in: News | April 7, 2016 | by: Dedy Irvan

Kamera Huawei P9 dan P9 Plus

Membahas Huawei P9 dan P9 Plus tidak bisa terlepas dari pembahasan kameranya yang unik karena dikerjakan bersama LEICA. Berikut ini kami paparkan bagaimana cara kerja kamera unik kamera Huawei P9 dan P9 Plus. Namun, bila Anda belum tahu apa sebenarnya Huawei P9 dan P9 Plus ini, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu: Huawei Luncurkan P9 dan P9 Plus: Hasil Kerjasama dengan LEICA

Huawei P9-P9plus (3)

Kamera Utama

Lensa kamera utama (belakang) yang digunakan pada Huawei P9 diberi nama LEICA Summarit H 1:2.2/27 ASPH. Ini berarti, lensa ini memiliki bukaan/diafragma/aperture f/2.2. Jarak fokalnya setara dengan lensa 27mm pada kamera ‘full-frame’. Lensa ini menggunakan elemen aspherical. Elemen ini adalah elemen yang unik karena dirancang secara khusus dan dengan bentuk unik untuk bisa memfokuskan semua warna ke satu titik secara sempurna, sembari menjaga ukuran total dari rangkaian lensa tetap kecil/tipis. Ini adalah elemen yang umum ditemukan pada lensa kelas atas dan menjanjikan kualitas tinggi meski tidak berukuran besar atau tebal.

Huawei P9-P9plus (5)

Algoritma dalam perekaman dan pengambilan gambar adalah kelemahan sebagian besar produsen smartphone. Meski lensa dan sensor sudah baik, jika algoritmanya buruk, hasil gambarnya bisa menjadi buruk juga. Bekerja sama dengan LEICA, kami sangat berharap bahwa hasil foto dari sensor baru Sony yang dipakai di Huawei ini akan menjadi sangat baik.

 

2 Lensa 2 Sensor Berbeda, 1 Hasil Foto Cemerlang

Kedua lensa LEICA yang dimiliki Huawei P9 ini mengirimkan gambar ke dua sensor yang berbeda. Kedua sensor ini memiliki resolusi 12 megapiksel dan ukuran per piksel yang cukup besar, 1.25µm. Ukuran yang besar ini membuat sensor dapat menangkap cahaya dengan lebih baik dalam kondisi pencahayaan rendah.

Huawei P9-P9plus (6)

Bagaimana Kedua Kamera ini Bekerja?

Sensor pertama pada P9 ini berfungsi menangkap gambar berwarna (RGB). Sementara sensor kedua akan menangkap gambar hitam-putih. Sensor kedua ini secara teoritis akan dapat menangkap gambar hitam-putih yang rendah noise karena tidak adanya layer bayer filter di atasnya. Hal ini akan membantu dalam pemotretan dalam kondisi pencahayaan rendah (gelap). Dalam pemotretan normal, kedua hasil foto dari dua sensor ini digabungkan dengan algoritma khusus untuk mencapai kualitas foto terbaik.

Huawei P9-P9plus (2)

Pada dasarnya, data warna dari sensor RGB dipadukan dengan data detail yang jauh lebih lengkap dari sensor hitam-putih. Kombinasi ini menjanjikan ketepatan warna yang baik bisa dipadukan dengan detail yang terjaga meskipun dalam kondisi pencahayaan rendah.

Sementara dalam mode hitam-putih, Huawei menjanjikan kualitas foto dengan karakter seperti kamera profesional. Ini tampaknya diperoleh dari kerjasamanya dengan LEICA.

Tentu saja, kedua hasil foto ini pun dipakai untuk menyimpan data kedalaman foto (depth of field). Jadi, Anda bisa mengatur posisi blur pada hasil akhir foto.

Huawei P9-P9plus (4)

Autofocus: Menggunakan Sistem Hybrid

Huawei menggunakan sistem autofocus yang sangat unik. Sistem ini menggunakan perpaduan contrast detect, laser autofokus, dan hasil deteksi dari kedua lensa. Perpaduan ini menjanjikan kemampuan fokus yang akurat dan bahkan mampu memberikan data ekstra mengenai kedalaman hasil foto.

 

ISP Ganda dan DSP Khusus untuk Hasil Foto Terbaik

Menggabungkan dua foto dan memperhitungkan cara penggabungannya dan menghasilkan file foto terbaik tentu membutuhkan “otot” khusus di dalam prosesor P9. Oleh sebab itu, Huawei memperkenalkan SoC Kirin 955. Sama seperti Qualcomm, prosesor ini mengandalkan ISP (Image Signal Processor) dan DSP (Digital Signal Processor) untuk mengerjakan proses fotonya. Tersedia 2 ISP yang mengoptimalkan warna dan mengendalikan noise. Sementara itu sebuah DSP khusus disediakan untuk proses akhir foto.

Kinerja ISP dan DSP ini membuat Huawei P9 bisa mengatur efek blur seakan menggunakan lensa berbukaan lebar, pengaturan mode warna (seperti pada kamera profesional), dan bahkan menghasilkan file RAW yang dapat diedit belakangan untuk menghasilkan foto akhir yang lebih baik lagi.

Huawei P9-P9plus (7)

Kamera Selfie: Tidak Kalah “Seru”

Kamera depan atau kamera selfie adalah kamera yang tak kalah pentingnya akhir-akhir ini. Huawei P9 menggunakan kamera selfie dengan sensor 8 megapixel. Sementara itu, Huawei P9 Plus juga memiliki kamera 8 megapiksel. Akan tetapi, pada P9 Plus, sensor tersebut yang dipadukan dengan lensa berbukaan f/1.9. Bukaan yang cukup besar dan cocok untuk penggunaan dalam kondisi pencahayaan lemah. Kamera selfie pada Huawei P9 Plus ini pun dilengkapi dengan fitur autofocus.

Huawei P9 dan P9 Plus datang dengan konsep kamera yang baru dan didukung oleh pengalaman LEICA. Semua ini dipadukan untuk menyuguhkan hasil foto yang istimewa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES