in: News | March 13, 2016 | by: Yufianto Gunawan

SSD 3D XPoint dari Intel Akan Hadir di MacBook?

Intel dan Micron sejak beberapa waktu lalu mengembangkan memori dengan teknologi 3D XPoint untuk storage dan RAM kencang di waktu yang akan datang. Untuk storage, Intel telah menyebutkan SSD Optane sebagai produk awal dari implementasi 3D XPoint tersebut. Berdasarkan informasi terbaru yang muncul, SSD Optane tersebut ternyata kompatibel dengan laptop dari Apple, MacBook.

 

3D-XPoint-Die

Kabar bahwa SSD Optane kompatibel dengan MacBook muncul setelah muncul penjelasan lebih lanjut mengenai produk dengan 3D XPoint tersebut dari Intel. Beberapa waktu lalu, Intel menyebutkan bahwa SSD Optane akan kompatibel dengan standar NVMe, yang digunakan di beberapa laptop keluaran baru, termasuk MacBook. Hal ini mengindikasikan bahwa bisa jadi SSD Optane, yang akan menawarkan kecepatan jauh lebih tinggi dari SSD yang ada saat ini, bisa jadi hadir di MacBook generasi mendatang.

SSD Optane sendiri disebut Intel akan siap di tahun 2016 ini. Namun, adopsi teknologi baru umumnya membutuhkan beberapa waktu, sehingga diprediksi perangkat awal yang menawarkan SSD Optane baru akan tersedia di tahun 2017 mendatang. Apple sendiri memang belum mengumumkan hal apapun terkait MacBook generasi berikutnya, tetapi, mengingat Apple beberapa kali menjadi yang pertama mengadopsi teknologi baru Intel, mungkin saja mereka juga tertarik mengadopsi SSD Optane ini.

3D XPoint, yang menjadi basis dari SSD Optane, telah dikembangkan Intel sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Mereka telah mengumumkan bahwa 3D XPoint akan tersedia dalam wujud SSD dan RAM. SSD Optane akan menjadi tahap awal implementasi 3D XPoint ini, dan diikuti beberapa produk lain kemudian.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES