in: Audio | April 12, 2016 | by: David Novan

Review Speaker Thonet & Vander Hoch BT

001
Thonet & Vander Hoch BT, solusi speaker berkualitas premium dengan harga terjangkau

 

Musik bukan hanya untuk didengarkan, melainkan dinikmati. Paduan suara dari beragam frekuensi yang diaransemen menjadi satu rangkaian yang disebut musik bagi beberapa kalangan mungkin tidak begitu penting untuk diperhatikan. Namun bagi kalangan lain, musik membutuhkan perhatian khusus, termasuk perangkat suara yang yang menghasilkannya. Itu pula sebabnya sangat tidak mengherankan bila di dunia ini ada perangkat penghasil suara yang mencapai harga puluhan juta Rupiah. Akan tetapi, apakah Anda harus berkorban begitu banyak sampai menjual organ tubuh terlebih dahulu untuk bisa menikmati perangkat suara yang berkualitas tinggi? Ternyata tidak; sebab ada pula perangkat suara berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, seperti yang bisa ditemukan pada Thonet & Vander Hoch BT!

002
Dilindungi Mesh yang kuat, speaker ini memiliki driver dengan warna menarik

 

Hanya dengan bermodalkan sekitar 2,4 juta saja, Anda bisa menemukan speaker 2.0 dengan kualitas tinggi di dalam Thonet & Vander Hoch BT. Namanya sendiri mungkin cukup asing di telinga Anda. Namun ketika dibandingkan dengan pabrikan perangkat suara kelas premium seperti Sennheiser, Thonet & Vander ternyata memiliki kelas yang sepadan. Semua itu terbukti dengan speaker berkekuatan besar dan di saat bersamaan memiliki detail suara yang tinggi tersebut. Terlebih lagi, perangkat yang dibuat oleh orang Jerman memiliki pamor yang tidak boleh diremehkan sama sekali!

Meskipun demikian, tentu saja kualitas speaker tidak dapat diputuskan begitu saja dari pabrik pembuatnya. Seperti kata pepatah, “Jangan menilai buku dari sampulnya,” kami tentu saja menilai speaker ini dari kemampuannya dalam menghasilkan musik. Bila boleh kembali pada kata awal di artikel ini, musik harus bisa dinikmati. Sebagus apapun tampilan luarnya, bila kami tidak dapat menikmati musik yang direproduksinya, maka semua akan percuma. Lalu, sebagus apakah speaker ini ketika mengalunkan musik? Semua akan Anda temukan di dalam pembahasan kami nanti!

003
Speaker ini memiliki tampilan lebih menarik tanpa ditutupi oleh lapisan pelindungnya

 

Kokoh dan Stylish

Rasanya akan sangat tidak masuk akan bila mengupas buah dari dalam ke luar. Oleh karena itu, sebelum kami mulai mengupas bagian dalam dari Thonet & Vander Hoch BT, tampilan eksternalnya patut mendapat perhatian terlebih dahulu. Tentu saja kami yakin Anda juga tidak ingin membeli sesuatu dengan tampilan luar yang tidak menarik! Hampir sama seperti ketika memilih kendaraan bermotor; sangat sedikit sekali yang rela memilih kendaraan dengan bentuk buruk kecuali terpaksa!

004
Panel di samping speaker memiliki fungsi pengendalian terbatas

 

Untungnya, Thonet & Vander Hoch BT sama sekali jauh dari kata buruk. Bentuknya memang terkesan sederhana bila dilihat sekilas saja. Namun, tidak demikian setelah didekati. Speaker berukuran agak besar ini memancarkan aura tegar dan kuat; sedangkan pada saat bersamaan memiliki kombinasi warna yang menarik. Pilihan warna untuk speaker ini ada dua, hitam dan putih. Akan tetapi, bukan itu yang kami maksudkan dengan kombinasi warna menariknya!

Ternyata, ketika penutup speakernya dibuka, Thonet & Vander Hoch BT memperlihatkan permainan warna yang pintar. Speaker di bawah tabir penutup tersebut diberikan warna kuning spotlight yang segar! Bila digabungkan dengan warna putih, mungkin kesannya tidak terlalu kuat. Namun, tidak demikian dengan gabungan hitam dan kuning yang kami temui! Meskipun penutup speaker tersebut ada di sana untuk melindungi membran speaker dari hantaman benda tajam, tetapi rasanya sangat sayang bila speaker berwarna kuning tersebut ditutup.

005
Dilihat lebih dekat, permukaan speaker ini dirancang dengan kontur yang detail

 

Penggunaan bahan seperti kayu di tubuh speaker adalah rahasia kekokohannya. Setelah kami teliti lebih lanjut, ternyata bahan yang seperti kayu tersebut adalah High Density Acoustic Absorber atau HDAA. Polymer dengan kepadatan tinggi tersebut bukan hanya kuat, tetapi juga digunakan untuk mencegah getaran, kebocoran suara, dan akurasi suara. Kekuatannya memang benar terbukti, sedangkan untuk kemampuannya dalam menahan getaran dan menghasilkan akurasi suara yang tinggi, nanti akan kami coba sendiri.

Pada sisi speaker, kami juga menemukan panel untuk tombol dan lampu. Panel tersebut kami rasa berlebihan, terutama bila semua operasi pengaturan dilakukan melalui remote control yang disertakan di paket penjualannya. Sedangkan bila Anda mengatur operasi melalui panel tersebut, fungsinya justru kurang banyak, karena hanya memberikan tombol volume, power, dan pairing untuk koneksi nirkabel saja. Ya, Thonet & Vander Hoch BT seperti namanya, BT artinya BlueTooth. Jadi, Anda dapat menggunakan koneksi nirkabel tersebut untuk menghubungkan media player dengan speaker!

006
Beragam konektor dibuat sederhana dan mudah dimengerti

 

Remote Control

Pusat dari semua pengendalian Thonet & Vander Hoch BT berada pada remotenya. Melalui bantuan remote tersebut, Anda dapat mengatur banyak hal, mulai dari volume, pemilihan input, mute, power, bahkan sampai mengatur besar Treble dan Bass. Satu hal yang cukup merepotkan dari remote ini adalah baterai yang dibutuhkannya. Sebab, remote tersebut membutuhkan baterai berbentuk koin, Lithium Cell CR2025 3V. Baterai jenis ini jelas tidak dapat Anda temukan di warung pinggir jalan. Bahkan kami juga tidak dapat menemukannya di toko besar seperti Carrefour sekalipun! Barulah setelah kami mendatangi toko yang khusus menjual aksesoris jam, kami dapat membelinya dengan harga sekitar Rp35.000!

007
Remote control memiliki banyak fungsi penting

 

Menurut kami, fungsi untuk mengatur level Bass dan Treble pada remote tersebut adalah kelebihan utamanya. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa penikmat musik memiliki selera yang bervariasi menyangkut berapa besar Bass dan Treble yang disukainya. Berkat fungsi ini, semua itu terjawab dengan baik dan Anda dapat dengan mudah mengatur sendiri semuanya sesuai selera.

Namun, fungsi lain juga ada yang menarik perhatian kami. Pada remote tersebut, kami menemukan adanya kemampuan untuk Play/Pause serta skip track maju dan mundur. Tampaknya fungsi untuk mengatur pengoperasian lagu yang dilantunkan tersebut dapat digunakan ketika speaker terhubung dengan menggunakan BlueTooth. Melalui koneksi nirkabel tersebut, Thonet & Vander Hoch BT juga mendapatkan kebebasan untuk mengatur lagu. Jadi, Anda tidak memerlukan dua remote terpisah untuk mengatur dua perangkat, yaitu media player dan speaker!

008
Untuk menggunakan remote, Anda harus menggunakan baterai yang tidak biasa
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES