in: Networking | March 11, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Router NetGear Nighthawk X6 (R8000)

Serbuan perangkat wireless router berkemampuan tinggi ke kantor Jagat Review terus berlanjut! Beberapa waktu lalu, kami sudah sempat menguji router tri-band dari beberapa produsen ternama. Kali ini, NetGear, salah satu perusahaan terkemuka di bidang perangkat jaringan, turut mengirimkan router andalan mereka untuk segmen tri-band ke kantor kami, yaitu NetGear Nighthawk X6, atau yang juga disebut dengan kode R8000.

NetGear Nighthawk X6 - 01

Router Nighthawk X6 ini merupakan router perdana NetGear yang dilengkapi dengan tri-band, 1x 2.4 GHz dan 2x 5 GHz. Tidak heran, NetGear memposisikan produk ini sebagai produk teratas di jajaran wireless router mereka hingga saat ini, bersama dengan adiknya, R8500. Penasaran dengan hal apa saja yang ditawarkan oleh router tersebut? Kami akan coba mengulasnya di artikel ini!

Paket Penjualan

NetGear Nighthawk X6 - 02

NetGear Nighthawk X6 ini hadir di kantor Jagat Review dengan disertai paket penjualan lengkapnya yang dikemas dalam boks berwarna hitam dengan corak kuning. Boks tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, layaknya boks dari router kelas atas dari berbagai produsen perangkat jaringan saat ini. Di dalam boks tersebut, selain unit router R8000 ini, terdapat juga perlengkapan pendukung penggunaan router, yaitu:

NetGear Nighthawk X6 - 03

  • Adapter daya
    NetGear Nighthawk X6 - 04
  • Kabel Power
    NetGear Nighthawk X6 - 05
  • Kabel Ethernet
    NetGear Nighthawk X6 - 06
  • Paket Quick Start Guide & Manual
  • Support CD
    NetGear Nighthawk X6 - 07

Bagi sebuah router kelas atas, paket penjualan dari Nighthawk X6 ini bisa dikatakan sangat minim. Memang, dengan perlengkapan tersebut pengguna sudah bisa menggunakan router ini dengan baik. Hanya saja, sebagai sebuah produk kelas atas, alangkah baiknya NetGear melengkapi paket penjualan router ini dengan perlengkapan yang lebih, misalnya dengan menyediakan mounting kit untuk pemasangan router di dinding, yang memang didukung oleh desain bodi dari router ini.

NetGear Nighthawk X6

NetGear Nighthawk X6 - 09

Sekujur bodi dari router Nighthawk X6 ini dibalur dengan warna hitam pekat, dengan desain unik yang membuat ukuran keseluruhan dari router ini terlihat cukup ringkas walaupun sebenarnya memiliki ukuran yang besar. Berdasarkan informasi dari NetGear, router ini memiliki dimensi 295.5 x 226.8 x 54.5 mm. Ukuran besar tersebut tampaknya dimaksudkan untuk mengakomodasi komponen-komponen penunjang kemampuan tinggi dari router ini.

NetGear Nighthawk X6 - 10

 

NetGear melengkapi router ini dengan 6 buah antena yang tidak bisa dilepas dari bodi router. Keenam antena tersebut diletakkan di sisi atas router, dan bisa dilipat sehingga terlihat menyatu ke bodi router ini. Pengguna masih bisa mengatur arah dari keenam antena tersebut walaupun opsi pergerakannya cukup terbatas.

NetGear Nighthawk X6 - 11

Nighthawk X6 ini didesain untuk mengakomodasi data rate maksimal hingga 3200 Mbps, yang didapatkan dari kombinasi 3 band WiFi yang dimilikinya. Satu band 2.4 GHz yang ada di router ini mendukung data rate hingga 600 Mbps, sementara dua band 5 GHz mendukung data rate masing-masing hingga 1300 Mbps. Konfigurasi seperti ini memang cukup umum dijumpai di produk router tri-band saat ini.

Berbagai port koneksi dari router Nighthawk X6 ini ditempatkan di sisi belakang dari router. Port koneksi yang tersedia adalah:

NetGear Nighthawk X6 - 12

 

  • 1 Gigabit Ethernet untuk WAN
  • 4 Gigabit Ethernet untuk LAN
  • 1 USB 2.0
  • 1 USB 3.0
  • 1 port DC In
NetGear Nighthawk X6 - 13
Switch on/off untuk LED

Selain port koneksi, di bagian belakang router ini juga terdapat switch power on/off, switch LED on/off, serta tombol reset. NetGear tidak memberikan penunjuk lokasi dari port maupun switch/tombol yang ada di bagian belakang tersebut, sehingga pengguna yang menempatkan router ini di tempat yang agak sulit dijangkau mungkin akan sedikit kesulitan memasang kabel Ethernet atau perangkat berbasis USB ke router ini. Sementara untuk switch/tombol, ketiga switch/tombol yang ada di bagian belakang bisa dikatakan cukup jarang diakses pengguna, sehingga tidak akan terlalu bermasalah bila diletakkan di tempat tersebut.

Terdapat dua tombol pendukung operasional lain di router ini, yaitu tombol WPS dan WiFi on/off. Kedua tombol tersebut diletakkan di dekat deretan lampu indikator router ini, yang terletak di deret tengah bagian atas perangkat. Penempatan kedua tombol tersebut memudahan pengguna mengaksesnya. Sementara untuk lampu indikator, terdapat indikator untuk:

NetGear Nighthawk X6 - 15
Deretan lampu indikator di Nighthawk X6

 

  • Power
  • Internet
  • WiFi 2.4 GHz
  • WiFi 5 GHz #1
  • WiFi 5 GHz #2
  • USB 3.0
  • USB 2.0
  • Ethernet 1 ~ 4
NetGear Nighthawk X6 - 14
Tombol WiFi on/off dan WPS

Tombol WPS dan WiFi on/off juga berfungsi sebagai lampu indikator untuk kedua fungsi dari tombol tersebut. Bila fungsi WPS aktif, tombol tersebut akan berkedip. Sementara, untuk tombol WiFi on/off, lampu di tombol tersebut akan mengikuti aktif atau tidaknya WiFi dari router ini.

NetGear Nighthawk X6 - 16

Router yang juga dikenal sebagai R8000 ini mampu mengakomodasi dua posisi pemasangan, yaitu di meja atau di dinding. Satu hal unik dari router ini, bila kebanyakan router yang ada di pasaran ditempatkan dengan port koneksi berada di atas ketika dipasang di dinding, NetGear justru menempatkan router ini di posisi sebaliknya. Alhasil, port koneksi dari router ini akan berada di bawah dan seluruh tulisan yang ada di bagian atas dari router ini akan berada di posisi terbalik. Posisi ini akan memudahkan pengguna ketika ingin memasang kabel atau perangkat berbasis USB ke router, tetapi pengguna akan lebih sulit mendapatkan kesan rapi dari kabel-kabel yang terpasang ke router ini.

NetGear Nighthawk X6 - 17

Di sisi atas, bawah, dan belakang dari router Nighthawk X6 ini, NetGear menempatkan lubang ventilasi yang membantu pertukaran udara di dalam router. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan suhu operasi dari router ini agar tidak terlalu tinggi. Walaupun tidak menggunakan komponen pendingin aktif, sistem pendingin dan lubang ventilasi ini terbukti cukup ampuh menahan suhu operasi dari router tidak terlampau tinggi sekalipun tengah digunakan untuk kebutuhan jaringan ruangan pengujian di kantor kami, dengan beban kerja di tiga band WiFi dan 3 dari 5 port Gigabit Ethernet yang ada.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: