in: Videos | April 2, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Mengenal SSD Kencang dengan Teknologi NVMe

Bila Anda mengikuti perkembangan media penyimpanan kencang, SSD, dalam beberapa waktu terakhir ini Anda mungkin pernah mendengar teknologi NVMe (Non Volatile Memory Express) yang mulai banyak ditawarkan di produk SSD dari beberapa produsen. Salah satu SSD NVMe yang pernah hadir di lab. pengujian kami adalah Intel SSD 750 Series. Bila Anda melewatkan review dari SSD tersebut, Anda bisa membacanya di sini: Review Intel SSD 750: SSD Desktop NVMe Pertama Super Kencang!

nvm_express_tm_color

NVMe sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi limitasi dari teknologi yang sudah ada selama ini dalam hal menangani kecepatan sangat tinggi dari sebuah SSD. NVMe sendiri memanfaatkan jalue PCIe (slot PCIe, M.2, atau U.2) untuk menghubungkan SSD ke sistem. Dukungan kecepatan tinggi dari PCIe tentu saja akan membuat SSD NVMe memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dari SSD SATA.

NVMe-SSD

Sebelum hadirnya NVMe, produsen SSD umumnya menggunakan standar masing-masing untuk SSD PCIe mereka. Hal itu menyebabkan sulitnya implementasi SSD PCIe karena perangkat dari produsen berbeda akan membutuhkan driver yang berbeda pula. Dengan NVMe, implementasi SSD PCIe menjadi semakin mudah, sehingga makin banyak produk yang muncul belakangan ini.

Penasaran dengan kemampuan yang ditawarkan oleh SSD NVMe dengan SSD SATA? Anda bisa melihat gambarannya dalam video berikut ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES