in: News | February 19, 2016 | by: Cerira

Vaio, Toshiba dan Fujitsu Rencanakan Merger

vaio_sony_laptop_youtube_screenshot

Tiga vendor PC terkemuka, Vaio, Toshiba dan Fujitsu dikabarkan akan melakukan merger. Ketiga vendor asal negara Sakura tersebut dikabarkan tengah menggodok rencana untuk menyatukan kekuatan mereka dan menggabungkannyadalam sebuah perusahaan raksasa.

Langkah ketiga vendor PC terkemuka ini memang cukup masuk akal dilakukan mengingat pasar PC global yang terus menyusut tergerus smartphone dan tablet yang penjualannya terus menanjak. Bahkan tahun 2015 lalu pengapalan PC global mencapai titik terendah sejak krisis finansial melanda.

Vaio sendiri awalnya merupakan anak perusahaan milik Sony yang dijual pada tahun 2014. Selain tetap melanjutkan merilis laptop dengan merek sendiri, Vaio juga masuk ke pasar smartphone dan baru saja merilis smartphone pertamanya yang dijalankan dengan OS Windows 10. Vaio kini berencana menggabungkan operasional divisi PC nya dengan dua raksasa PC lainnya, Toshiba dan Fujitsu.

Menurut Hidemi Moue, chief executive officer Japan Industrial Partners Inc.,Vaio disebutkan akan menandatangani kesepatakan dengan kedua vendor tersebut pada akhir Maret nanti dan jika kesepakatan tersebut sudah selesai ketiganya akan memfokuskan pemasaran awal untuk pasar Jepang. Vaio sendiri akan memiliki saham terbesar dari merger ini dimana nantinya akan bisa membantu ketiganya dalam riset dan pengembangan serta skala produksi.

Keputusan ketiga perusahaan tersebut untuk menyatukan kekuatan mereka dalam satu perusahaan yang lebih besar dianggap Moue merupakan jalan yang baik dan bisa meminimalkan kanibalisme di industri PC. Dengan jalan ini mereka akan bisa menghemat banyak biaya operasional dan produksi, dan tentunya juga bisa meningkatkan penjualan. Dengan merger ini kemungkinan besar ketiga perusahaan ini nanti akan bisa mendominasi pasar dengan produk gabungan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES