in: Motherboard | April 1, 2016 | by: Bhisma Sidarto

Review Motherboard: Gigabyte Z170X-Gaming 5

The Board

Mengusung skema warna yang di dominasi hitam dengan sedikit sentuhan merah pada pendinginnya, membuat Gigabyte dari satu dari sekian banyak produsen yang mengusung skema warna ini. Sebetulnya kami rindu dengan skema warna hitam hijau yang sempat di usung seri G1 terdahulu. Terlepas dari pendapat pribadi kami, motherboard ini tetap terlihat reliable dan kokoh dengan pilihan warna tersebut. Yang sedikit membedakan dengan seri Gaming G1 dan Gaming 7 adalah sentuhan warna putih di dalam skema warna keseluruhan.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_Board_TopView

Secara layout motherboard ini terlihat cukup standard. Mengusung form factor standard ATX, membuat tersedianya banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan berbagai macam komponen. Tentunya komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang spesifik. Mari kita cermati satu per satu.

 

Gigabyte_Z170X-Gaming5_SocketArea

Motherboard ini mengusung sebelas fasa yang didinginkan oleh sepasang heatsink pasif. Fasa yang di gunakan merupakan varian analog, tidak seperti kedua “kakak”nya yang mengusung fasa digital. Gigabyte menyisihkan delapan buah fasa untuk prosesor dan tiga buah untuk IGP. Pendingin yang disertakan Gigabyte terlihat cukup besar. Walau tidak menggunakan heatpipe, kami percaya heatsink tersebut dapat dengan mudah meredam panas yang dihasilkan.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_Cooling_Chipset

Chipset Z170 juga di dinginkan sebuah heatsink yang terlihat cukup besar. Seperti halnya pendingin yang berada di sekitar prosesor, heatsink ini juga tidak menggunakan heatpipe. Tetapi melihat ukurannya, kami yakin dia dapat dengan mudah meredam suhu kerja chipset yang kadang bisa berjalan cukup tinggi.
Gigabyte_Z170X-Gaming5_MemoryArea

Motherboard ini menyediakan empat buah slot DIMM DDR4 yang mampu menampung maksimal 64 GB dalam model dual channel. Slot RAM ini sendiri sengaja di berikan warna yang berbeda untuk memudahkan pemasangan DIMM dalam channelnya masing-masing. Secara resmi keempat slot ini mampu mendukung kecepatan memory hingga DDR4 3466 MHz dalam mode OC. Di sekitar slot memory terdapat beberapa header dan onboard button. Hal tersebut akan di bahas lebih lanjut di bawah.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_PCI2

Gigabyte Z170X-Gaming 5 mengusung tiga buah slot PCI Express x16. Masing-masing berjalan pada mode x16, x8 dan x4. Ini memungkinkan motherboard ini mendukung mode Quad GPU dan 2-way SLI, juga Quad GPU, 3-way/2-way CrossFire. Slot ekspansi lain yang tersedia adalah empat slot PCI Express x1.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_IO

Kalau bicara output display, motherboard ini terlihat sedikit “pelit” karena hanya menyediakan sebuah HDMI dan sebuah DisplayPort (DP). Umumnya memang pengguna motherboard di rentang harga Z170X-Gaming 5 akan memilih menggunakan VGA card terpisah kecuali benar-benar terpaksa. Untuk konektivitas USB 3.0, board ini mengusung tiga buah port. Gigabyte juga menyertakan port USB 3.1, baik dalam bentuk Type-C atau pun Type A. Di tambahkan pula empat buaah port USB 2.0 untuk peripheral yang tidak membutuhkan performa ekstra cepat dari USB 3.0. Motherboard ini juga mengusung dua buah port Gigabit LAN. Salah satunya memanfaatkan chip dari Intel, yang lainnya menggunakan chipset Killer E2201. Walaupun terdapat dua, port LAN tersebut tidak dapat bekerja dalam mode Teaming. Terdapat pula port audio 7.1 Channel berlapis emas yang diklaim dapat menghantarkan sinyal audio yang lebih baik. Berikut daftar lengkap konektor yang tersedia di bagian belakang motherboard ini:

  • 1 x PS/2 keyboard/mouse port
  • 1 x HDMI port
  • 1 x DisplayPort
  • 1 x USB Type-C™ port, with USB 3.1 support
  • 1 x USB 3.1 Type-A port (red)
  • 3 x USB 3.0/2.0 ports
  • 4 x USB 2.0/1.1 ports
  • 2 x RJ-45 ports
  • 1 x optical S/PDIF Out connector
  • 5 x audio jacks (Center/Subwoofer Speaker Out, Rear Speaker Out, Line In, Line Out, Mic In)

 

Gigabyte_Z170X-Gaming5_SATA

Untuk media penyimpanan, motherboard ini menyediakan tiga buah koneksi SATA Express. Apabila tidak di gunakan dalam mode tersebut, port ini dapat di gunakan untuk menghubungkan enam buat perangkat SATA 6Gb/s. Tak lupa, keenam port SATA tersebut mendukung konfigurasi RAID 0, 1, 5 dan 10.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_M2

 

Yang cukup istimewa dari Gigabyte Z170X-Gaming 5 adalah board ini dua buah koneksi M.2. Keduanya dapat mendukung mode RAID 0, 1, 5 dan 10. Apabila slot M2 yang sebelah kanan di gunakan maka salah satu port SATA Express tidak dapat digunakan. Jika slot M2 yang sebelah kiri yang digunakan maka slot PCI-Express  X16 yang berjalan X4 tidak dapat digunakan.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_Header2

Gigabyte menyediakan seleksi pilihan header yang cukup unik untuk motherboard. Selain menyediakan dua header tambahan untuk USB 2.0, Gigabyte menyertakan sebuah header COM port. Pilihan yang menarik karena tidak banyak peripheral yang masih menggunakan port tersebut.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_Header_USB3-2

Selain header USB 2.0, Gigabyte juga menyertakan dua buah header USB 3.0 tambahan. Header tersebut tidak terletak di bagiah bawah motherboard seperti pada umumnya. Header USB 3.0 Z170X-gaming terletak di dekat slot RAM. Ini mungkin untuk memudahkan cable management karena umumnya konektor USB 3.0 pada casing terletak di bagian atas casing.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_OnboardButton

Motherboard ini juga di lengkapi oleh dua buah tombol onboard. Tombol ini di gunakan untuk menghidupkan preset ECO atau pun OC. Ini memudahkan mengaktif preset tersebut tanpa harus masuk ke dalam BIOS. Sayangnya tombol tersebut memang hanya dapat di gunakan apabila motherboard di gunakan tanpa casing. Jika menggunakan casing, tombol ini akan susah di capai. Selain itu board ini juga menyediakan POST Code reader untuk memudahkan trouble shooting.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_AudioArea2

Sistem tata suara motherboard ini ditangani oleh chip Realtek® ALC1150 codec yang belakangan ini banyak digunakan oleh motherboard sekelasnya. Untuk membuat suara yang dihasilkan motherboard ini lebih bertenaga, aplikasi Sound Blaster X-Fi MB3 dipercaya untuk menangani audio motherboard ini dari dalam sistem operasi.

Gigabyte_Z170X-Gaming5_AudioArea3

Kapasitor audio premium dari Nichicon tersemat untuk membuat kualitas suara yang dihasilkan motherboard ini lebih baik.  Gigabyte_Z170X-Gaming5_OpAMP_DIP-Switch

Satu lagi fitur unik yang hadir di motheboard ini adalah OP-AMP yang dapat di upgrade sendiri. Gigabyte menyediakan paket OP-AMP berbeda sebagai fasilitas upgrade. Terdapat fasilitas onboard Gain Boost yang dapat dikontrol melalui DIP switch disebelah kanan. Dengan switch tersebut Anda dapat memilih mode standard 2.5x atau high amplification 6x. Mode yang terakhir sangat cocok untuk speaker atau headphones dengan impendansi tinggi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES