in: News | March 29, 2016 | by: Yufianto Gunawan

AMD Akan Hapus Dukungan Crimson untuk OS 32-bit?

Satu hal yang menarik mengiringi hadirnya driver terbaru untuk graphics card berbasis GPU AMD Radeon keluaran baru. Di situs resmi mereka, AMD ternyata tidak mengarahkan link untuk download Radeon Crimson versi 32-bit ke halaman yang seharusnya untuk graphics card berbasis GPU R9 Fury Series, R9 300 Series, dan R7 300 Series. Mereka justru mengarahkan halaman download ke suatu artikel berisi himbauan untuk beralih ke sistem operasi 64-bit!

AMD R9 Fury

Apa yang dilakukan AMD ini memancing banyak komentar, dan bahkan anggapan bahwa AMD akan menghentikan dukungan driver untuk sistem operasi 32-bit. Hal itu disebabkan karena di artikel himbauan yang dibuka dari link download driver 32-bit untuk Windows 10, Windows 8.1, dan Windows 7, AMD menyebutkan bahwa ketiga GPU tersebut didesain untuk memberikan performa terbaik di lingkungan 64-bit. Bila pengguna AMD Radeon ingin merasakan kemampuan terbaik dari graphics card mereka, AMD menyarankan sistem operasi 64-bit.

Halaman himbauan itu sendiri tidak disertai dengan link untuk membawa pengunjung ke halaman download driver 32-bit untuk Windows 10, Windows 8.1, dan Windows 7 yang sebenarnya. Namun, untuk Radeon Crimson Edition 16.3.2 kali ini, AMD tampaknya masih menyediakan versi untuk sistem operasi 32-bit. Pengunjung situs AMD bisa menggunakan link download driver 32-bit untuk graphics card desktop non-legacy, atau mengganti angka “64” ke “32” di halaman download driver 64-bit untuk mendapatkan Radeon Crimson Edition 16.3.2 32-bit.

AMD Radeon™R9 Fury, R9 300 & R7 300 Support for 32 Bit Operating Systems
Himbauan dari AMD

AMD sendiri memang belum memberikan pernyataan resmi terkait apakah mereka benar-benar akan menghentikan dukungan untuk sistem operasi 32-bit. Namun, dengan adanya himbauan tersebut, bisa jadi mereka tengah mempertimbangkan hal tersebut. Bisa jadi, rencana itu tidak akan dieksekusi dalam waktu dekat ini, hanya saja, pengguna sistem operasi 32-bit yang menggunakan graphics card berbasis GPU Radeon mungkin sudah harus bersiap untuk beralih ke sistem operasi 64-bit setelah adanya himbauan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES