in: Graphics Card | February 18, 2016 | by: Luthfi Fuardi

Test Perbandingan 13 VGA NVIDIA GeForce GTX 950

Pertarungan yang memperebutkan gelar sebagai graphic card berbasis NVIDIA GeForce GTX 950 terbaik yang diikuti 13 peserta dari berbagai produsen belangsung begitu ketat dan menegangkan. Menariknya, sejumlah produsen melengkapi GeForce GTX 950 mereka dengan spesifikasi clock sangat tinggi dan sistem pendingin mumpuni sehingga menempatkan produk mereka di barisan paling depan dari segi performa. Yak! Salah satu fokus dari pengujian yang kami lakukan ini adalah mencari siapa yang berhak menyandang gelar sebagai penampil performa terbaik. Tentu saja banyak faktor lain yang juga diperhitungkan di tes ini.

geforce-gtx-950-3qtr-500x290

Secara keseluruhan, ke-13 peserta yang hadir mampu menyajikan performa GeForce GTX 950 sepenuhnya. Game-game AAA keluaran teranyar seperti Grand Thief Auto V, Assassin Creed Unity dan The Witcher 3 mampu dilibas dengan baik dan dapat dimainkan dengan frame per detik yang nyaman dalam resolusi Full-HD. Menariknya lagi, konsumsi daya dari seluruh card GeForce GTX 950 dalam suatu sistem tidak ada yang melebihi angka 200 Watt. Angka tertinggi yang kami catat pada pengujian konsumsi daya adalah 196 Watt saja untuk sistem secara keseluruhan. Bahkan tingkat kebisingan maksimal yang dihasilkan tak lebih dari 39 db. Angka tertinggi yang tercatat oleh kami adalah 38,7 db.

Setelah melalui serangkaian seleksi ketat kepada sembilan peserta tes perbandingan GeForce GTX 950 akhirnya kami mendapatkan graphics card yang memiliki performa terbaik, produk terbaik, dan juga produk terbaik dengan harga terbaik. Dan inilah hasilnya.

1

2

3

4f

 

5

6

7

Best Performer:

Zotac GX 950 aMP! Edition dan Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming


Performer---Zotac-GTX-950-AMP!

Performer---Gigabyte-GTX-950-Xtreme-Gaming

Best Performer, penghargaan ini kami berikan khusus kepada graphics card dengan performa terbaik, tanpa memperhatikan faktor lain. Kami mendapatkan dua finalis graphics card dengan performa mirip satu sama lain. Kedua graphics card tersebut adalah Zotac GX 950 aMP! Edition dan Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming. Dapat dilihat di tabel hasil pengujian, keduanya konsisten saling bersaing menampilkan performa tinggi di sepanjang pengujian yang kami lakukan. Menariknya, meski performanya keduanya tinggi, sistem pendinginnya mampu menjaga suhu kerja graphic card ini tetap rendah dan tanpa menghasilkan tingkat kebisingan yang tinggi. Jadi, berkat semua keunggulannya tersebut, keduanya berhak mendapatkan gelar Best Performer pada test perbandingan ini.

Best Product:

ASUS Strix GTX 950 OC, Colorful iGame950-205 Ymir-U, Galax GTX 950 EXOC, Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming, MSI GTX 950 GAMING 2G dan Zotac GTX 950 aMP! Edition

Best Product, penghargaan ini diberikan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yang ada, seperti performa yang didapatkan ditambah dengan penilaian temperatur yang akan menguji kualitas sistem pendingin yang digunakan. Penilaian konsumsi daya juga kami lakukan dengan cara menilai seberapa efisien graphics card dapat bekerja, dan juga penilaian paket penjualan yang akan menilai seberapa baikkah para peserta pengujian ini memanjakan para penggunanya dengan memberikan ekstra perlengkapan atau bonus tambahan. Karena tidak menyertakan variabel harga, penghargaan Best Product ini memang ditujukan sebagai acuan produk terbaik tanpa mempertimbangkan harganya.

Menariknya, predikat Best Performer di test perbandingan kita kali ini diisi tak hanya satu atau dua produk. Tak tanggung-tanggung, predikat ini di isi oleh enam produk. Mari kami jelaskan satu-persatu mengapa ke-enam produk mendapatkan predikit Best Product.

ASUS Strix GTX 950 OC

Product---Asus-GTX-950-STRIXMasuk dalam keluarga Strix, GeForce GTX 950 besutan ASUS ini hadir dengan sistem pendingin DirectCU II yang terkenal dapat bekerja dengan hening. Menariknya, sistem pendingin DirectCu II yang disematkan pada graphi card ini berukuran tak terlalu besar namun tetap mampu menawarkan suhu kerja yang efisien, sehingga sengat memungkinkan bagi Anda yang berencana membangun PC berukuran mini dengan graphic card ini.

Colorful iGame950-205 Ymir-U

Product---Colorful-iGAME-950-YMIR-U

Brand yang satu ini mungkin sedikit asing bagi sebagian Anda. Namun, ternyata GeForce GTX 950 besutan Colorful ini mampu tampil baik di segala aspeknya. Performanya dalam menangani game-game AAA pada resolusi Full-HD dapat di andalkan dan sistem pendinginnya dapat bekerja dengan baik membuang panas. Tawaran paling menarik dari produk besutan Colorful adanya tombol Turbo terintegrasi yang tertanam di dekat konektor video. Hadirnya tombol ini mempermudah para calon penggunanya meningkatkan dan menurunkan performa graphic card ini sesuai kebutuhan kerja Anda. Posisinya yang berada di belakang, di dekat konektor video membuat tombol ini mudah di jangkau.

Galax GTX 950 EXOC

Product---GALAX-GTX-950-EXOC

Graphic card ini tampil dengan desain sistem pendingin yang paliang menarik di antara peserta lainnya. Menariknya, desain ini bukanlah hiasan semata, sistem pendingin ini mampu menangani suhu graphic card ini dengan baik tanpa membuat Anda terganggu dengan suara yang dihasilkan putaran kipas. Galax juga akan memanjakan Anda dengan kelengkapan paket penjualan, setidaknya akan mempermudah Anda saat memasangkan graphic card ini ke sistem Anda.

Gigabyte GTX 950 Xtreme GamingProduct---Gigabyte-GTX-950-Extreme-Gaming

Tak hanya menyabet gelar Best Performer berkat performa yang sangat mengesankan, wakil Gigabyte dari Xtreme Gaming Series dengan sistem pendingin WindForce ini mampu menghadirkan suhu kerja yang sangat dingin. Kami mencatat suhu kerjanya tetap berada di 60°C di saat GPU berjalan hingga 1430 MHz. Sayangnya, performa pendinginan yang cukup impresif ini membuat ukurannya membesar.

MSI GTX 950 GAMING 2G

Product---MSI-GTX-950-Gaming-2G

Jika Anda mencari GTX 950 yang sedap dipandang, MSI GTX 950 GAMING 2G salah satu pilihannya. Heatsink besar yang dilengkapi dua kipas yang senyap membuat tampilan graphic card ini makin sempurna. Panjangnya yang mencapai 27cm akan sangat pantas dipasangkan pada sistem Anda yang menggunakan casing besar. Performa yang dihadirkan pun pantas Anda lirik, ukuran besarnya pun bukan tanpa alasan, demi menyematkan sistem pendingin TwinFrozr V berperforma tinggi.

Zotac GTX 950 aMP! EditionProduct---Zotac-GTX-950-AMP!

Tak hanya tampil sebagai salah satu graphic card berbasis GTX 950 terkencang pada test perbandingan kali ini, Zotac GTX 950 aMP! Edition mampu juga salah satu graphic card yang menyabet predikat Best Product. Predikit tersebut berhasil disabet graphic card ini karena secara keseluruhan, Zotac GTX 950 aMP! Edition mampu memiliki semua hal yang diidam-idamkan para pengguna. Performa tinggi, kinerja sistem pendingin dapat menghasilkan suhu kerja yang rendah dengan tingkat kebisingan yang dihasilkan juga masih bisa di toleransi. Dan yang patut diapresiasi adalah, performa pendinginan yang cukup impresif ini tak mengganggu ergonominya.

Best Value:

Digital Alliance GTX 950 StormX dan Zotac GTX 950 OC

Value---ZOTAC-GTX-950-OC

Value---DA-GTX-950-STORM-X

Predikat Best Value tak kami berikan pada produk yang tak hanya murah tetapi juga bisa menawarkan harga terbaik untuk semua yang ditawarkan dalam paket penjualannya dan tentunya performanya. Nilai keseluruhan dari setiap produk kami bandingkan dengan harga yang ditawarkan di pasaran. Dan, penghargaan Best Value ternyata mampu disabet oleh dua peserta test perbandingan ini, yaitu Digital Alliance GTX 950 StormX dan Zotac GTX 950 OC. Kedua GeForce GTX 950 tersebut berhasil menawarkan produk dengan harga sangat kompetitif dengan overall package yang menarik dan performa yang cukup mumpuni.

Penutup

Akhirnya kita sampai di penghujung artike test perbandingan GeForce GTX 950 ini dengan berhasil menobatkan beberapa graphic card dengan predikat Best Performer, Best Product dan Best Value GTX 950. Namun satu hal yang perlu kami ingatkan dan tekankan, pilihan tetap ada di tangan Anda semua. Kami memang telah menentukan pemenang dengan melihat berbagai aspek, namun penilaian pribadi Anda tetap harus dikedepan demi kepuasan Anda. Jadi, gunakanlah artikel ini dan produk-produk yang mendapatkan penghargaan hanya sebagai referensi Anda. Baca secara seksama penjelasan kami pada setiap produknya agar tau produk yang seperti apa yang tepat untuk Anda. We review, you decide!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES