in: News | March 7, 2016 | by: Dian Syarifuddin

500 Juta Perangkat Android Berisiko Terserang Malware Clickjacking

android-malware

Sebagian besar pengguna ponsel Android mungkin banyak yang tidak menyadari akan munculnya serangan malware yang datang ke perangkat genggamnya. Mereka seolah tidak menyadari bahwa setiap kegiatan yang dilakukannya melalui smartphone dipantau oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh informasi penting.

Seiring bertumbuhnya pengguna ponsel cerdas di seluruh dunia, para hacker tampaknya makin rajin dalam menyusun berbagai aksi serangan mereka. Bahkan menurut para peneliti sistem keamanan, para hacker selalu berupaya melakukan beragam modifikasi untuk menyebarkan malware ke berbagai perangkat.

Salah satu perusahaan bernama Skycure, belum lama ini mengungkapkan bahwa ada sekitar 500 juta lebih perangkat Android berisiko terserang malware canggih bernama “clickjacking“. Malware tersebut dirancang memiliki metode yang cukup pintar dalam menyusup smartphone Android untuk membuka jalan para hacker dalam mengakses smartphone milik si korban.

Para korban mungkin tak ada yang menduga telah terperangkap oleh malware tersebut untuk mengklik sebuah notifikasi yang muncul yang ternyata tidak memunculkan notifikasi lainnya. Tanpa diketahui, para hacker pun berhasil mengakses ponsel milik si korban yang kemungkinan mampu mencuri data-data sensitif berbasis teks, termasuk email dan SMS. Bahkan para hacker pun mampu untuk mengubah hak akses admin dari ponsel milik si korban.

Menurut pihak Skycure, ponsel Android yang memiliki risiko terserang malware clickjacking di antaranya yang masih menjalankan Android versi 2.2 hingga 4.4. Sedangkan untuk ponsel Android versi 5.0 Lollipop ke atas tidak akan terkena dampak serangan malware tersebut.

Untuk mengetahui bagaimana proses malware clickjacking menyusup, Anda bisa menyimak video di bawah ini. Skycure mempraktekkannya dengan salah satu game gratis bernama “Rick and Morty”, yang ternyata merupakan malware clickjacking yang sudah dimodifikasi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES