in: Graphics Card | February 18, 2016 | by: Luthfi Fuardi

Test Perbandingan 13 VGA NVIDIA GeForce GTX 950

ClrFul_GTX950_iGame_Box1

ClrFul_GTX950_iGame_Box2

Mungkin dari sebagian dari Anda masih asing mendengar nama brand Colorful. Ya, pabrikan asal negeri Tiongkok ini adalah pemain baru di pasar Indonesia. Walaupun demikian brand ini cukup terkenal di negara asalnya sana dan telah cukup lama memproduksi graphic card baik yang berbasis NVIDIA maupun yang berbasis AMD. Untuk test perbandingan GTX 950 kali ini, Colorful mengirimkan perwakilannya, Colorful iGame950-205 Ymir-U yang merupakan satu-satunya varian GTX 950 dari Colorful yang tersedia di pasar Indonesia. Menariknya ini adalah varian GTX 950 tertinggi yang dimiliki Colorful.

ClrFul_GTX950_iGame_Body1 ClrFul_GTX950_iGame_Body2

Colorful iGame950-205 Ymir-U hadir dengan sisitem pendingin andalan mereka dengan desain dual slot cooler. Graphic card ini memang terlihat besar, namun pada kenyataanya panjangnya hanya berada di angka 20 cm, Tampilannya yang terlihat besar lebih disebabkan oleh desain sistem pendinginnya yang dilengkapi dengan frame plastik bertema hitam merah yang cukup tebal. Panjangnya yang berada di angka 20 cm memungkinkan Anda memasangkan graphic card ini dalam casing mini-ITX yang biasanya memiliki ruang yang sempit.

ClrFul_GTX950_iGame_BodyBack ClrFul_GTX950_iGame_BodyBack2

Beralih ke bagian belakang, Anda akan menemukan backplate yang memiliki tema warna yang sama dengan frame heatsink di bagian depan. Bedanya, backplate ini terbuat dari logam sehingga tak hanya diklaim mampu menghantarkan panas lebih baik, backplate ini juga dapat mencega kebengkokan pada graphic card ini.
ClrFul_GTX950_iGame_Bodyback3

ClrFul_GTX950_iGame_Heatpipe

Graphic card ini hadir dengan sistem pendingin yang dilengkapi dengan sebuah heatpipe besar. Ya, hanya sebuah atau satu, namun ukurannya cukup besar untuk bisa mengalokasikan panas dengan baik dan benar. Sedangkan untuk membantu heatsink melepaskan panasnya, graphic card ini mengandalkan dua fan berukuran 8 mm yang sangat bisa diandalkan

ClrFul_GTX950_iGame_Output

Serupa dengan ASUS, Colorful juga tak menggunakan konfigurasi konektor display reference dari NVIDIA.Terdapat konektor display dalam bentuk DVI-I, DVI-D, HDMI 2.0 dan sebuah Display Port pada graphic card ini. Menariknya, Colorful menyematkan sebuah tombol Turbo di dekat konektor display ini. Tombol Turbo ini berfungsi untuk meningkatkan clock GPU secara instan. Saat tak diaktifkan saja clock GPU graphic card ini sudah tergolong tinggi berada di angka 1140 MHz, bayangkan saja sendiri saat Turbo ini diaktifkan.

ClrFul_GTX950_iGame_Power

Meski mengusung fitur Turbo, sepertinya Colorful percaya diri dengan konsumsi daya graphic card besutannya. Terbukti dengan mereka mempertahankan konektor daya PCIe 6-pin untuk mensupply daya ke graphic card ini.

ClrFul_GTX950_iGame_Kelengkapan

Untuk urusan paket penjualan, Colorful juga akan memuaskan Anda. Jika User Manual dan CD Driver sudah biasa, Anda juga akan mendapatkan adapter molex to PCIe 6-pin. Memang Anda sudah akan menemukan konektor daya PCIe 6-pin jika membeli power supply berkapasita 350-400 Watt, tapi tak ada salahnya jika menyimpan adapter ini sebagai cadangan.

Colorfull iGame950-205 Ymir-U

Tampil sebagai varian GTX 950 tertinggi dari Colorful, iGame950-205 Ymir-U ini tampil tak mengecewakan, semua aspek hampir sempurna, konsumsi daya rendah, suhu kerja rendah, tingkat kebisingan rendah dan juga performa yang tinggi membuat graphic card ini secara keseluruhan tampil sangat mengesankan di hadapan kami. Menariknya, tawaran performa tingginya tak membuatnya harganya juga melambung tinggi dan patut menjadi pertimbangan saat bingung memilih GTX 950.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES