in: News | April 7, 2016 | by: Dedy Irvan

Huawei Luncurkan P9 dan P9 Plus: Hasil Kerjasama dengan LEICA

Kemampuan menciptakan foto terbaik adalah salah satu hal paling penting yang dicari oleh konsumen pada smartphone modern. Semua brand smartphone berlomba dalam menyuguhkan kualitas foto terbaik. Huawei memilih untuk bekerja sama dengan Leica, produsen perangkat fotografi kelas atas dari Jerman yang sudah sangat berpengalaman di dunia fotografi professional. Hasilnya adalah Huawei P9 dan P9 Plus. Akan tetapi, bukan berarti sisi lain dari smartphone ini tidak menarik. Sebab, kamera bagus saja tidak akan membuat sebuah smartphone menjadi menarik, bukan?

Huawei P9-P9plus (1)

Kerjasama dengan Leica

Pertanyaan paling besar selama ini adalah “bagian apa yang dikerjakan bersama LEICA?” Huawei tampak bekerja sama dengan Leica dalam 2 hal penting. Bukan, bukan sensor dan bukan bodi dari Huawei P9. Kerja sama yang dilakukan ada di tempat yang kami lihat sangat penting: lensa dan algoritma dalam mencapai kualitas gambar. Selain itu, tampilan atau interface kamera pun menggunakan desain dari LEICA. Detail lebih jauh mengenai kamera unik ini akan kami paparkan di artikel terpisah.

SoC (prosesor) dan Baterai

Huawei P9 hadir dengan SoC Kirin terbaru, yaitu Kirin 955. Prosesor ini menggunakan pabrikasi 16nm. Proses pabrikasi modern ini seharusnya membuat Kirin 955 bisa bekerja dengan kinerja tinggi tanpa mengalami overheat.

SoC ini menggunakan 4 core ARM Cortex A72 bekerja maksimum pada 2,5 GHz dan 4 core ARM Cortex A53 yang bekerja pada kecepatan maksimum 1,8 GHz. Sementara, untuk GPU digunakan ARM Mali-T880. Prosesor kencang ini dipadukan dengan kontroler memori dual channel untuk performa yang optimal.

Huawei P9 hadir dengan baterai 3000 mAh. Berdasarkan pengujian smartphone Huawei sebelumnya, daya tahan smartphone ini seharusnya sangat baik. Sementara itu, P9 Plus menggunakan baterai lebih besar, 3400 mAh. Tentu saja baterai besar pada P9 Plus ini dipasok dengan pengisian cepat. Huawei menjanjikan bahwa pengisian baterai selama 10 menit saja akan mengizinkan Anda menelepon selama 6 jam.

Huawei P9-P9plus (9)

Layar dan Bodi

Huawei P9 menggunakan layar IPS berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1920×1080 (sekitar 424ppi) dan terlindungi Corning Gorilla Glass 4. Ya, Huawei tetap mempertahankan resolusi 1080p karena menganggap bahwa resolusi di atas itu pada layar kisaran 5 inci adalah sia-sia dan hanya memboroskan baterai saja. Kami setuju dengan anggapan ini, karena 424ppi adalah kerapatan yang sudah sangat tinggi.

Versi P9 Plus dihadirkan dengan ukuran tubuh lebih besar dan dengan layar 5,5 inci dengan Press Touch Display. Layar P9 Plus ini menggunakan teknologi AMOLED dan juga terlindungi oleh Corning Gorilla Glass 4. Resolusi layar tetap dipertahankan pada 1920×1080 (sekitar 400ppi).

Sementara itu, bodi Huawei P9 terbuat dari metal. Tersedia beragam pilihan warna, mulai dari dua jenis warna gold, rose gold, titanium grey, dan silver. Semuanya hadir dengan tampilan brushed hairline. Sementara itu untuk warna putih (ceramic white) hadir dengan tampilan yang mulus mengkilap.

Di sisi belakang tubuh kedua smartphone ini tersedia sebuah pemindai sidik jari yang berfungsi ganda sebagai pengendali sentuh multi-fungsi.

Huawei P9-P9plus (8)

Konektivitas

Huawei P9 memiliki 2 slot SIM card. Slot ini dipadu dengan slot MicroSD. Jadi Anda memiliki pilihan untuk menggunakan 2 SIM card atau 1 SIM card dan 1 MicroSD. Sementara itu untuk konektivitas, P9 mampu mencapai LTE Cat6. Untuk WiFi, tersedia pilihan a/b/g/n/ac. Modul Buetooth-nya sudah menggunakan versi 4.1. Untuk konektivitas kabel dan pengisian baterai tersedia port USB type-C. NFC pun tersedia pada P9 untuk mempermudah konektivitas dengan perangkat lain yang mendukung NFC. Huawei pun menggunakan virtual triple antenna yang memastikan bahwa konektivitas bisa tetap berjalan lancar.

Huawei P9-P9plus (7)

Speaker

Huawei P9 memiliki sebuah speaker standar. Spesifikasi speaker yang menarik terdapat pada Huawei P9 Plus. Smartphone ini memiliki 2 speaker. Jika diposisikan secara horizontal, keduanya akan menjadi speaker stereo. Sangat cocok untuk menonton video. Sementara, dalam posisi vertical, speaker atas akan menyuguhkan nada-nada tinggi, sementara speaker bawah akan menjadi seperti sub-woofer dan menyuguhkan nada rendah.

Varian dan Harga

Huawei P9 akan dijual di Eropa dalam dua konfigurasi yaitu RAM 32GB, Internal storage 32GB (599 Euro) dan versi RAM 4GB, internal storage 64GB (649 Euro). Sementara itu, P9 Plus akan dijual dengan konfigurasi RAM 4GB dan internal storage 64 GB (749 Euro). Sayangnya, hingga saat tulisan ini dibuat, belum ada detail mengenai jadwal ketersediaan di Indonesia.

Masih penasaran dengan sistem kamera unik dari LEICA di kedua smartphone ini? Anda bisa membaca penjelasan mengenai kamera tersebut di sini: Kamera Huawei P9 dan P9 Plus

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES