in: Graphics Card | February 18, 2016 | by: Luthfi Fuardi

Test Perbandingan 13 VGA NVIDIA GeForce GTX 950

Konsumsi Daya

Metode pengujian: Pengukuran konsumsi daya dilakukan dengan menggunakan alat “wattmeter”. Pengukuran konsumsi daya pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat daya tertinggi yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat konsumsi daya setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan_Power_Load_F

Tes_Perbandingan_Power_Idle_F

Untuk konsumsi daya, apakah hal ini sejalan dengan performanya? Ya, perumpamaan itu terjadi pada Zotac GTX 950 aMP! Edition. Performanya kencang dari Zotac GTX 950 aMP! Edition harus dibayar dengan konsumsi daya yang tinggi, mencapai 196 Watt. Di posisi kedua tertinggi diduduki oleh Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dengan mengkonsumsi daya listrik sebesar 174 Watt saat full-load. Peringkat ketiga tertinggi pada pengujian ini diduduki oleh graphic card Gigabyte GTX 950 WindForce. Hasil ini cukup mengejutkan mengingat graphic card yang terakhir ini memiliki base clock dan Turbo boost clock yang tak setinggi dua graphic card di atasnya.

Pada saat idle, konsumsi daya peserta test perbandingan kali ini cukup bervariasi, berada di rentang 35-48 Watt. Ada dua graphic card yang cukup menonjol pada kondisi idle ini. Graphic card tersebut adalah Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dan Zotac GTX 950 OC yang memiliki idle tertinggi dalam pengujian ini dengan 48 watt. Sedangkan Colorful iGame950-205 Ymir-U menjadi yang terendah konsumsi daya saat idle, di angka 35 Watt.

Suhu Operasi

Metode pengujian: Pengukuran temperatur graphics card dilakukan dengan menggunakan aplikasi GPU-Z. Pengukuran temperatur pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat temperatur tertinggi yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat temperatur terendah setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows. Pengukuran dilakukan dengan suhu ruangan berkisar 26-27 °C.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan__GTX950_Suhu_Max_F

Tes_Perbandingan__GTX950_Suhu_Idle_F

Untuk urusan suhu kerja, Gigabyte berhasil mendominasi pengujian ini. Di saat Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming dengan sistem pendinign WindForce-nya mampu mengungguli pesaing-pesaingnya dengan mencatatkan suhu kerja maksimal saat full-load di angka 60 °C, Gigabyte GTX 950 OC dan Gigabyte GTX 950 WindForce mampu unggul dalam kondisi idle. Sedangkan untuk suhu kerja maksimal saat full-load di raih dua graphic card, yaitu MSI GTX 950 2GD5T dan Digital Alliance GTX 950 StormX Dual. Dari grafik ini juga kita bisa buktikan jika graphic card yang hanya menggunakan sistem pendingin dengan heatsink alumunium sederhana tanpa heatpipe akan mendapatkan suhu kerja maksimal yang tinggi meskipun base clock-nya bukanlah yang tertinggi.

Tingkat Kebisingan

Metode pengujian: Pengukuran tingkat kebisingan graphics card dilakukan dengan menggunakan db Meter yang diletakan 30 cm dari sebelah kanan casing. Pengukuran ini diukur pada kondisi full-load dilakukan dengan mencatat suara yang didapatkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk kondisi idle, kami mencatat suara terendeh yang dihasilkan sistem pengujian setelah kami biarkan sistem tidak melakukan aktivitas apapun selama 15 menit dengan kondisi layar menampilkan desktop Windows. Pengukuran dilakukan di ruangan dengan kondisi suara  32-33 db.

(*) Semakin rendah angka yang didapatkan semakin baik.

Tes_Perbandingan__GTX950_Sound_Max_F

Tes_Perbandingan__GTX950_Sound_Idle_F

Untuk urusan tingkat kebisingan yang dihasilkan,  MSI GTX 950 2GD5T dengan sistem pendingin Armor X2 yang disandingkan dengan kipas Propeller Blade menjadi yang terbising saat graphic card dalam keadaan full-load. Memang graphic card ini mampu menjaga tingkat kebisingannya di angka 34,9 db saat idle, namun saat dalam kondisi full-load, putaran kipas dengan Propeller Blade tersebut menghadirkan suaranya yang cukup kencang. Sedangkan graphic card paling hening di antara ke-13 peserta adalah Zotac GTX 950 OC.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES