in: News | April 25, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Perusahaan Asal China Dapatkan Lisensi Chip Server AMD

AMD, satu dari tiga perusahaan yang masih memegang lisensi untuk prosesor x86, disebut akan bekerja sama dengan perusahaan asal China untuk chip x86. Perusahaan tersebut, Tianjin Haiguang Advanced Technology Investment Co. Ltd. (THATIC), akan bisa memproduksi chip x86 untuk penggunaan di server berdasarkan desain dari AMD. Langkah ini disebut akan membantu mendorong adopsi teknologi AMD di dunia server.

Opteron_6300_Series

Langkah AMD memberi ijin untuk THATIC memproduksi chip x86 dengan memanfaatkan lisensi yang mereka miliki ini bisa dikatakan cukup mengejutkan. Perusahaan yang memegang lisensi x86 umumnya memegang erat lisensi yang mereka miliki, dan kerja sama produksi chip seperti yang baru diumumkan ini bisa dikatakan kejadian yang sangat langka. Ini tentunya akan berimbas pada bertambahnya perusahaan yang menjual chip x86, walaupun untuk saat ini akan terbatas pada chip untuk server.

Apa yang dilakukan AMD ini akan mirip dengan yang dilakukan ARM untuk menunjang bisnis mereka. ARM memang memberikan lisensi penggunaan desain mereka untuk perusahaan-perusahaan lain, dan langkah itu cukup berhasil mendorong adopsi chip mereka. AMD tampaknya mengincar hal yang sama untuk pasar server.

Terkait kerja sama dengan THATIC ini, AMD yakin bahwa hal itu tidak bertentangan dengan perjanjian terkait x86 antara mereka dengan Intel. THATIC sendiri sebenarnya masih terkait dengan AMD, karena sebagian saham dari perusahaan tersebut dipegang oleh AMD. Hanya saja, untuk hal ini, AMD tidak menginvestasikan dana di THATIC. Bagian mereka di THATIC didapatkan sebagai kompensasi atas lisensi yang diberikan ke THATIC tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES