Review Smartphone Android: Xiaomi Redmi 3

Author
Irham
Reading time:
March 14, 2016

Redmi adalah seri smartphone entry level yang dihadirkan oleh perusahaan asal tiongkok, Xiaomi. Sejak produk pertamanya yaitu Redmi 1S, smartphone ini menjadi pilihan banyak orang khususnya juga pengguna smartphone di tanah air, karena harganya yang terjangkau berbanding dengan kualitas smartphone yang baik. Begitu pula dengan suksesornya Redmi 2, tetap menjadi pilihan banyak orang apalagi membawa peningkatan dari spesifikasi yang dihadirkan.

Redmi 3 1 1Kini Redmi 3 telah diluncurkan, dan produk yang satu ini digadang-gadang telah membawa peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dari dua versi sebelumnya. Bukan hanya dari desain perangkat, tetapi juga dari fitur dan performa yang disematkan. Apa saja peningkatan yang dibawa pada Redmi 3, kita simak penbahasannya berikut ini.

Desain

Redmi 3, secara desain perangkat in itelah mengalami perubahan yang jauh berbeda dari dua seri sebelumnya. Redmi 3 tidak lagi menggunakan material berbahan plastik dengan konsep baterai removable yang menjadi andalannya, kini berganti dengan material body berbahan metal unibody dan baterai non-removable. Kesan kami saat pertama kali melihat? Perangkat ini jauh lebih elegan dan bukan lagi berkesan smartphone entry level seperti yang dulu pertama kali ditawarkan.

Bagian belakangnya juga memiliki tekstur yang unik. Dengan tekstur kotak-kotak bergaris pada bagian belakang, membuat perangkat ini tidak hanya terlihat memiliki nuansa premium tetapi juga punya ergonomic yang baik. Redmi 3 sangat nyaman digenggam karena tekstur kasar dibagian belakangnya juga memberikan grip yang kokoh ditangan pengguna.

 

Redmi 3 14

Adapun varian yang kami coba adalah berwarna silver dengan panel body bagian depan berwarna putih. Secara ukuran, Redmi 3 memiliki peningkatan dari layar yang digunakan. Jika pada Redmi 1S dan Redmi 2 hanya menggunakan layar berukuran 4,7 inci, Redmi 3 telah menggunakan layar berukuran 5 inci. Tapi untuk bodynya, Redmi 3 hampir sama ukurannya dengan Redmi 1S. Membuatnya terasa sangat compact dalam genggaman. Dengan bezel yang jauh lebih tipis, dimensi yang dimilikinya yaitu 139.3 x 69.6 dengan ketebalan 8.5 mm. Bobotnya cukup pas, yaitu 144 g. Sama dengan kebanyakan smartphone berukuran 5 inci saat ini.

Redmi 3 8 1

Tampak Depan

Redmi-3-7

Tampak Belakang

Perangkat ini juga memiliki desain curves yang kuat disetiap sudutnya. Entah mengapa perangkat ini terasa lebih keren jika dilihat dari belakang ketimbang melihatnya dari depan. Sepertinya konsep finishing dengan pola unik di cover belakang benar-benar berhasil mencuri perhatian. Pada bagian belakang  juga tertera logo Mi terletak pada bagian bawah, disusul dengan grill speaker yang membentang. Sensor kamera tidak lagi terletak di tengah, melainkan berada di sudut kiri atas lengkap dengan lampu LED Flash.

Redmi-3-11

Sisi kanan

Redmi 3 4 1

Sisi Kiri

Tombol power terletak di sebelah kiri perangkat sementara tombol volume up-down diletakan di bagian kanan. Tombol kapasitif lain seperti Menu,Home dan Back berada di panel depan bagian bawah, dan tidak memiliki perubahan yang berarti.

Redmi 3 5 1

Bawah

Untuk slot MicroUSB berada di bagian bawah, sementara untuk slot Jack 3,5 mm berada dibagian atas. Ada satu pemandangan yang mungkin belum anda temukan di dua produk sebelumnya, atau bahkan pada smartphone sekelas lainnya. Ada bulatan kecil berada dibagian atas dekat dengan lubang Jack earphone.

Ya, redmi 3 memiliki fitur sensor Infra Red  untuk kebutuhan remote kontrol pada perangkat elektronik seperti AC, Televisi dan lain-lain. Biasanya ini hanya dimiliki oleh smartphone kelas flagship seperti LG G4, HTC One M9 hingga Galaxy S6.

Redmi 3 12

Atas

Selain itu slot SIM dengan tipe micro terletak di sisi sebelah kiri perangkat. Perangkat ini memiliki dukungan dual slot SIM, dimana salah satu slotnya secara hybrid bisa digunakan bergantian dengan MicroSD Card.

Spesifikasi

Sesuai yang kita harapkan,spesifikasi yang ditawarkan oleh Redmi 3 membawa perubahan yang sangat signifikan. Selain layar IPS 5 inci HD 720x1280p, Redmi 3 memiliki dapur pacu yang cukup membuat kita tercengang. Bagaimana tidak, SoC yang digunakan kini tak lagi memakai seri 400 dari Snapdragon seperti pada dua seri sebelumnya. Redmi 3 menggunakan SoC Snapdragon 616 (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53) , sebuah chipset kelas menengah dengan performa yang cukup menawan. Performanya setara dengan Snapdragon 615, namun dengan peningkatan pada efisiensi daya.

Untuk RAM, Redmi 3 dibekali dengan dengan memori sebesar 2 GB dan untuk media penyimpanan dibekali dengan 16 GB ROM. Pengguna juga bisa mengekspansi penyimpanan dengan slot MicroSD card yang tersedia up to 128 GB. Sedangkan untuk grafis dibekali dengan GPU Adreno 405.

Redmi 3 2

Peningkatan lain adalah fitur kamera. Kamera belakang Redmi 3 membawa sensor berukuran 13 MP dengan lampu flash, sementara kamera belakang berukuran 5 MP. Dengan sensor kamera  8 MP yang disematkan pada dua seri sebelumnya sendiri bisa dibilang sudah memuaskan. Lalu untuk sensor 13 MP ini hasil gambarnya seperti apa? Bisa anda lihat di pengujian performa kamera.

Redmi 3 6 1

Belum berhenti disitu, Redmi 3 juga menawarkan satu keunggulan yang menjadi kebutuhan utama para pengguna smartphone. Yaitu baterai berukuran besar. Redmi3 dibekali dengan baterai berkapasitas 4100mAh. Ini rasanya sudahlebih dari cukup untuk ukuran layarnya yang 5 inci dan resolusi 720p.

Redmi 3 juga telah mendukung konektivitas 4G LTE dengan dual slot SIM berukuran Micro. Sayangnya tidak semua operator di tanah air mendukung pada perangkat ini. Seperti misalnya 4G LTE Smartfren, tidak support saat kami coba gunakan.

Pada paket penjualannya, Redmi 3 sepertinya dilengkapi dengan buku panduan, kartu garansi (toko) serta kabel USB dan Adaptor Charger. Tak ada yang berubah, kecuali kemasannya yang tidak lagi menggunakan konsep kardus coklat .

Redmi-3-9 Redmi 3 13
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…