in: News | February 11, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Batal Jadi Pemasok Chip A10 untuk iPhone 7

apple-iphone-6s-3d-touch

 

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir selalu bertarung di pengadilan, Apple sebenarnya masih bergantung pada Samsung dalam menghadirkan prosesor untuk iPhone. Diketahui bahwa Samsung merupakan pemasok chip prosesor Apple, mulai dari iPhone generasi pertama hingga iPhone 6 dan 6S Plus.

Namun kali ini, Samsung tampaknya tidak akan menjadi pemasok chip prosesor untuk iPhone generasi yang rencananya akan diperkenalkan tahun ini, yaitu iPhone 7 dan 7S. Pihak Apple dilaporkan sudah menentukan pilihannya dengan memilih manufaktur lain dalam menyediakan chip prosesor A10 yang merupakan chip terbaru dari Apple.

Adalah TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Co) yang dipilih oleh Apple untuk memproduksi chip A10 untuk digunakan pada iPhone 7 dan iPhone 7S. Chip A10 dilaporkan menggunakan proses fabrikasi 10nm yang diklaim memiliki kinerja yang lebih powerful dari generasi sebelumnya. Untuk masalah daya yang dikonsuminya dilaporkan jauh lebih hemat.

Perihal alasan Apple lebih memilih TSMC ketimbang Samsung dalam memproduksi chip A10 dikarenakan chip A9 yang terpasang pada iPhone sebelumnya, dimana pihak Apple menemukan perbedaan yang signifikan antara chip A9 buatan Samsung dan TSMC. Chip A9 buatan TSMC mengusung proses fabrikasi 16nm, sedangkan Samsung mengusung proses fabrikasi 14nm.

Setelah iPhone 6S dan 6S Plus hadir, Apple menemukan perbedaan yang besar, dimana iPhone 6S yang menggunakan chip A9 buatan TSMC mampu mendukung ketahanan baterai yang jauh lebih baik ketimbang iPhone 6S yang menggunakan chip A9 buatan Samsung.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES