in: Desktop | March 12, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Mini PC Desktop: MSI Vortex

Memulai penampilan perdana di ajang CES (Consumer Electronics Show) 2016 pada bulan Januari lalu, produk PC desktop terbaru dari MSI akhirnya dipamerkan di hadapan kalangan media IT lokal. Kami akhirnya mendapatkan kesempatan langka untuk bertatap muka langsung dengan produk MSI Vortex di markas MSI Indonesia, baru-baru ini.

MSI Votex 01

MSI Vortex dapat dikatakan sebagai produk PC gaming desktop dan ditegaskan dengan ditempelkannya badge Gaming G Series dengan gambar naga pada sisi depan. Casing dengan bentuk silinder memang menjadi daya tarik utama dari MSI Vortex dan membuatnya memiliki keunikan dan menjadi berbeda dibandingkan produk PC desktop lainnya. Terdapat pula lampu LED pada sisi depan sehingga membuat penampilan MSI Vortex semakin “keren”. Desain MSI Vortex sendiri langsung mengingatkan kami pada produk PC desktop lain dengan bentuk casing silinder yaitu Mac Pro.

MSI Votex 05

MSI Vortex memiliki ukuran tinggi hanya sebesar 26,8 cm dengan volume 6,5 liter. Jauh lebih mungil dibandingkan PC desktop konvensional dengan ukuran dan volume berkali-kali lipat lebih besar.

MSI Votex 02

Sebuah perangkat notebook/laptop gaming (MSI GT80 TITAN) dalam posisi layar terbuka pun masih memiliki ukuran lebih besar daripada MSI Vortex.

MSI Votex 03

Pada sisi atas dapat ditemukan tiga buah lubang ventilasi tempat udara panas dibuang keluar dari dalam casing. Lampu LED juga dapat ditemukan pada sisi ini.

MSI Votex 09

MSI Vortex “dipersenjatai” sistem pendingin Storm Cooling Technology. Sistem pendingin tersebut akan menghisap udara dingin melalui lubang ventilasi udara pada sisi bawah untuk kemudian dihembuskan ke sisi atas dan dibuang melalui tiga lubang ventilasi seperti pada gambar sebelumnya. Menariknya, komponen kipas pada MSI Vortex akan berhenti berputar jika temperatur komponen masih terjaga pada batas yang telah ditentukan. Alhasil MSI Vortex dapat beroperasi dengan tingkat kebisingan begitu senyap.

MSI Votex 06

MSI Vortex diklaim memiliki tingkat kebisingan di bawah 22 dB pada kondisi idle dan di bawah 37 dB pada saat bekerja keras. Tergolong rendah dibandingkan PC desktop konvensional.

MSI Votex 04

Pada sisi belakang MSI Vortex dapat ditemukan konektivitas berupa SPDIF Out, headphone jackmicrphone jack, empat port USB 3.1 Gen 1, dua port HDMI, dua port RJ45 (Gigabit Ethernet), dua port USB 3.1 Gen 2 Type-C/Thunderbolt 3.0, dan dua port mini Display Port. Dapat pula dijumpai gambar naga merah yang menjadi ciri khas produk MSI Gaming.

MSI Votex 12

MSI Vortex mendukung penggunaan hingga enam perangkat display sekaligus berkat teknologi Matrix Display.

MSI Votex 11

Konektivitas Thunderbolt 3.0 menawarkan kemampuan transfer data hingga kecepatan 40 Gbps, dukungan perangkat display 4K, dan kemampuan melalukan pengisian daya dengan arus besar.

MSI Votex 13

MSI Vortex menawarkan teknologi Killer DoubleShot-X3 Pro yang memanfaatkan dua port RJ45 dan konektivitas Wi-Fi.

MSI Votex 15

Teknologi Nahimic Audio juga dihadirkan pada MSI Vortex.

MSI Votex 07

MSI Votex 08

MSI memang tidak main-main dalam memastikan pemilik MSI Vortex akan mendapatkan performa gming tertinggi. Pada konfigurasi paling tinggi, MSI Vortex dilengkapi prosesor Core i7 6700K dan dua graphics card GeForce GTX 980 (versi notebook). Oleh karena itu tidak aneh jika MSI Vortex dengan mudah menorehkan skor sangat tinggi pada pengujian 3DMark 11 dengan angka sekitar 21000 poin. Menariknya dengan teknologi MSI Shift, prosesor tersebut di overclock secara otomatis hingga menyentuh angka 4,5 GHz sehingga performa keseluruhan sistem akan meningkat.

MSI Vortex juga tersedia dalam pilihan Core i7 6700 dan i5 6600K untuk prosesor dan GeForce GTX 960 SLI untuk graphics card. MSI Vortex mendukung kapasitas memori/RAM mencapai 64 GB dan penggunaan storage PCIe NVMe SSD pada konfigurasi Super RAID 4.

MSI Votex 10

Komponen power supply 450 Watt dengan sertifikasi 80 Plus Gold menjadi andalan MSI Vortex sebagai unit catu daya utama untuk keseluruhan komponen di dalamnya. Kami memang cukup terkejut mengetahui sebuah power supply 450 Watt siap menyuplai daya untuk dua buah GeForce GTX 980 dan Core i7 6700K yang siap di overclock ke 4,5 GHz.

MSI Votex 16

Untuk saat ini memang belum diketahui kapan MSI Vortex akan menginjak pasaran terutama pasar lokal. MSI Vortex dipekirakan akan memiliki harga sedikit di bawah MSI GT80 TITAN dengan spesifikasi serupa walaupun belum diketahui berapakah angka pastinya.

MSI Votex 17

Apakah Anda sudah tidak sabar menantikan hadirnya MSI Vortex atau Anda telah memiliki ancang-ancang untuk memilikinya?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES