in: News | March 2, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Browser Microsoft Semakin Kurang Diminati

Dua browser dari Microsoft, Internet Explorer dan Edge, ternyata makin kurang diminati oleh pengguna Internet. Walaupun masih menjadi penguasa di dunia Internet, keunggulan browser Microsoft atas pesaing terdekat mereka, Google Chrome, makin menipis dalam beberapa bulan terakhir ini. Bahkan, bila tren berlanjut, browser Microsoft bisa disalip oleh Google Chrome dalam beberapa bulan ke depan.

keyboard-9-752x501

Berdasarkan perhitungan dari Net Applications, di bulan Maret 2015 lalu, browser dari Microsoft masih menguasai 57% pasar. Pada bulan Desember 2015 lalu, angka tersebut menurun hingga di bawah 50%. Pada bulan Febuari 2016 yang baru berlalu, angka tersebut kembali menurun hingga hanya 44% saja.

Sementara untuk Google Chrome, disebutkan bahwa browser tersebut berhasil meningkatkan porsi mereka sebanyak 12% dibandingkan dengan bulan Maret 2015 lalu. Bulan Febuari 2016 kemarin, Chrome berhasil mencapai 36.6%. Selisih yang semakin tipis dengan browser Microsoft membuat pengamat memprediksi dalam beberapa bulan ke depan akan terjadi pergantian “pimpinan klasemen” di perang browser ini.

Selain Google Chrome, browser lain yang menjadi pesaing browser dari Microsoft, yaitu Mozilla Firefox dan Apple Safari, juga mendapatkan peningkatan pangsa pasar. Walaupun hanya sedikit, kedua browser tersebut mencatatkan peningkatan bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Internet Explorer dan Edge mulai beralih ke browser-browser lain untuk kebutuhan keseharian mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES