in: Movies | April 9, 2016 | by: Irham

Review 10 Cloverfield Lane: Aneh, Konyol Sekaligus Menegangkan

Cloverfield Lane Review Poster

Lama tak melihatnya di layar kaca, entah mungkin seingat saya terakhir melihat aktris cantik Mary Elizabeth Winstead bermain di film Scott Pilgrim bersama Michael Cera untuk peran aneh wanita dengan rambut berwarna hijau dan juga di film A Good Day to Die Hard di tahun 2013, kini ia kembali memerankan sebuah film yang diproduseri oleh J.J Abrams yaitu 10 Cloverfield  Lane. Film bertema fiksi/psychological thriller ini cukup membawa rasa penasaran kita lewat trailer yang disuguhkan. Dan rasa penasaran tersebut tetap terus ada di benak penonton saat menyaksikan film tersebut.

Mary Elizabeth yang berperan sebagai Michelle, terbangun dalam sebuah bangker setelah mengalami kecelakaan mobil. Ia terbangun dimana dirinya tengan berada dalam perawatan medis, dengan selang infus yang terpasang. Tapi yang menimbulkan kecurigaan akan kejadian mengerikan yaitu dirinya juga diborgol sehingga ia tak dapat melepaskan diri. Namun kemudian suasana yang mencekam perlahan berubah ketika seorang pria bernama Howard (John Goodman) yang tampak cukup ramah menjelaskan yang sebenarnya terjadi kepada Michelle. Meski kecurigaan tersebut belum sepenuhnya hilang.

(FILEminimizer) 10 Cloverfield Lane Review 2

Pada bagian awal ini seolah mengingatkan saya pada film psychological thriller berjudul Afterlife di tahun 2009 yang dibintangi Christina Ricci dan Liam Neeson. Jika anda barangkali pernah menyaksikannya, film tersebut bercerita tentang seorang wanita yang belum mati kemudian di doktrin bahwa ia sudah meninggal.  Hal yang sama juga ditemui pada Michelle, dimana pria yang merawatnya tersebut mengatakan bahwa di luar telah terjadi perang, dan bangker tersebut adalah lokasi bersembunyi dari senjata kimia.

Tapi kemudian menjadi semakin meyakinkan, karena di dalam bangker tersebut juga ada seorang pria bernama Emmet (John Gallagher) yang tinggal di bangker tersebut, mengatakan bahwa di luar sana benar-benar telah terjadi perang. Terlebih dengan sikap ramah dari kedua orang tersebut tak menunjukan sama sekali sikap offensive.

10 Cloverfield Lane Review

Suasana yang tadinya serius juga sering kali tampak berubah menjadi awkward atau bahkan tampak konyol. Apalagi karakter Emmet yang terbilang polos dan lugu juga sesekali mengundang tawa penonton. Berpadu dengan Howard yang cukup tempramen, menjadikan susana dalam bangker tersebut berubah-ubah. Kadang tampak lucu, tapi kemudian seketika bisa berubah menjadi tegang. Hal ini ini yang menjadi permainan emosi yang seru tapi dan juga menghibur.

Plot yang dikembangkan menimbulkan banyak pertanyaan karena sejak awal juga film ini tidak menjelaskan secara detail dari para karakternya masing-masing. Siapa sosok Michelle, siapa sosok howard, dan juga siapa sosok Emmet. Banyak pertanyaan yang mengambang tanpa ada jawaban yang benar-benar jelas.

(FILEminimizer) 10 Cloverfield Lane Review 4

Michelle masih tetap menyimpan pertanyaan apakah yang sebenarnya terjadi diluar sana. Apakah ini sebenarnya hanya penculikan atau benar-benar terjadi perang besar diluar bangker tersebut. Pertanyaan yang sama juga muncul di benak para penonton tentang kejadian yang sebenarnya terjadi. Hingga akhirnya Michelle mencoba melarikan diri dan melihat hal yang mengerikan terjadi di luar. Seorang wanita yang sakit parah meminta untuk masuk kedalam bangker untuk menyelamatkan diri. Dan bukan cuma hal itu saja yang mengancam Michelle, karena akhirnya Michelle dan Emmet mengetahui bahwa Howard sebenarnya punya rahasia gelap dibalik bangker tersebut.

10 Cloverfield Lane Review 3

Drama yang dihadirkan dalam film ini punya kesan yang sangat berbeda dibandingkan dengan film-film thriller psychological lain. Akting dari masing-masing aktor juga punya karakter yang kuat dan jelas. Dengan banyak keheningan backsound pada tiap dialog, malah membuat penonton sering menahan nafas. Anti rileks, meskipun sering disisipi adegan konyol. Apalagi film ini hanya berkutat di ruang sempit, walau tak dipenuhi scene gelap akan menyebalkan bagi anda yang punya kecenderungan claustrophobic. Huffff..

(FILEminimizer) 10 Cloverfield Lane Review 5

Film ini benar-benar tak menggunakan banyak setup tempat. Sekitar 90% dari film ini hanya dihabiskan di dalam ruang bangker sempit. Sesekali suara-suara gemuruh aneh tedengar, menghadirkan nuansa yang mencekam. Kadang juga diganti dengan background musik yang lucu.

Jika disebut sebagai film dengan modal kecil dengan untung besar, film ini sepertinya cukup berhasil menjerat para penonton lewat rasa penasaran yang mereka dapatkan dari menyaksikan trailernya. Terbukti film ini berhasil masuk lima besar box-office internasional sejak debut perdananya.

(FILEminimizer) 10 Cloverfield Lane Review 6

Tapi dibagian akhir film yang menjawab semua pertanyan penonton, tampaknya malah menjadi hal yang diluar ekspektasi.  Entah menjadi sebuah hal yang mengecewakan atau malah membuka pandangan penonton bahwa film ini sepertinya memiliki kaitan dengan film adventure mistery berjudul ‘Cloverfield’ yang meluncur di tahun 2008. Dengan masih banyak pertanyaan yang menggantung di bagian akhir, sepertinya ada kemungkinan film ini akan memiliki sekuel di waktu mendatang.

Film ini mulai tayang di tanah air 6 April 2016. Bagi anda yang penasaran dengan film yang satu ini, anda bisa langsung menyaksikannya di bioskop-bioskop kesayangan anda.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 6 April 2016 (Indonesia)

Durasi: 1 Jam 43 Menit

Genre: Mystery, Thriller Psychology

Sutradara: Dan Trachtenberg

Pemain: Mary Elizabeth Winstead, John Goodman, John Gallagher Jr

Studio: Bad Robot Productions, Paramount Pictures

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES