Direct Release: Dimension Data dan Cisco Lindungi Badak Afrika

Reading time:
April 22, 2016
cisco Dimension-Data

Kedua perusahaan secara aktif memanfaatkan teknologi untuk melindungi Badak Afrika dari perburuan liar

Jakarta, 22 April 2016 – Perusahaan teknologi global, Dimension Data, bersama perusahaan jaringan terkemuka di dunia, Cisco, hari ini mengumumkan sebuah inisiatif yang bertujuan mengurangi secara drastis perburuan badak di Afrika Selatan. Dimension Data menerapkan beberapa teknologi tercanggih di dunia pada wilayah perburuan yang berdekatan dengan taman nasional ternama di dunia Kruger National Park. Teknologi tersebut memonitor dan menelusuri kegiatan orang yang masuk hingga meninggalkan kawasan perburuan.

Tujuannya adalah untuk secara aktif mencegah dan menghentikan orang memasuki kawasan taman nasional secara ilegal, baik dengan cara memotong pagar, menggunakan helikopter, atau sekedar masuk melalui gerbang masuk.

Seiring waktu, teknologi tersebut dapat diterapkan di taman nasional lainnya di Afrika Selatan, Afrika, dan seluruh dunia. Tidak hanya untuk melindungi badak, tetapi juga melindungi spesies hewan langka lainnya seperti gajah, singa, trenggiling, harimau di India dan Asia, bahkan jenis – jenis ikan pari langka di lautan.

Menurut laporan Kementerian Lingkungan Afrika Selatan tahun 2015, secara mengenaskan sebanyak 1,215 badak dibunuh oleh pemburu pada tahun 2014 saja. Ini setara dengan tiga badak dibunuh setiap hari. Jika tingkat pembantaian ini terus berlanjut, pada tahun 2018 kematian badak melebihi kelahiran badak, menyebabkan badak tidak dapat lagi ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 2025.

Eksekutif Dimension Data, Bruce Watson mengatakan, “Setiap hari, ratusan staf, supplier, kontraktor, personil keamanan, dan wisatawan masuk dan keluar kawasan berburu. Kegiatan manusia di lingkungan ini tidak terawasi karena, biasanya, kawasan reservasi berada di pelosok dengan infrastruktur IT dan kendali akses yang lemah, proses keamanan manual, dan komunikasi yang sangat terbatas.”

“Dengan teknologi Connected Conservation yang kami miliki, kami tidak mendekati binatang-binatang tersebut dengan menembak obat penenang lalu memasukkan sensor kedalam tanduk mereka, atau memasukkan chip kebawah kulit mereka. Hal ini dapat membuat stress dan berbahaya bagi binatang, dan kami telah melihat banyak badak akhirnya mati, buta, atau dengan terpaksa dimatikan karena praktek seperti itu.”

Pada tahapan awal, Dimension Data bekerjasama dengan Cisco, mengumpulkan informasi dari game rangers, personil keamanan, teknologi, dan tim pusat pengendalian. Tahap awal ini dilakukan untuk menciptakan Reserve Area Network (RAN) yang aman dan meng-install Wi-Fi hotspots disekitar area utama, dan hal ini sudah selesai dikerjakan.  

Tahap selanjutnya dari pengerjaan proyek Connected Conservation ini adalah memasang CCTV, drone dengan kamera infrared; thermal imaging, sensor tracking kendaraan, serta sensor gempa bumi pada jaringan cerdas yang sangat aman. Dimension Data juga menerapkan Reserve Area Networks (RANs) dari Cisco dimana hal ini menjadi instalasi pertama di dunia untuk hal semacam ini.

Chris Dedicoat, Cisco eksekutif mengatakan, “Afrika Selatan saat ini memiliki sekitar 70% dari jumlah badak di dunia dimana sebagian besar berada di taman nasional Kruger National Park. Itulah mengapa proyek Connected Conversation pertama kali dilakukan di kawasan ini. Perihal kerjasama dengan Dimension Data, tim bekerja dengan cepat mempelajari dan membangun solusi digital yang sangat aman. Solusi ini memberikan wawasan bermanfaat, transparansi dan visibilitas yang dibutuhkan para pelindung badak guna mengambil keputusan efektif dan berdasar melawan perburuan.”  

  • Untuk informasi lebih jauh mengenai Connected Conservation, click here.
  • Untuk melihat wawancara mengenai Connected Conservation, click here.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…