in: News | March 10, 2016 | by: Fernando B. Sitorus

Mempercepat Pertumbuhan Bisnis UMKM yang Mobile, Mandiri dan Kompetitif dengan Teknologi

Perkembangan teknologi dan juga komunikasi Internet yang sangat pesat dalam beberapa tahun ini telah mengubah trend kebanyakan masyarakat di Indonesia. Perubahan secara signifikan terlihat dari berubahnya pola kerja masyarakat yang biasa bekerja di kantor, kini menjadi lebih mobile. Hanya dengan menggunakan perangkat dan software yang tepat, pekerja atau karyawan kini tidak perlu lagi berlama-lama di kantor. Perubahan ini juga terjadi pada timbulnya Usaha Mikro Kecil (UMKM) yang tentunya banyak memanfaatkan teknologi terkini. Hari ini bertempat di Jakarta untuk pertama kalinya Microsoft bekerja sama dengan pabrikan pabrikan laptop ternama di Indonesia seperti Acer, Axioo, Byon, Relion, Dell, HP, Lenovo, dan Wearness menggelar acara Device Days, Dimana  acara ini bertujuan memajukan usaha kecil lewat tekhnologi terkini tentunya dengan perangkat Mobile yang dipadukan system operasi yang handal.

mikocok

Pesatnya perkembangan sektor UMKM  juga diperkuat dengan data yang dikumpulkan Microsoft  ternyata 98% perusahaan di Asia Pasifik merupakan UMKM dan ini juga ternyata melahirkan banyak tenaga kerja, Melihat fenemona maraknya tumbuhnya UMKM di asia terutama  di Indonesia.  Microsoft selaku pabrikan sistem operasi terkemuka dunia merasa terpanggil untuk turut andil didalam perkembangan UKM yang tentunya dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk hal ini Microsoft menyediakan Sistem operasi andalan mereka Windows 10 Pro, Tapi tentunya system operasi yang canggih seperti Windows 10 Pro pun akan terasa kurang bila tidak ditanamkan di perangkat mumpuni yang tentunya sudah mempunyai kompabilitas dengan tekhnologi terkini, “kami bersama dengan teman teman OEM mencoba memberikan solusi untuk UMKM…Solusi ini harus memenuhi unsur Easy to Use, Easy to Deploy, dan mempunyai harga terjangkau…” begitu keterangan  yang diberikan Rudy Sumadi yang menjabat Small medium Business lead Microsoft Indonesia.

IMG_20160310_105534

Penempatan system operasi Windows 10 Pro diperangkat pilihan yang nantinya diharapkan dapat mendorong UKM agar dapat menggunakan perangkat canggih berbasis system operasi terkini dengan fitur melimpah, Sehingga pengguna dapat bekerja lebih efisien dan tentunya tetap mobile sekaligus juga meningkatkan produktifitas tanpa mengurangi fitur keamanan data. Memang pada faktanya keamanan di Windows Pro sangat mumpuni contohnya seperti Fitur fingerprint scanner dan facial recognition dari Windows Hello tentunya juga dapat mudah beradaptasi dengan perangkat yang kompatible. Data yang disimpan pun juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui Microsoft Cloud system One Drive, sehingga memudahkan pengguna yang kerap harus mobile dalam berbisnis.

IMG_20160310_103235
Salah Satu booth pabrikan PC Lenovo. Disini pabrikan ini memamerkan Thinkpad terbaru yaitu T460

“Penempatan Windows 10 Pro bukan tanpa alasan, Windows 10 Pro merupakan Platform yang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisinis  agar dapat mengelola usaha kecil berikut pengelolaan data di era digital saat ini yang  mengutamakan Mobile first dan Cloud first…Berbeda dengan versi Windows lainnya , Windows 10 Pro mempunyai fitur tambahan  menarik serta mempunyai perlindungan canggih dan adanya fitur fitur yang menunjang usaha atau bisnis kecil, fitur ini akan terus terupdate dari waktu ke waktu seccara otomatis melalui Windows update”  Begitu yang dikemukakan Linda Dwiyanti yang menjabat Business Group Lead Microsoft Indonesia .

IMG_20160310_122241
Produk mini PC dari Relion cukup menyita perhatian kami karena hadir dengan dua OS dan fitur remote keyboard mini

Dalam acara spesial ini juga para pabrikan OEM juga berkesempatan memamerkan produk produk pilihan yang memang di peruntukkan untuk kemudahan para usahawan dan pengelola bisnis kecil berbasis sistem operasi Windows 10, mulai dari perangkat dengan interface server sederhana yang cocok untuk UMKM, Server sederhana untuk usaha kecil ini dikeluarkan oleh pabrikan Relion, Tak hanya itu juga pabrikan ini memamerkan PC mini dengan keyboard dengan bentuk seperti remote dengan harga terjangkau, Hadir pula Perangkat PC All In one dari pabrikan HP dan Dell, Perangkat multi fungsi 2 in1 dari Lenovo Yoga juga turut menyemarakkan Device Days yang digelar pertama kali oleh Microsoft hari ini. Di kesempatan ini juga pabrikan ternama Lenovo yang hadir mewakili pihak OEM mengumumkan hal penting dimana standar yang dipakai laptop premium mereka yaitu varian Thinkpad yang sudah terkenal akan kualitas durability yang bisa dihandalkan saat ini sudah juga telah diadopsi varian PC Lenovo lainnya, karena standard military grade yang ada di Thinkpad dapat banyak memenuhi keinginan pengguna yang mobile, ” Kami merasa sudah waktunya memberikan kualitas durability ala Thinkpad  yang sudah sejak dulu banyak dikenal keandalannya,…ini juga sebagai bukti bahwa kami ingin membantu setiap pelanggan kami untuk tidak second guess atau berfikir ulang untuk memilih produk Lenovo, karena pasti kami memberikan yang  terbaik…” Begitu keterangan Irene Santosa yang menjabat Small Business Director Lenovo Indonesia

IMG_20160310_121451
Mini PC dari pabrikan HP turut hadir

 

Di kesempatan ini juga Microsoft mengundang para reseller untuk lebih mengetahui apa yang ditawarkan Windows 10 pada pengguna terutama untuk kebutuhan UKM, “kami mengiginkan mereka tau apa yang mereka jual sehingga pengguna yang membeli sebuah perangkat dapat tepat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan…ini sangat menjadi perhatian kami” Begitu tambah Linda Dwiyanti

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES