in: Storage Devices | March 25, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD: Samsung 950 Pro NVMe M.2 256GB

Hadir sebagai solusi dalam meningkatkan performa pada sebuah sistem, SSD (Solid State Drive) yang saat ini kita temui di pasaran sudah makin beragam. Mulai dari kapasitas, fitur, form factor hingga pilihan penggunaan interface yang tersedia. Dari sekian model SSD yang hadir saat ini tentu memang  ditujukan untuk menyesuaikan berbagai kebutuhan dari para pengguna saat ingin menggunakan SSD.

IMG_0371

Samsung yang merupakan salah satu produsen besar tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan PC enthusiast karena produsen tersebut juga turut meramaikan ranah storage, khususnya produk SSD. Dengan memiliki fasilitas pengembangan yang lengkap, membuat Samsung begitu mudah dalam melakukan inovasi baru. Dan salah satu produk SSD milik Samsung yang mampir ke meja pengujian kami adalah Samsung 950 Pro yang memiliki form factor M.2.

Ranah persaingan SSD dengan form factor M.2 sendiri saat ini bisa dikatakan sudah mulai berkembang. Beberapa produsen terkemuka sebagai penyedia solusi storage sudah mulai memperkenalkan koleksi SSD terbarunya dengan form factor berukuran 80.0mm x 22.0mm (M.2). Akan tetapi, Samsung mencoba menyajikan sebuah SSD M.2 yang berbeda dengan kecepatan yang lebih fantastis.

IMG_0386

Samsung 950 Pro yang mampir ke lab kami ini didukung dengan teknologi NVMe (Non-Volatile Memory Express). Teknologi NVMe yang terpasang didalamnya memungkinkan SSD besutan produsen asal Korea Selatan ini mampu menawarkan kecepatan transfer data Read/Write lebih tinggi hingga 4 atau 5 kali lipat dibandingkan SSD lainnya. Beberapa produsen ternama seperti Intel, SandForce dan juga termasuk Samsung sama-sama memiliki teknologi NVMe.

IMG_0389

Teknologi NVMe yang ditawarkan melalui SSD milik Samsung ini memiliki versi 1.1 dan digunakan pada jalur PCIe 3.0 x4. Dengan kecepatan transfer data mencapai 32Gbps, SSD ini diyakini bisa menjadi solusi bottleneck yang selama ini terjadi di SATA III 6 Gbps. Bahkan, SSD dengan form factor M.2 juga tidak membutuhkan kabel power atau data tambahan seperti hard drive pada umumnya. Yang pasti, menggunakan SSD ini dapat menghemat ruang pada PC Anda.

Sudah semakin penasaran akan kemampuan yang ditawarkan oleh SSD milik Samsung yang satu ini? Seperti biasanya, sebelum kita membahas lebih jauh kami akan menyuguhkan terlebih dahulu paket penjualan serta platform pengujian yang kami gunakan.

Paket Penjualan

IMG_0363 IMG_0408

Pada boks Samsung SSD 950 Pro ini, tersaji beberapa informasi penting di antaranya seperti jaminan garansi selama 5 tahun. Akan tetapi, garansi yang ditawarkan untuk pasar Indonesia yaitu selama 10 tahun.

IMG_0368

Pada paket penjualan yang tersaji memang terlihat begitu sederhana. Anda hanya akan menemukan satu unit SSD Samsung 950 Pro NVMe, serta buku panduan informasi seputar garansi yang digabung dengan panduan penggunaannya.

IMG_0374 IMG_0379

Dengan menggunakan teknologi NVMe (Non-Volatile Memory Express), menjadikan SSD milik Samsung ini sebagai yang pertama di dunia sebagai SSD berbasis chip V-NAND yang didukung dengan teknologi NVMe. Dukungan kedua teknologi tersebut serta penggunaan controller Samsung UBX, SSD ini diklam mampu menawarkan kecepatan transfer data sequential Read dan Write mencapai 2200 dan 900 MB/s. SSD juga turut dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti TRIM. S.M.A.R.T, Auto Garbage Collection, AES 256-bit Encryption dan DEVSLP.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Skylake Core i5 6600K 3.50GHz

Intel-Core-i5-6600K-Package

 

  • Motherboard Gigabyte GA-Z170-HD3

GA-Z170-HD3

  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 8GB

Kingston HyperX Fury DDR4

  • SSD Intel NVMe 750 series

Intel NVMe 750 series

  • Power Supply Corsair AX850

corsair-ax850

  • Sistem Operasi Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES