in: Notebook / Laptop | March 21, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Xenom Hercules HC17S G-SYNC

Kesimpulan

Duet Core i7 6700K dan GeForce GTX 980 sukses menghadirkan performa luar biasa di Xenom Hercules HC17S G-SYNC. Prosesor desktop dengan kemampuan menangani delapan proses komputasi sekaligus tersebut siap menangani aktivitas komputasi harian ringan hingga kelas berat (render objek 3D, editing video/gambar kelas profesional) sekalipun. Kemampuan tersebut disempurnakan dengan kapasitas memori/RAM melimpah (up to 64 GB) dan storage “super cepat” SSD (Solid State Drive). Penggunaan memori/RAM dengan kecepatan 2400 MHz juga membuat performa Hercules HC17S G-SYNC berada sedikit di atas Hercules HC15S.

Xenom Hercules HC17S Notebook

Tidak hanya sampai disitu saja, performa GeForce GTX 980 pun tidak kalah memuaskan. Graphics card notebook/laptop paling kencang di muka bumi tersebut siap menghadirkan pengalaman gaming terbaik bagi gamer hingga resolusi 2560 x 1440 piksel dengan tingkat kualitas visual di level maksimal. Sementara itu untuk resolusi 4K dibutuhkan penyesuaian setting kualitas grafis agar game tetap nyaman dimainkan. Hal ini memang cukup wajar mengingat NVIDIA sendiri merancang GeForce GTX 980 untuk gaming di resolusi WQHD/2560 x 1440 piksel. Xenom menyempurnakan performa GeForce GTX 980 dengan menanamkan layar LCD dengan teknologi NVIDIA G-SYNC sehingga sesi bermain game semakin nyaman dengan hilangnya gejala image tearing, stuttering, dan input lag. Kapasitas memori/RAM sebesar 8 GB yang sangat lapang membuat notebook/laptop gaming ini siap melahap game 3D paling “rakus” memori sekalipun dan pengguna dapat mendongkrak kualitas visual ke tingkat tertinggi tanpa takut mengalami gejala kehabisan memori graphics card. Menariknya dengan dinonaktifkannya fitur NVIDIA Optimus membuat pengguna dapat mengakses kemampuan penuh GeForce GTX 980 layaknya graphics card desktop. Tidak ketinggalan, GeForce GTX 980 siap menangani konfigurasi NVIDIA 3DVision Surround berkat tersedianya tiga konektor display ekstra. Tersedia pula utility untuk melakukan overclock graphics card jika merasa performa bawaan masih terasa kurang.

Xenom Hercules HC17S Rear Left Side

Selain memanjakan pengguna dari sektor performa, Xenom Hercules HC17S G-SYNC tidak luput untuk memberikan kelengkapan konektivitas seperti empat buah port USB 3.1 Gen 1 untuk transfer data dengan kecepatan 5 Gbps, satu port eSATA untuk mengakomodir perangkat storage dengan konektor SATA, satu combo port USB 3.1/Thunderbolt 3 dengan kemampuan transfer data hingga 40 Gbps, 6-in-1 card reader, dan dukungan tata suara 7.1-channel. Untuk sektor audio Xenom Hercules HC17S G-GSYNC sendiri telah dilengkapi tata suara 2.1-channel dengan komponen speaker buatan Onkyo dan dilengkapi utility Sound Blaster X-Fi MB untuk memaksimalkan kualitas suara. Tidak ketinggalan Xenom menanamkan perangkat keyboard dengan lampu backlit, lengkap dengan utility untuk mengatur warna, sehingga menambah keren penampilan sekaligus memudahkan melihat pada saat gelap.

Untuk spesifikasi seperti tercantum pada artikel ini, Xenom Hercules HC17S G-SYNC siap diboyong pulang dengan menggelontorkan dana sekitar 55 jutaan rupiah, termasuk sistem operasi Windows 10. Tentu saja dengan kebebasan kostumisasi yang ditawarkan oleh pihak distributor, harga jual tersebut dapat menjadi lebih rendah atau menjadi lebih tinggi, sesuai dengan permintaan Anda sebagai pembeli. Dibandingkan merakit PC desktop dengan spesifikasi serupa, harga Xenom Hercules HC17S G-SYNC mungkin akan terasa lebih mahal. Akan tetapi bukan tidak mungkin PC desktop tersebut tidak mudah ditenteng kemana-mana di dalam sebuah tas ransel bukan?!

Kelebihan

(+) Ditenagai prosesor desktop Intel Skylake

(+) Performa Core i7 6700K dalam bodi notebook/laptop

(+) Ditenagai graphics card kelas desktop, GeForce GTX 980

(+) Performa gaming memuaskan di resolusi 1920×1080 dan 2560×1440 (NVIDIA DSR)

(+) Layar dengan panel IPS dengan tingkat refresh rate 75 Hz

(+) Layar mendukung teknologi NVIDIA G-SYNC

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 64 GB

(+) Menggunakan memori/RAM dengan kecepatan 2400 MHz

(+) Dua slot M.2

(+) Mendukung perangkat storage 2,5 inci dengan konektor SATA III 6Gbps

(+) Backlit keyboard

(+) USB 3.1/Thunderbolt 3

(+) Empat port USB 3.1 Gen 1

(+) Dukungan tata suara 7.1-channel

(+) Sistem pendingin terpisah untuk prosesor dan graphics card

(+) Dua mode kecepatan kipas

(+) Dukungan tiga perangkat display eksternal

(+) Dukungan perangkat display NVIDIA G-Sync terpisah

(+) Ventilasi pada sisi belakang sehingga tangan bebas dari paparan udara panas

(+) Irit daya terutama pada kondisi idle

Kekurangan

(-) Ukuran dan bobot tergolong besar dan berat meskipun cukup wajar untuk notebook/laptop gaming di kelas seperti itu

(-) Seharusnya dapat menggunakan layar dengan resolusi gambar lebih tinggi (di atas Full HD) meskipun dapat diakali dengan fitur NVIDIA DSR

(-) Temperatur cukup tinggi tetapi tergolong wajar mengingat sistem pendingin notebook/laptop dituntut mendinginkan prosesor dan graphics card desktop

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES