in: News | April 21, 2016 | by: Tim Jagat Review

Microsoft Edge Akan Sertakan Codec Open-Source

Microsoft baru saja mengumumkan bahwa browser buatan mereka, Edge, akan mendukung dua codec open source Google, yaitu WebM dan VP9. Selain itu, browser Microsoft Edge ini juga akan mendukung format video open source Opus. Dukungan untuk codec open source tersebut akan hadir di update terbaru Edge.

Microsoft Edge

Sekarang ini, kebanyakan pengguna browser Firefox, Chrome dan Opera sudah merasakan penggunaan codec WebM dan VP9 untuk video di Internet. YouTube pun sudah satu tahun ini mengganti Flash dengan HTML5 dan memutar video WebM yang diencode dengan VP9. Dulu, Edge dan Internet Explorer sebenarnya sudah menggunakan player HTML5, tapi dengan codec H.264 yang juga digunakan pada disc Blu-ray. Langkah Microsoft untuk mengadopsi codec open source ini disebabkan karena situs yang menawarkan video dengan codec H.264 harus membayar royalti.

Selain YouTube, sayangnya tidak banyak situs yang menggunakan WebM dan VP9 sebagai codec online video. Namun, dengan langkah Microsoft ini, beberapa situs bisa jadi akan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan codec WebM dan VP9. Walaupun tidak banyak diminati oleh pengguna Internet, kedua browser tersebut tetaplah memegang porsi pasar yang besar.

Update Microsoft Edge ini akan tersedia pada Windows 10 Anniversary Edition. Bagi pengguna browser lain, update ini tidak akan terasa manfaatnya. Namun, update ini akan sangat berdampak bagi industri video online. WebM dan VP9 adalah salah satu solusi bagi industri video online untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena tidak adanya royalti yang mengurangi keuntungan mereka..

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES