in: Storage Devices | February 26, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Tes Perbandingan SSD 120 – 128GB

Kembali kami mempersembahkan tes perbandingan SSD (Solid State Drive) yang sebelumnya sempat kami lakukan pada 2013 silam.Seiring waktu, perkembangan yang terjadi pada media penyimpanan berbasis NAND ini mulai menawarkan beragam produk dengan mengusung teknologi terbaru.Tidak hanya itu, beberapa produsen SSD pun mulai berlomba-lomba menghadirkan SSD dengan beragam harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami mencoba kembali melakukan sejumlah perbandingan terhadap SSD dengan kapasitas 120 – 128 GB yang ada di pasaran.

Aufmaker

 

 

Seperti kita ketahui saat ini, SSD berkapasitas 120 – 128 GB mulai ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan beberapa tahun lalu. Bagi para pengguna yang ingin meningkatkan performa pada sistem PC mereka, baik laptop maupun PC desktop, pilihan SSD berkapasitas 120 – 128 GB tergolong sudah cukup untuk digunakan. Tentunya dengan menggunakan sebuah SSD, kinerja pada sebuah sistem akan jauh lebih tinggi dibandingkan menggunakan HDD (Hard Disk Drive).

Pada tes perbandingan kali ini, kami berhasil mengundang 17 SSD berkapasitas 120 – 128 GB dari beberapa produsen yang siap untuk berlaga. Dari 17 SSD yang datang memiliki spesifikasi yang bervariasi. Mulai dari penggunaan NAND flash tipe MLC dan TLC, serta beragam penggunaan kontroler yang digunakan. Para peserta SSD yang bertarung pada tes perbandingan ini pun juga sudah cukup dikenal oleh kalangan PC enthusiast, terutama di pasar SSD saat ini. Sayangnya dikarenakan keterbatasan waktu lagi, kami pun tidak sempat mengundang beberapa merek lainnya untuk berlaga dalam tes perbandingan kali ini.

Sudah penasaran siapakah para peserta SSD yang akan tampil berlaga pada artikel tes perbandingan SSD 120 – 128 GB kami kali ini? Lalu, siapakah di antara mereka yang mampu tampil paling baik? Sebelum kita membahasnya lebih jauh ke segmen tersebut, kami akan sajikan terlebih dahulu platform pengujian yang digunakan untuk melakukan sejumlah pengujian pada tes perbandingan kali ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Skylake Core i5 6600K 3.50GHz

Intel-Core-i5-6600K-Package

 

  • Motherboard Gigabyte GA-Z170-HD3

GA-Z170-HD3

  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 8GB

Kingston HyperX Fury DDR4

  • SSD Intel NVMe 750 series

Intel NVMe 750 series

  • Power Supply Corsair AX850

corsair-ax850

  • Sistem Operasi Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: