in: Motherboard | April 12, 2016 | by: Bhisma Sidarto

Review Motherboard: MSI B150A Gaming Pro

Motherboard

MSI_B150A_GamingPro_Board_TopView

Mengusung form factor ATX memberikan board ini banyak kelebihan ruang. Sebagai besar dimanfaatkan untuk ruang ekspansi dan tentunya mengakomodasi sistem pencahayaan. Bagian sebelah kanan motherboard terlihat sedikit berbeda. Bagian di rancang berbeda untuk mengakomodasi sebaris LED yang dapat dikontrol dari dalam Windows. Fitur ini lah yang disebut sebagai Mystic Light.  Karena Mystic Light adalah salah satu fitur utama dari produk ini, tentunya akan lebih di prioritaskan daripada fitur lainnya seperti penempatan port SATA.

Skema warna yang diusung untuk produk ini latar belakang hitam dengan sedikit aksen merah pada sistem pendinginnya. Secara keseluruhan kombinasi warna ini mendominasi hampir semua lini motherboard dari MSI. Perbedaannya hanya dalam proporsi warna dari kombinasi tersebut.

Tersedia empat slot memori DIMM DDR4 di motherboard ini, dengan begitu Anda bisa memaksimalkan penggunaan RAM memori DDR4 hingga 64 GB. Slot DIMM RAM DDR4 ini juga dibekali fitur profile XMP yang memudahkan Anda menggunakan profile XMP pada kepingan memori yang mendukung fitur XMP.

 

MSI_B150A_GamingPro_SocketArea  MSI_B150A_GamingPro_ChipsetArea

 

Voltage Regulator Module (VRM) di motherboard ini didinginkan oleh sepasang heatsink pasif. Dengan airflow yang memadai komponen ini akan berjalan dengan suhu operasi yang optimal. Tentunya akan lebih baik jika heatsink ini disertai dengan heatpipe, tetapi pendekatan MSI ini kami rasa cukup efektif karena kita juga tidak berhubungan sistem yang mampu di overclock.

Chipset juga didinginkan oleh heatsink dari bahan yang serupa. Kali ini pendingin tersebut diberikan sedikit hiasan pemanis dalam bentuk penutup logam dengan logo MSI agar tidak terlihat monoton. Sentuhan seperti inilah yang membedakan lini Performance Gaming dengan Arsenal Gaming.
MSI_B150A_GamingPro_Rear_IO

 

Pada bagian panel IO, terlihat berbagai macam konektor yang menyertai board ini. Untuk output display terlihat MSI menyertakan hanya HDMI dan DVI-D. Sayang sekali tidak disertakan koneksi VGA. Mengingat koneksi ini masih banyak digunakan oleh pengguna, sungguh sayang port ditiadakan. Untuk konektivitas USB, produk ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari USB 3.0, USB 3.1 Gen1 hingga USB 3.1 Gen 2 Type A. Kebutuhan konektor sudah cukup terpenuhi untuk paling tidak dua tahun kedepan.

  • 1 x PS/2 keyboard/ mouse combo port
  • 2 x USB 2.0 ports
  • 4 x USB 3.1 Gen1 ports
  • 2 x USB 3.1 Gen2 ports Type A
  • 1 x HDMI™ port
  • 1 x DVI-D port
  • 1 x LAN (RJ45) port
  • 1 x Optical S/PDIF OUT connector
  • 5 x OFC audio jacks

 

MSI_B150A_GamingPro_SATA

Untuk media penyimpanan, motherboard ini menyediakan empat buah konektor SATA3 6 Gb/s. Cukup untuk mengakomodasi satu atau dua media penyimpanan seperti hard disk atau pun ssd dan jika masih dibutuhkan sebuah drive optical. Penempatan dari post SATA terpengaruh dari posisi LED untuk Mystic Light. Umumnya port ini akan menghadap ke bagian depan casing, kali ini menghadap ke samping kiri casing. Pilihan penempatan ini tentunya akan menimbulkan masalah ketika cable management. Ditambah dengan konfigurasi seperti kabel SATA pasti akan terjuntai dan menghalangi baris LED.

MSI_B150A_GamingPro_SATA2
Sebagai alternatif media penyimpanan, board ini juga dilengkapi sebuah konektor SATA Express. Karena chipset B150 tidak mendukung fitur SATA Express, koneksi ini mengambil PCI Express 3.0 x2.  Langkah yang menarik dilakukan mengingat perangkat yang menggunakan koneksi masih jarang beredar di pasaran. Penempatan port ini tidak dikatakan ideal karena dengan kartu grafis yang cukup panjang, port ini akan tertutup dan tak bisa digunakan. Bila tidak digunakan untuk perangkat SATA Express, konektor ini dapat mengakomodasi dua buah koneksi SATA tambahan.

MSI_B150A_GamingPro_PCI

Dengan di sediakan nya dua buah slot PCI Express 3.0 x16, board ini dapat menjalankan dua buah kartu grafis dalam mode multi GPU. Sayangnya, ini hanya didukung untuk mode CrossFire dari AMD. Jarak antara kedua slot PCIe 3.0 x16 ini cukup jauh sehingga dapat menampung graphic card dengan cooler yang cukup besar.  Tersedia pula dua slot PCI Express x1 dan tiga buah slot PCI untuk tambahan ekspansi.

 

 

MSI_B150A_GamingPro_AudioArea

Untuk sistem tata suara, seperti kebanyakan motherboard sekelasnya, B150A Gaming Pro dibekali dengan chip audio ALC1150 Codec dari Realtek. Namun untuk meningkatkan performa audio dan tak menghilangkan DNA GAMING dari motherboard ini, MSI membenamkan fitur AudioBoost serta menanamkan audio kapasitor Chemi-Con yang diklaim dapat meningkatkan suara yang lebih bersih.

MSI_B150A_GamingPro_Header

Berikut adalah daftar header internal yang tersedia di motherboard ini:

  • 1x USB 2.0 connector (supports additional 2 USB 2.0 ports)
  • 1x USB 3.1 Gen1 connector (supports additional 2 USB 3.1 Gen1 ports)
  • 2x 4-pin CPU fan connectors
  • 3x 4-pin system fan connectors
  • 1x Front panel audio connector
  • 2x Front panel connectors
  • 1x TPM module connector
  • 1x Chassis Intrusion connector\
  • 1x Clear CMOS jumper
  • 1x Serial port connector
  • 1x Parallel port connector

MSI_B150A_GamingPro_Header_USB3

Selain memberikan konektor yang beragam dan jumlah yang cukup pada bagian IO panel belakang, MSI juga menyediakan beragam header internal untuk menambahkan jumlah konektor pada motherboard ini. Salah satu yang terpenting dan sudah umum tersedia adalah header USB 3.1 Gen 1 (USB 3.0) yang terdapat di bagian bawah motherboard.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES