Hands-On Equil Smartmarker

Reading time:
April 14, 2016

Saat ini, mungkin metode meeting yang lebih canggih  sudah mulai diaplikasikan di beberapa perusahaan, seperti misalnya mengadakan pertemuan lewat telepon atau video sehingga para partisipannya tidak perlu saling berkumpul untuk bisa mengadakan meeting. Namun metode meeting konvensional sendiri pun masih sering digunakan hingga saat ini.

Dalam meeting konvensional, partisipan umumnya menggunakan media sederhana misalnya papan tulis untuk menuliskan berbagai jenis ide dan hasil diskusi yang tengah dilakukan. Tapi karena masih bersifat tradisional, partisipan lain perlu mencatat ulang hasil ide yang tertuang di dalam papan tulis tersebut secara manual maupun dengan mengambil foto menggunakan perangkat mobile masing-masing. Cara ini terkadang dinilai kurang efektif dan tidak praktis, selain harus menulis ulang atau terus-menerus mengambil gambar setiap ada ide yang baru, juga sedikit menyulitkan partisipan yang tengah tidak berada di ruang meeting karena alasan tertentu tetapi butuh informasi di dalam proses meeting dengan cepat.

20160414120839

Untuk memberikan proses meeting yang lebih efisien dan interaktif, Equil mengembangkan produk Smartmarker. Produk Smartmarker ini sendiri berfungsi untuk merekam, menyimpan hasil tulisan dalam meeting, hingga melakukan streaming bersama untuk partisipan yang tidak bisa hadir di dalam ruang meeting.

Seperti apa penampilan dan cara menggunakannya? Simak dalam artikel hands-on berikut ini!

Equil Smartmarker

box penjualan
box penjualan

Di dalam box penjualannya, Anda akan menemukan beragam jenis barang yang di antaranya terdiri dari beragam komponen Smartmarker beserta seluruh aksesoris pendukungnya. Yang menjadi hal utama dalam menggunakan Smartmarker ini adalah perangkat Sensor dan Sleeve dari Equil Smartmarker.

Equil sensor dan Smartmarker
Equil sensor dan Smartmarker
Sensor dapat di-charge terpisah
Sensor dapat di-charge terpisah
tombol power dan tombol OS
tombol power dan tombol OS

Sensor Smartmarker digunakan untuk bisa merekam aktivitas di papan tulis yang telah dipasangi oleh sensor ini, sehingga nantinya partisipan lain bisa melakukan streaming atau menyimpan hasil tulisan dengan format digital. Sementara Sleeve yang berisi marker untuk menulis tersebut merupakan alat tulis yang akan terhubung langsung dengan Sensor, sehingga apa yang ditulis akan langsung terbaca dan terekam secara digital. Sensor ini sendiri memiliki dimensi rekam yang cukup besar hingga papan berukuran 2.4 x 1.5 meter, di mana bisa diatur melalui software/aplikasinya. Tombol dari Sensor ini terdiri dari tombol power dan tombol OS yang terletak di samping perangkat, serta tombol pengganti halaman yang terletak di permukaan perangkat.

Penghapus
Penghapus

Yang menariknya, Smartmarker ini juga memiliki penghapus sendiri, sehingga ketika tulisan dihapus, secara otomatis Sensor juga akan turut menghapus bagian tersebut. Penghapus ini sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu yang berukuran besar seperti penghapus papan tulis, dengan yang berbentuk cap untuk dihubungkan dengan marker.

20160414121026
color ring yang terdiri dari 4 warna marker utama
20160414121048

Color Ring yang terdiri dari beberapa jenis warna utama dari sebuah marker ini berfungsi untuk mengubah warna tinta yang terekam secara digital.

kelengkapan kabel charger
kelengkapan kabel charger

Equil Smartmarker dilengkapi dengan kabel charging dan adaptor untuk mengisi ulang daya. Sementara khusus untuk Eraser, menggunakan satu buah baterai AA.

buku manual penggunaan
buku manual penggunaan

Software

Equil Note tampilan Android
Equil Note tampilan Android

Untuk bisa menggunakan Equil Smartmarker, membutuhkan software/aplikasi bernama EquilNote. Software yang bisa diunduh untuk PC, Android maupun iOS ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat mobile dengan Smartmarker untuk bisa bekerja serta menyimpan hasil rekaman tulisan yang dilakukan.

Menghubungkan Smartmarker dengan software ini membutuhkan konektivitas Bluetooth. Setelah melakukan pair, maka perangkat yang terhubung dengan Smartmarker pun bisa langsung digunakan, baik untuk menyimpan hasil tulisan, melakukan streaming hingga bergabung dengan streaming yang tengah berlangsung.

Ketika hendak melakukan streaming bersama, pengguna utama bisa melakukan invite kepada para partisipan melalui email dan media digital lainnya. Berbagai PC atau perangkat yang sudah terinstal EquilNote, selama memiliki koneksi internet yang stabil, juga bisa langsung bergabung di dalam streaming yang tengah berlangsung dengan meluncurkan software dan menuliskan nomor ruang streaming yang dimaksud.

EquilNote tampilan PC (Windows)
EquilNote tampilan PC (Windows)

Walau mungkin melakukan instalasi software atau aplikasi lebih dulu dianggap kurang praktis, tetapi karenanya proses streaming yang dilakukan juga bisa lebih “aman” dan lebih “tertutup” hanya bagi mereka yang mengetahui nomor ruang dan menggunakan aplikasi yang sama untuk bisa bergabung.

Setelah selesai, software bisa menyimpannya dalam bentuk cloud, atau dikirim ke email atau aplikasi lain melalui internet.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…