in: News | April 5, 2016 | by: Yufianto Gunawan

AMD Ungkap Performa APU Bristol Ridge “Gardenia”

A_FX_7thGEN_E_RGB

APU AMD A-Series 7th Gen, dengan kode Bristol Ridge, baru saja diperkenalkan. Selain memperkenalkan APU tersebut, AMD juga telah menampilkan produk pertama yang akan menggunakan APU Mobile tersebut, yaitu HP ENVY x360. Selain APU Bristol Ridge itu sendiri dan produk pertama yang akan menggunakannya, tentu saja ada satu hal lain yang membuat kita penasaran. Apalagi kalau bukan performanya! Untungnya, sedikit menjawab rasa penasaran tersebut, AMD memberikan “bocoran” kemampuan dari APU tersebut!

 

Peningkatan Performa 50% dalam 2 Tahun!

AMD menyebutkan bahwa APU Mobile Bristol Ridge ini akan membawa peningkatan performa yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan APU Mobile Kaveri, FX-7500, yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Peningkatan tersebut mencapai lebih dari 50% di benchmark Cinebench R15. Sementara dibandingkan dengan APU Carrizo, FX-8800P, APU Bristol Ridge terlihat memiliki performa lebih baik lebih dari 10%.

APU Bristol Ridge - Cinebench

Untuk perbandingan dengan prosesor dari kompetitor mereka, Intel, AMD juga menampilkan hasil pengujian APU Bristol Ridge ketika dibandingkan dengan Core i7-6500U. APU Bristol Ridge yang tidak disebutkan jenisnya, kemungkinan FX-9800P, terlihat mampu mengungguli prosesor Intel di 3DMark 11 Performance. Sementara di PC Mark 8 Work, APU Bristol Ridge berhasil menipiskan jarak AMD ke Intel bila dibandingkan dengan performa APU generasi sebelumnya.

APU Bristol Ridge - vs Core i7-6500U

 

AMD APU FX Generasi ke-7 “Gardenia” dengan DDR4 1866

Dalam perbandingan ini, semua sistem menggunakan RAM 8GB (2x 4GB) dan SSD yang sama. Baik AMD FX-8800P dan Intel Core i7-6500U memakai konfigurasi RAM DDR3 1600 Dual Channel. Sementara, APU FX generasi ke-7 atau yang disebut dalam dokumentasi sebagai “Gardenia” menggunakan RAM DDR4 1866 Dual Channel. Uniknya, kedua sistem AMD yang diperbandingkan adalah yang menggunakan TDP 15W. Jadi, AMD tidak membandingkan dengan varian 35W yang disinyalir akan juga diluncurkan di pertengahan tahun ini.

Berbagai produk dengan APU Bristol Ridge di dalamnya disebut akan diperkenalkan di Computex 2016 mendatang. Tentu saja, kami tidak sabar menantikan kesempatan untuk mencoba langsung APU Bristol Ridge ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES