Apa itu HP PageWide Printer?

Author
Dedy Irvan
Reading time:
April 7, 2016
4-HP-PageWide-Pro-577dw-MFP
Salah satu printer PageWide dari HP

Tentunya Anda mengenal HP sebagai produsen printer laser terkemuka saat ini. Tahun lalu kami sudah membahas teknologi toner terbaru HP yang membuat printer laser menjadi kian irit toner dan bahkan listrik. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa teknologi printer HP yang paling menarik saat ini adalah teknologi printer tintanya? Dalam beberapa tahun belakangan ini, HP giat mengembangkan teknologi PageWide-nya yang sebenarnya menggunakan tinta! Tapi, PageWide ini berbeda dengan teknologi printer tinta biasa.

 

PageWide = Selebar Halaman

Ya, sebenarnya pengertian PageWide yang sederhana adalah selebar halaman. Jadi, print head pada HP PageWide ini ukurannya selebar halaman kertas. Ini membuatnya tidak perlu menggerakkan print head ke kanan dan kiri seperti printer tinta biasa. Lalu, apa hebatnya?

PageWide-printhead-paper

Karena semua nozzle penembak tinta sudah berjajar selebar halaman kertas, kecepatan pencetakan menjadi sangat tinggi. Ini membuatnya bisa bersaing dengan printer laser.

Berkurangnya komponen bergerak membuat perawatan printer PageWide menjadi lebih sederhana. Ini sangat membantu perusahaan-perusahaan yang kerap menggunakan printer dengan intensitas lumayan tinggi dalam jangka waktu lama. Karena, biaya perawatan menjadi minim.

HP-pagewide

 

Tinta Khusus untuk HP PageWide

Banyaknya nozzle, ukuran nozzle yang super kecil, dan ciri khas tinta printer yang (tentu saja) cair, membuat PageWide membutuhkan tinta khusus. HP menggunakan tinta pigmen untuk printer PageWide. Tapi, bukan tinta pigmen biasa.

Perbandingan antara pigmen dan cairan di dalam tinta untuk PageWide berbeda dengan tinta pigmen biasa. HP memutuskan untuk menggunakan jumlah partikel pigmen jauh lebih banyak pada tinta untuk printer PageWide-nya. Ini membuat printer PageWide tidak membutuhkan volume tinta sebanyak printer tinta biasa untuk menghasilkan cetakan yang sama.

Formula tinta pigmen ini pun dirancang agar sangat cepat mengering saat bertemu dengan udara. Karakter ini dibutuhkan karena kecepatan pencetakan printer PageWide yang sangat tinggi.

Tentu saja, kecepatan mengering yang tinggi bisa menimbulkan masalah. Tinta bisa mengering di nozzle atau bahkan di dalam penyimpanan. Untuk mengatasi masalah ini, formula tinta pigmen khusus ini sudah dirancang agar menghasilkan semacam selaput saat mengering di permukaan nozzle. Selaput ini menjadi pelindung nozzle dan membuat tinta di belakangnya tidak mudah mengering. Akan tetapi, selaput tipis ini juga mudah “membuka” saat pencetakan dimulai. Tentu saja sekitar 1 menit setelah pencetakan berhenti, nozzle pada print head PageWide ini ditutup secara mekanis.

 

Kalau Nozzle Mampet, Bagaimana?

Pengguna printer tinta tentu akan sadar bahwa mampetnya nozzle atau bahkan rusaknya nozzle akan merusak segalanya. Bagaimana kalau print head yang besar itu tiba-tiba rusak atau tertutup salah satu nozzle berukuran mikronya? Mengganti print head sebesar itu tentu mahal, bukan?

PageWide-printhead-nozzle
Nozzle penembak tinta dari sebuah printer PageWide

 

Uniknya teknologi ini, HP sudah memikirkan masalah itu. Jumlah nozzle yang tersedia pada sebuah print head PageWide sebenarnya sudah sekitar 2-3x lipat lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jadi, jika ada 1 nozzle yang benar-benar tidak bisa berfungsi, nozzle di sebelahnya akan mengambil alih fungsinya.

 

Saat ini, printer PageWide sudah mencapai kecepatan 75 ppm (page per minute). Konsumsi dayanya pun berkisar 80-85% lebih irit dibandingkan printer laser. Sementara itu, kualitas cetakannya bersaing dengan printer laser. Untuk cetak foto, meski cukup baik, kualitasnya belum mencapai kualitas printer foto. Hal ini membuat printer PageWide menjadi lebih cocok untuk kebutuhan usaha kecil menengah dan enterprise kecil. Keduanya adalah tipe perusahaan yang sedang berkembang dengan pesat saat ini. Kantor atau instansi yang sensitif terhadap konsumsi daya listrik akan menjadi “rumah” yang tepat untuk printer jenis PageWide ini.

Kelemahan PageWide printer saat ini terletak pada media yang bisa digunakan. Berbeda dengan printer lain, PageWide ini dirancang untuk media kertas biasa. Kertas yang bertekstur iregular ada kemungkinan bisa bermasalah. Sementara itu, kertas dengan lapisan vinyl juga tidak dapat dicetak seperti layaknya printer laser. Ini memang membuat printer PageWide lebih cocok untuk penggunaan kertas biasa dalam jumlah yang besar.

2-HP-PageWide-Enterprise-Color-Flow-MFP-586z-Printer
PageWide Enterprise Color MFP 586

 

HP sendiri baru saja meluncurkan beberapa tipe printer PageWide terbaru mereka. Di acara yang digelar di Makau, 6 April 2016, mereka menampilkan beberapa printer dari jajaran PageWide Enterprise Color, PageWide Pro 500, dan PageWide Pro 400. PageWide Enterprise Color, yang terdiri dari PageWide Enterprise Color 556 dan PageWide Enterprise Color MFP 586, didesain untuk enterprise kecil atau usaha pencetakan dengan kebutuhan pencetakan sangat banyak, hingga 15 ribu lembar per bulan. Menawarkan kecepatan cetak yang tinggi, hingga 75 halaman per menit, PageWide Enterprise Color 556 akan dijual dari harga kisaran US$ 749, sementara PageWide Enterprise Color MFP 586 akan dijual dari harga kisaran US$ 1999.

Add_New_Post_‹_Jagat_Review_—_WordPress_-_2016-04-07_00.27.53
PageWide Pro MFP 577dw

 

Untuk PageWide Pro 500, HP menyebutkan keluarga printer ini cocok untuk enterprise kecil dengan kebutuhan pencetakan hingga 6000 halaman dalam satu bulan. Printer dari keluarga ini, yaitu PageWide Pro 552dw dan PageWide Pro MFP 577dw, akan menawarkan kecepatan cetak hingga 70 halaman per menit dengan harga mulai dari US$ 699. Sementara untuk PageWide Pro 400, printer keluarga ini ditujukan untuk usaha kecil – menengah dengan kebutuhan pencetakan hingga 4500 halaman per bulan. Kedua printer dari keluarga ini, PageWide Pro 452dw dan PageWide Pro MFP 477dw, dapat mencetak hingga 55 halaman per menit, dan akan ditawarkan mulai dari harga US$ 499.

Semua printer PrintWide baru dari HP ini akan mulai tersedia di bulan Mei 2016 mendatang.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…