in: News | April 18, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Pesawat Dilaporkan Tabrak Drone di London

Kekhawatiran pelaku industri penerbangan akan potensi bahaya penggunaan drone di sekitar bandara tampaknya akan meningkat. Salah satu pesawat milik British Airways dilaporkan menabrak suatu benda yang diyakini sebagai drone di sekitar bandara Heathrow, London, Inggris. Bisa jadi, insiden ini akan memicu lahirnya peraturan global baru untuk menghindari potensi bahaya tersebut.

750x500-airbus-320-200-1

Insiden yang bisa saja berdampak serius ini dilaporkan oleh pilot pesawat tersebut, sebuah Airbus 320, yang tengah berada di tahap akhir dari penerbangan dari Jenewa ke London. Untungnya, pesawat tidak mengalami masalah dan tetap bisa mendarat dengan selamat di bandara Heathrow. Selain itu, pesawat juga dilaporkan tidak mengalami kerusakan dan masih bisa digunakan untuk penerbangan berikut setelah mendapatkan inspeksi dari mekanik.

Pihak terkait penerbangan di Inggris Raya menyebutkan bahwa hal ini tidak bisa ditoleransi sama sekali. Pemilik drone yang menerbangkan perangkat mereka di dekat bandara sudah seharusnya mendapatkan hukuman yang sangat berat, karena berpotensi menimbulkan bahaya besar bagi banyak orang. Namun, di insiden kali ini, disebutkan tidak ada orang yang ditangkap karena sulitnya melacak pengguna drone.

Tabrakan antara drone dengan pesawat terbang memang bisa saja menyebabkan bencana bila drone menabrak pesawat di lokasi yang berbahaya. Misalnya, bila drone menabrak bagian mesin, dan pecahannya masuk ke dalam mesin. Itu bisa saja mengakibatkan mesin mati dan bila itu terjadi di fase pendaratan, bisa jadi akan menimbulkan bahaya besar bagi pesawat, kru, penumpang, dan tentu saja lokasi sekitar bandara.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES