Review Smartphone Android: Lenovo VIBE P1 Turbo

Reading time:
March 24, 2016

Benchmark

Untuk menguji performa dari Lenovo VIBE P1 Turbo, kami melakukan serangkaian performace test dengan beberapa aplikasi benchmark. Benchmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, Geekbench, 3DMark, dan PCMark. Dan berikut adalah hasil benchmark yang kami lakukan menggunakan empat jenis aplikasi tersebut.

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

antutu

Geekbench 3.3.2

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

geekbench

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

ice storm unlimited

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

pcmark

Secara umum, hasil pengujian performa smartphone ini tergolong standar untuk SoC yang dipakainya. RAM yang besar, akan lebih memberikan efek saat penggunaan sehari-hari dibandingkan pada skor benchmark.

Kamera

Fitur kamera bawaan smartphone tidak sulit untuk dioperasikan, dengan HDR sudah bisa disentuh secara langsung tanpa harus masuk ke dalam setting kamera terlebih dahulu. Dibandingkan smartphone Lenovo yang lain, P1 Turbo tidak memiliki banyak mode yang bisa diubah-ubah ketika digunakan, hanya terdiri dari mode Normal, Panorama serta Effects. Sementara fitur Normal dan Panorama merupakan fitur yang umumnya sudah terdapat di smartphone berkamera manapun, fitur Effects ini mampu memberikan beberapa jenis filter yang bisa langsung digunakan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya untuk efek yang menarik pada foto.

Kamera utama dari VIBE P1 Turbo ini memiliki fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) yang membuat smartphone bisa menangkap gambar secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Pengguna tinggal bidik, tekan tombol shutter dan foto pun langsung tersimpan pada smartphone. Untuk mempermudah mengoperasikan, pengguna bisa mengatur tombol Volume untuk menjadi tombol shutter kamera juga.

Walau mungkin kamera dari VIBE P1 Turbo bukanlah yang terbaik dengan memiliki resolusi 13 MP, smartphone ini masih mumpuni untuk bisa menangkap gambar outdoor maupun macro dengan detil yang cukup baik. Foto yang ditangkap dalam kondisi outdoor mampu menghasilkan kecerahan yang baik walau tidak ada fitur pengaturan exposure secara manual pada kamera bawaan. Dengan menggunakan HDR, pengguna juga bisa menghasilkan foto berwarna dengan tingkat kecahayaan yang cukup baik. Yang sedikit disayangkan, VIBE P1 Turbo cenderung membuat foto menjadi “pecah” dan masih ada tingkat noise tinggi jika foto diperbesar. Namun untuk sekedar foto untuk di-upload ke medsos, kamera utama VIBE P1 Turbo cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

IMG_20160324_110705 IMG_20160324_102319

Kamera depan (selfie) yang beresolusi 5 MP, sayangnya tidak dilengkapi fitur flash tambahan sehingga foto akan memiliki kecenderungan tidak begitu cerah ketika digunakan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Baterai

pcmark
Batt-Zenfone-Selfie
P1Turbo mampu mengalahkan daya tahan baterai beberapa smartphone irit daya seperti Redmi 3 dan Infinix Note 2. Zenfone Selfie dimasukkan dalam grafik ini sebagai acuan smartphone dengan daya tahan baterai yang standar/umum.

Dengan kapasitas baterainya yang tinggi, kami pun menduga bahwa kinerja dan lama waktu penggunaannya juga akan cukup tahan lama. Dalam hasil uji menggunakan PCMark, di mana pengujian memproses beragam jenis aktivitas multimedia secara terus-menerus hingga baterai mencapai angka 20 persen, Lenovo VIBE P1 Turbo terbukti mampu berjalan hingga 13 jam 34 menit.

waktu video

Tidak puas dengan uji PCMark saja, kami juga menguji daya tahan smartphone dengan memutar video MP4 kualitas 720p secara terus-menerus (loop) hingga baterai menunjukkan angka 0 persen, dengan menggunakan aplikasi MX Player. Dalam uji coba memutar video tersebut, kami menemukan bahwa smartphone Lenovo VIBE P1 Turbo mampu memutar video hingga 21 jam 11 menit lamanya.

waktu charge

Bagaimana dengan pengisian ulang dayanya? Dengan fitur Quick Charging 2.0, maka perangkat Lenovo VIBE P1 Turbo ini bisa diisi ulang dengan lebih cepat juga. Dalam pengujiannya, Lenovo VIBE P1 Turbo dapat terisi ulang hingga penuh kembali dalam waktu 1 jam 51 menit.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…