seputar produk yang dilengkapi dengan interface USB 3.1 Gen 1 (USB 3.0) serta garansi selama 3 tahun. Sedangkan di bagian belakang, Anda akan memperoleh petunjuk seputar cara penggunaan dari USB flash drive ini, terutama untuk mengaktifkan perangkat dengan mamasukan beberapa PIN.

IMG_0258

Dengan mengusung sistem keamanan enkripsi AES 256-bit berbasis hardware yang dipadu dengan XTS mode, Kingston DataTraveler 2000 memiliki beberapa mode penggunaan dengan mengaktifkan beberapa PIN. USB flash drive sebenarnya sudah dilengkapi dengan password PIN bawaan pabrik yang disediakan dan dapat dilihat di bagian belakang. Namun jika Anda ingin mengganti password PIN, ada beberapa langkah harus diikuti. Untuk melakukan pengubahan password PIN Anda dapat melakukannya dalam keadaan USB tidak terhubung. Karena Kingston DataTraveler 2000 sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40mAh.

Sebelum mengubah password PIN yang diinginkan, ada beberapa syarat password PIN yang tidak dapat digunakan. Beberapa password PIN yang tidak dapat digunakan di antaranya seperti penggunaan angka berulang seperti (1-1-1-1-1-1-1) atau angka berturut, misalnya (1-2-3-4-5-6-7), (7-8-9-0-1-2-3-4) dan (7-6-5-4-3-2-1). Minimal password PIN yang wajib digunakan sebanyak 7 digit dan maksimal 15 digit. Selain itu perhatikan juga tiga lampu LED yang disediakan sebagai indikatornya.

IMG_0291

 

Untuk mengubah password PIN yang diinginkan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Tekan sekali tombol berlogo kunci
  • Masukan PIN (bawaan pabrik)
  • Lalu tekan tombol berlogo kunci
  • Setelah LED indikator berwarna hijau menyala, tekan tombol kunci dua kali
  • Dalam waktu 10 detik, masukan password PIN baru yang Anda inginkan (Pastikan LED berwarna biru di bawah tombol kunci sedang menyala)
  • Lalu tekan lagi tombol berlogo kunci dua kali
  • Masukan kembali password PIN baru yang sudah Anda tentukan
  • Lalu tekan lagi tombol berlogo kunci dua kali

Setelah mengubah password PIN baru, perlu kami ingatkan agar sebaiknya password PIN dicatat agar tidak lupa. Karena jika terjadi lupa password PIN atau ada yang sengaja mencoba memasukkan password PIN dengan kegagalan sebanyak 10 kali, sistem keamanannya akan secara otomatis reset dan balik lagi menggunakan password PIN bawaan pabrik dan USB flash drive pun akan meminta proses format.

Anda juga bisa menggunakan fitur mode lainnya, seperti Read-Only dan TimeOut Lock. Untuk mengaktifkan mode Read-Only, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Unlock DT2000 dengan memasukkan password PIN
  • Tekan tombol berlogo kunci sebanyak tiga kali
  • Masukan kode angka 76
  • Lalu tekan tombol berlogo kunci satu kali

Untuk menon-aktifkan mode Read-Only, caranya sama seperti pada saat Anda ingin mengaktifkan mode Read-Only. Namun kode angka yang harus dimasukkan adalah 79.

Sedangkan mengenai mode TimeOut Lock, mode ini dapat difungsikan untuk memberikan kenyamanan penggunanya pada saat meninggalkan komputer sejenak. Mode ini akan mengunci atau menutup akses secara otomatis USB flash drive Kingston DataTraveler 2000. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkahnya berikut ini:

  • Unlock DT2000 dengna memasukkan password PIN
  • Tekan tombol berlogo kunci sebanyak tiga kali
  • Dalam waktu 10 detik, masukkan kode angka 85
  • Lalu tekan tombol berlogo kunci sekali
  • Dalam waktu 10 detik, tentu waktu otomatis terkunci yang diinginkan sebanyak dua digit “00=0 menit” “01=1 menit” “99=99 menit”
  • Kemudian tekan tombol berlogo kunci satu kali

Itulah beberapa mode fitur keamanan yang cukup menarik dari Kingston DataTraveler 2000 ini. Kini tiba saatnya kita beralih ke bagian performa yang dimiliki oleh USB flash drive yang telah dilengkapi dengan interface USB 3.1 ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES